24.8 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

KPU: 1.591 PPDP Mutakhirkan Data Pemilih Padang
K

Kategori -

Padang – Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), melibatkan 1.591 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) untuk memutakhirkan data pemilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2015.

“Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Padang,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, M Sawati di Padang, Selasa.

Ia mengatakan, pemutakhiran data pemilih akan berlangsung selama 36 hari yang dimulai semenjak 14 Juli hingga 19 Agustus 2015.

Hingga saat ini, katanya, sudah ada beberapa PPDP yang sudah menyelesaikan pemutakhiran tiga data, yaitu tiga TPS di Kecamatan Padang Utara. Akan tetapi masih banyak yang belum menyelesaikan dibandingkan dengan yang sudah.

“Dari evaluasi yang sudah dilakukan oleh KPU pada 27 Juli 2015, ada yang sudah menyelesaikan pemutakhiran data, ada yang masih 50 persen, bahkan ada yang masih 12 persen pelaksanaannya,” paparnya.

Ia menjelaskan, penyebab perbedaan tersebut adalah di karenakan pada tanggal 14 Juli yang seharusnya sudah mulai melakukan pemutakhiran data, ada beberapa PPDP yang belum memulainya. Umumnya yang belum memulai adalah PPDP yang perempuan, karena mempersiapkan untuk lebaran.

Selain hal tersebut, kendala yang dihadapi adalah saat melakukan pendataan setelah Lebaran, banyak warga yang tidak berada di rumah dikerenakan pulang kampung, sehingga saat PPDP tidak bisa menemui warga karena tidak berada di rumah.

Pada 20 Juli 2015, kata dia, rata-rata seluruh PPDP sudah mulai melaksanakan tugasnya. Setiap PPDP juga membuat jadwalnya sendiri, ada yang melakukan pendataan setiap hari, ada juga yang melaksanakan tugasnya sekali tiga hari.

“Karena hari terakhir melakukan pemutakhiran data adalah 19 Agustus 2015, kami menetapkan mereka bisa menyelesaikannya dua hari sebelumnya, yaitu 17 Agustus. Dari 18 hingga 19 Agustus akan dilakukan pemeriksaan kebenaran data tersebut,” jelasnya.

Jumlah pemilih sementara Kota Padang berdasarkan data agregat kependudukan kecamatan (DAK2) dan data potensial penduduk pemilih pemilu (DP4), adalah 642.846 orang.

Data tersebut dapat berubah karena ada penambahan warga Padang yang sudah berumur 17 tahun, meninggal, ada warga baru Kota Padang maupun yang pindah.

 

Sumber: Antara/Oleh Junisman
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.
- Advertisement -

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.

Kakankemenag Padang Panjang Lantik Emi Ratna Aprilana Sebagai Kasi Penmad

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Drs. H. Gusman Piliang, MM lansung pimpin Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin (02/08/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -