32 C
Padang
Selasa, Mei 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Banyak Miliki Titik Geosite, Belitung Jadi Objek Penelitian Dan Are Wisata Menarik
B

Kategori -
- Advertisement -

Belitong, begitu masyarakat lokal menyebut wilayah yang berada pada administrasi Pemerintahan Provinsi Bangka Belitung. Diapit Selat Kalimata dan Selat Gaspar Belitung menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sekaligus menjadi objek penelitian karena memiliki beberapa titik geosite.

Bandara International HAS Hanandjoeddin merupakan salahsatu akses masuk ke Belitung. Sejak wilayah ini dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi garapan Sutradara Riri Riza yang diangkat berdasarkan novel karya Andrea Hirata pada tahun 2008, Belitung sering juga disebut oleh sebagian wisatawan Negeri Laskar Pelangi.

Berada di Belitung tidaklah menyulitkan wisatawan untuk meeksplore berbagai tempat yang sudah ada pada catatan atau daftar destinasi yang akan dikunjungi di wilayah ini. Pelayanan serta jasa transportasi seperti rental kendaraan roda empat dan dua cukup mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

Beragam kuliner khas daerah ini juga tersedia dibeberapa outlet berikut cenderamata. Tentunya akan menjadi oleh-oleh bagi setiap wisatawan yang datang ke Belitung untuk sesi wisata kuliner.

Begitu juga bagi pecinta kopi, Belitung memiliki sejarah kedai kopi tertua yang terletak di kota Tanjung Pandan, Belitung yang berdiri sejak 1943, Kopi Kong Djie begitu tertulis plang merk kedai tersebut. Karena Belitung tidak memiliki produksi kopi yang cukup atau bisa dikatakan tidak banyak, Racikan kopi Kedai Kong Djie dibuat dari resep keluarga yang mencampurkan Arabika asal Sumatra dan Robusta asal Jawa sehingga menghasilkan ciri khas kopi yang asam namun harum.

Memiliki beberapa pulau indah dengan jenis bebetuan tertentu, Belitung menjadi kawasan Geopark dunia karena keunikan geologis, biologis dan budaya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img