24.4 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kreativitas Sehat di Internet Diulas di Kabupaten Sijunjung
K

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung,Beritasumbar.com, — Guntur Simbolon salah satu musisi tanah air menyebut kreativitas membuat seseorang memiliki daya cipta, inovasi, yang membuat berpikir luas, sehingga dapat berkreasi secara positif. Dengan menggunakan internet secara bijak dan sehat, masyarakat justru bisa menjadi pribadi yang semakin kreatif.

“Sebaliknya, menggunakan internet dengan sembarangan dan tidak bijak, bisa membawa diri ketergantunganakan sesuatu yang buruk,” kata Guntur saat webinar di Kabupaten Sinunjung, Rabu (25/8/2021).

Founder Planet Design Indonesia, Tiro Sancha Bakhtiar membahas cara untuk menjaga keamanan digital diantaranya, mempunyai password atau PIN dengan dua sampai tiga kombinasi yang unik dan bisa dihafal untuk berbagai media sosial, email, dan bank online.

“Jangan sampai salah atau terlalu susah membuat PIN karena jika salah dalam memasukan PIN sebanyak tiga kali dapat mengakibatkan terblokir. Masyarakat tidak boleh lalai di dunia maya,” terangnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sijunjung, Usman Dumanti menjelaskan literasi digital sebagai sarana meningkatkan wawasan kebangsaan.

“Aktivitas baik di dunia digital, meliputi memfilter nilai dan budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila, mengambil manfaat positif dari teknologi informasi untuk mempermudah kegiatan belajar dengan meningkatkan kreativitas dan inovasi, serta mengisi ruang ruang digital dengan konten kreatif dan positif,” katanya.

Grand Master Hypnotheraphy, Firmansyah menjabarkan etika berinternet merupakan sikap dan moral yang masyarakat lakukan atau tindakan dalam berintenet.

“Berbagai etika berinternet, antara lain perhatikan dalam penggunaan huruf capital, hati-hati terhadap informasi yang diterima, penggunaan CC di email, batasi informasi yang disampaikan, hindari personal attack, pemilihan konten internet dengan bijak, serta hak cipta,” katanya.

Webinar diakhiri oleh Konten Kreator dan influencer dengan Followers 11,9 ribu, Sevira Elda yang menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img