30 C
Padang
Minggu, November 28, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Koalisi belum ada,Nama pasangan balon bermunculan
K

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,Beritasumbar.com-Sampai detik ini, perkembangan Pilkada Kota Payakumbuh semakin menarik untuk diikuti. Selain lobi-lobi politik antara partai ataupun bakal calon semakin gencar dilakukan. Bahkan, sudah ada beberapa nama yang nantinya diprediksi akan berpasangan.

Terlepas dari itu semua, dari sekian nama serta figur bakal calon Kepala Daerah Payakumbuh, hanya tiga nama yang hangat di bicarakan bakal bertarung untuk merebutkan posisi Walikota Payakumbuh dari partai politik. Yakni incumbent Riza Falepi, Almaisyar serta Suwandel Muchtar.

“Riza Falepi, Almaisyar dan Suwandel Mukhtar. Mereka ini nantinya akan bertarung merebut posisi Walikota Payakumbuh. Ini berdasarkan dinamika politik Payakumbuh saat ini,”terang Yudilfan Habib pemerhati politik Kota Payakumbuh pada Senin (15/8)4.

Seperti Riza Falepi, katanya, Walikota Payakumbuh tersebut merupakan satu-satunya calon yang diusung kembali oleh PKS.  Tetapi sampai saat ini PKS belum masih mencari pendamping yang cocok bagi Riza Falepi.  Dengan modal 3 kursi, PKS juga tengah menjajaki partai koalisi untuk menuju Pilkada Kota Payakumbuh nantinya.

Tak hanya PKS, Partai Bulan Bintang juga mengusung Riza Falepi. Berbeda dengan PKS, PBB malah sudah merekomendasikan Riza Falepi untuk berpasangan. Riza Falepi Anda Setia Budi. Tetapi, PBB tidak cukup kursi untuk mengusung Riza Falepi-Anda Setia Budi menuju Pilkada.

Sementara itu tim pemenangan pemilu daerah PKS Kota Payakumbuh sudah mengusung empat nama untuk di seleksi mendamping Riza Falepi di Pilkada 2017. Fitrial Bachri anggota DPRD dari Gerindra dan Ridwan Sabirin dari Demokrat yang pertama kali di usulkan ke DPW PKS Sumbar untuk di seleksi. Setelah itu menyusul nama Anda Setia Budi dan Mulyadi Afmar. Sebelum empat nama ini naik ke DPP PKS,tidak tertutup ada nama nama lain yang akan ikut di seleksi buat pendamping Riza Nanti,ujar Mustafa salah satu tim TPPD lewat telpon kepada www.Beritasumbar.com kemaren.

Soal koalisi partai, Mustafa mengatakan masih melakukan pendekatan dengan beberapa partai politik di Payakumbuh.

Sementara, Almaisyar yang dikabarkan sudah mendapatkan mandat untuk maju Pilkada dari Partai Golkar. Golkar juga dikabarkan sudah hampir final berkoalisi dengan PPP dalam mengusung Almaisyar nantinya. Golkar 3 kursi dan PPP 3 dengan total 6 kursi atau melebihi syarat minimum pengusungan pasangan calon dari partai politik.

Tetapi, siapa pendamping mantan calon Walikota Payakumbuh 2012 lalu itu, juga belum jelas. Banyak nama yang muncul akan mendampingi Almaisyar. Seperti putra Payakumbuh Timur  Mayor laut Doni Putra, Yossi Danti serta anggota DPRD Kota Payakumbuh fraksi Gerindra Fitrial Bachri.

Begitu juga dengan Suwandel Mukhtar, Wakil Walikota Payakumbuh itu  akan berpasangan dengan Ahmad Ridho SH atau Marsanova Andesra. Dua Nama dari kader Nasdem ini hanya menunggu siapa yang akan di rekomendasikan partai dari DPP saja lagi. Nama Ahmad Ridho muncul akhir akhir ini di tengah masyarakat untuk mendampingi Suwandel Mukhtar. Bahkan Ismet Arius teman satu partai Ahmad Ridho SH di DPRD Kota Payakumbuh memberi gambaran Tokoh muda Partai Nasdem Payakumbuh ini masuk daftar prioritas di calonkan partai di Pilkada 2017.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img