26 C
Padang
Kamis, Februari 2, 2023
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kunjungi Diklat Damkar, Wawako Bukittinggi Tegas Kedisiplinan
K

Kategori -
- Advertisement -

Bukittinggi, beritasumbar.com – Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi menegaskan agar senantiasa disiplin bagi ASN di daerah itu. Hal itu dikatakannya saat mengunjungi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemadam 1 Bukittinggi-Agam di Aula Grand Malindo Hotel, Senin, (5/12).

Menurutnya pada saat orang tidak banyak lagi yang disiplin, khusus untuk semua Petugas Damkar haruslah yang paling disiplin, karena pekerjaan cukup berat dan berpacu dengan waktu.

“Semenjak jadi Wakil Walikota inilah acara yang paling disiplin. Meskipun begitu banyak agenda Pemko hari ini, Damkar siap untuk melaksanakan kegiatan pas 08’00 WIB,” puji wawako yang spontan dapat tepuk tangan meriah dari seluruh peserta dan tamu yang hadir.

Ia juga menyampaikan, disamping kota kita wisata, Bukittinggi juga menginginkan kota Bung Hatta. Kota itu sudah punya pustaka Bung Hatta, Rumah kelahiran Bung Hatta, Balai sidang Bung Hatta, Istana Bung Hatta, Taman Bung Hatta, Rumah sakit otak Bung Hatta dan nanti akan buat museum Bung Hatta.

“Apa yang dilihat dari Bung Hatta yaitu disiplin. Beliau adalah contoh panutan bagi kita tentang kedisiplinannya. Itu berhubungan dengan landasan dasar damkar itu sendiri,” katanya.

Kadis Damkar Kota Bukittinggi Rofie Hendria S STP menjelaskan diklat dilaksanakan di akhir tahun ini karena bekerjasama banyak pihak. Pihaknya berkoordinasi dengan Kabupaten Agam, karena sehubungan banyak dari anggotanya yang belum bersertifikat.

“Serba cepat, kami Bukittinggi dengan Kabupaten Agam. Alhamdulillah BPSDM dari Kemendagri juga menghubungi BPSDM Pusdiklat Cilacas Damkar nasional di Provinsi DKI. Narasumber dan instruktur dari Kemendagri. Sebanyak 28 orang dari Bukittinggi dan 22 orang dari Kabupaten Agam mengikuti pelatihan ini,” ujarnya.

Menurutnya, ini merupakan bentuk sinergi di Sumbar dan tidak dibatasi administrasi, melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan dengan selalu berkoordinasi. Rofie juga menambahkan, tenaga pemadam kedepannya punya kapasitas dan kapabilitas yang baik.

Kasat Pol PP Damkar Agam Dandi Pribadi mengatakan kegiatan yang di inisiasi oleh Damkar Kota Bukittinggi ini merupakan terobosan bagus untuk kedua belah pihak, selama ini selalu koordinasi untuk menanggulangi bencana.

“Tentunya petugas kita dibekali dengan kompetensi penanganan bencana kebakaran berstandar nasional, bisa di fasilitasi BPSDM Kemendagri. Mudah-mudahan sertifikat dapat diperoleh dan penanganan bencana lebih profesional lagi,” harapannya. (Adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img