24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

KPU Sumbar Optimis Dana Pilkada Segera Cair
K

Kategori -
- Advertisement -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) masih tetap optimistis dana untuk pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) bisa dicairkan tepat waktu.

“Masih merasa yakin dana pelaksanaan Pilkada tetap cair,” kata Sekretaris KPU Sumbar Hendrinal saat dihubungi, Selasa (6/1).

Ia menjelaskan, KPU Sumbar tidak khawatir dalam mempersiapkan pelaksanaan tahapan pilkada serentak 2015 terkait kebijakan pemerintah yang meminta setiap pemerintah daerah menghentikan pencairan bantuan sosial (Bansos) dianggarkan 2015 ini.

“Pasalnya, anggaran yang akan digunakan KPU mempersiapkan hingga pelaksanaan pilkada serentak 2015 berdasarkan undang-undang dan juga Perppu No.1/2014,” ungkapnya.

Dia menyatakan pemerintah hanya akan menghentikan dana Bansos, sementara dana untuk pilkada serentak diatur dalam Perppu Pilkada Nomor 1 Tahun 2014.

“Karena kebetulan KPU ini merupakan instansi di luar pemda, maka apabila pemerintah ingin membantu KPU dengan dana untuk pelaksanaan pilkada, maka pos anggarannya masuk dalam kategori dana hibah, bukan Bansos,” jelasnya.

Ia mengatakan dana untuk pilkada serentak tetap bisa dicairkan. Itu berangkat dengan sudah dianggarkannya dana Pilkada 2015 dalam APBD Sumbar tahun 2015, pada Desember 2014.

“Dalam APBD 2015 itu, KPU bakal mendapatkan dana Hibah pilkada sebesar Rp 60 miliar dari Rp 90 miliar yang diajukan,” terangnya.

Ia menjelaskan rencana awalnya, KPU usulkan anggaran sebesar Rp 191 miliar bila Pilkada 2015 dilakukan tidak serentak.

“Sebaliknya, bila Pilkada 2015 dilakukan secara serentak di 13 kabupaten kota termasuk satu pilgub, menjadikan anggaran pelaksanaannya bisa lebih kecil,” katanya.

Terkait berapa besarnya dana Pilkada, ia menyatakan saat ini KPU Sumbar belum bisa menyebutkan angka pasti berapa besarnya dana untuk pelaksanaan Pilkada.

“Apabila anggaran awal Rp 60 miliar itu kurang, maka ada kemungkinan akan ditambah melalui APBD perubahan,” ujarnya. (antara)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img