30 C
Padang
Minggu, September 25, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kurang Cakap Asuh Anak, Organisasi WI Carikan Solusiya
K

Kategori -
- Advertisement -

Eksistensi organisasi Wanita Islam (WI) di tengah masyarakat kian dirasakan. Organisasi WI  Kota Payakumbuh menggelar Pelatihan Orientasi Kecakapan Keorangtuaan,  di sebuah hotel Melati di Jalan M. Yamin Payakumbuh, selama tiga hari, 13-15 September 2014.

Pelatihan  diikuti 30 orang peserta,  berasal dari ibu-ibu pada  5 kecamatan se kota Payakumbuh, setelah  dibuka  Ketua TP-PKK  yang juga Penasehat Organisasi Wanita Islam  Payakumbuh,  Ny. Dr. Henny Riza Falepi dan didampingi Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Payakumbuh Ny. Hj. Rasyidah Suwandel Muchtar.

Dalam sambutannya, Henny menyatakan sangat mendukung kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan tersebut  sangat penting,  mengingat sebagai orang tua,  harus memiliki ilmu dalam mendidik anak,  membentuk karakter anak dan membina keluarga.

Ditambahkannya, melalui kegiatan ini hendaknya dapat menambah kesadaran ibu-ibu,  akan pentingnya pendidikan keorangtuaan. Harapannya, ibu-ibu yang terpilih sebagai peserta,  dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dan dapat menjadi pelopor serta menjadi teladan di tengah keluarga dan masyarakat.

Senada dengan itu, Ketua Organisasi Islam Kota Payakumbuh, H. Yasdek, S.Pd didampingi Ketua Panitia H. Isma Wirta Zamhur menyebutkan,  peserta sosialisasi ini nantinya dapat menjadi pelopor  dalam program pendidikan keorangtuaan (parenting education) di Kota Payakumbuh. Peserta pelatihan, nantinya diharapkan dapat menindaklanjuti kegiatan ini di kecamatan masing-masing.

Orientasi yang bertujuan memberikan pengetahuan tentang kecapakan keorangtuaan ini  menghadirkan nara sumber Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Ketua WI Propinsi, Ketua WI Kota Payakumbuh dan beberapa dosen Unand.

Lebih Lanjut dikatakan, materi yang akan disajikan terdiri dari 8 materi diantaranya Kebijakan Dirjen PAUD Non Formal Informal, Penyelenggaraan Pendidikan di Masyarakat, Kesehatan dan perawatan ibu hamil, makanan sehat dan gizi di rumah, konsep orang tua sebagai individu dan masyarakat, mewujudkan hubungan keluarga yang harmonis, dan peningkatan ketahan ekonomi keluarga.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img