30 C
Padang
Kamis, Desember 2, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

KPU Solol Selatan Tuntaskan Pembentukan PPK
K

Kategori -
- Advertisement -

Padang Aro – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), merampungkan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Solok Selatan, Isyuliardi Maas di Padang Aro, Selasa, mengatakan proses pembentukan PPK telah melakukan seleksi dan hasilnya telah diumumkan pada Sabtu (9/5) setelah dilakukan pleno pada hari sebelumnya.

Sedangkan PPS saat ini sedang dilakukan seleksi di setiap kecamatan dan selesai hari ini.

“PPK hasilnya sudah diumumkan, sedangkan untuk PPS masih dilakukan seleksi. Pengumumannya dilakukan Rabu (13/5),” jelasnya.

Pada seleksi PPK, kata dia, pada awalnya yang mendaftar sebanyak 147 peserta yang kemudian di seleksi menjadi lima orang setiap kecamatan.

Untuk Solok Selatan sendiri, imbuhnya, memiliki tujuh kecamatan sehingga jumlah PPK sebanyak 35 orang.

Sedangkan untuk PPS, imbuhnya, setiap nagari (desa adat) memiliki PPS sebanyak tiga orang dan di Solok Selatan terdapat 39 nagari sehingga anggota PPS sebayak 117 orang.

Untuk PPS, katanya, calonnya diusulkan oleh wali nagari (kepala desa adat) dan setiap nagari harus mengusulkan minimal enam nama calon dan seleksinya dilakukan di kecamatan.

“Dari nama calon yang di usulkan tersebut dilakukan diseleksi, sehingga hasilnya menjadi tiga orang untuk setiap nagari,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, setelah semua proses seleksi selesai PPK dan PPS akan dilantik secara serentak pada Senin 18 Mei.

Ia berharap, setelah dilantik secara resmi anggota PPK dan PPS sudah bisa menjalankan tugas mereka.

Selain itu, harapnya, Pilkada 2015 berjalan lancar dan aman serta tingkat partisipasi pemilih juga meningkat karena karena akan menentukan pemimpin Solok Selatan lima tahun kedepan.

Terkait jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada tahun ini, kata dia, ada sekitar 400 TPS yang tersebar di 39 Nagari. (Antara/Junisman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img