27 C
Padang
Kamis, Oktober 28, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Launching Aplikasi SIPEPEN,Pengadilan Negeri Batusangkar Permudah Pelayanan Untuk Kepolisian Dan Kejaksaan.
L

Kategori -
- Advertisement -

Tanah Datar,Beritasumbar.com – Lakukan Launching Aplikasi SIPEPEN (sistem Informasi permohonan Izin / Persetujuan Penyitaan,Penggeledahan dan Perpanjang Penahanan) ,Pengadilan Negeri Batusangkar permudah Pelayanan terhadap instansi Kepolisian dan Kejaksaan di Kabupaten Tanah Datar Rabu 08/09/2021 di ruang sidang Kartika Pengadilan.

Agus Windana, S.H Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar dalam kata sambutannya menyampaikan,”hari ini Pengadilan Negeri Batusangkar meluncurkan sebuah aplikasi yang diberi nama SIPEPEN atau sistim permohonan izin /persetujuan penyitaan, pengeledahan dan perpanjangan penahanan,”dimana Aplikasi tersebut sebagai salah satu inovasi di pengadilan Negeri batusangkar dalam rangka  meningkatkan kualitas pelayanan Publik dan pelayanan prima di Pengadilan Negeri Batusangkar.

“SIPEPEN juga sebagai Pelaksanaan reformasi birokrasi,terutama terkait pelaksanaan zona integritas bagi kita aparat penegak hukum dan penyedia pelayanan publik untuk masyarakat.dalam Hal ini kita memang dituntut untuk bekerja keras guna mewujudkan pelayanan yang prima.

“Birokrasi yang berbelit-belit dan memakan waktu yang lama sudah bukan zamannya lagi untuk diterapkan di era sistim teknologi informasi yang semakin berkembang apalagi diera industri 4.0.”Hari ini dimana semua serba digital dan tuntutan percepatan pelayanan sudah menjadi hal yang wajib kita berikan. “Sebuah layanan yang simple dan memudahkan penerima layanan adalah tujuan yang menjadi acuan kita dalam berinovasi kedepan.

“harapan kita semua,dengan hadirnya aplikasi SIPEPEN dapat memberi manfaat terutama terkait masalah efisiensi waktu, biaya dan kemudahan terkait dengan permintaan izin/persetujuan sita, geledah dan perpanjangan penahanan. Melalui aplikasi ini pihak penguna layanan,baik itu kepolisian dan kejaksaan dapat mengajukan permohonan dari tempat kerjanya.

“hanya dengan mengupload dokumen,Kemudian admin bagian kepaniteraan pidana Pengadilan Batusangkar akan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen yang diajukan,”selanjutnya admin akan mengirimkan notifikasi kepada pemohon terkait kelengkapan dokumen.”apabila syarat sudah lengkap maka permohonan akan langsung diproses pada saat itu juga kemudian akan diberitahukan melalui notifikasi diaplikasi bahwa penetapan sudah selesai.”seterusnya pihak pemohon dapat datang mengambil surat penetapan dengan menyerahkan persyaratan yang asli di kepaniteraan pidana.

“Semoga dengan hadirnya aplikasi ini semakin meningkatkan sinergitas antara aparatur penegak hukum,demikian juga kedepannya akan tercipta inovasi yang memudahkan untuk masyarakat tanah datar.”dan juga kita akan terus berinovasi untuk memberikan kemudahan pelayanan yang efektif serta efisien.”katanya.

Dalam acara tersebut turut hadir,Kapolres Tanah Datar,Kajari Tanah datar,Wakil Ketua Pengadilan Batusangkar, Hakim, jaksa serta Kapolsek se Kabupaten Tanah Datar.(haries)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img