Kab.Sijunjung,BeritaSumbar.com,-Sijunjung sangat dikenal dari Objek Wisatanya, Seperti Geopark Silokek dan Perkampungan Adatnya. Dukungan Pemerintah Daerah mengalir untuk membangun Objek Wisata di Sijunjung. Bahkan sekarang Sijunjung sedang bejuang menjadikan Geopark Silokek sebagai Warisan Dunia. Geopar Silokek ini terintegrasi khususnya ada 5 Nagari. Silokek, Durian Gadang, Mangganti, Sumpur Kudus Selatan dan Nagari Sumpur Kudus.

Dukungan tidak hanya datang dari pemerintah saja. DPD KNPI Sijunjung juga komit untuk ikut memajukan Pariwisata Sijunjung. Biasanya acara dinas maupun organisasi dilaksanakan di ruangan bahkan di hotel. Tapi, Beberapa hari yang lalu DPD KNPI Sijunjung malah memilih Pra Raker dan Bakti Pemuda di sebuah Objek Wisata Ombak Palukahan.

Dua Hari kegiatan Pra Raker dan Bakti Pemuda DPD KNPI Sijunjung sangat terkesan oleh masyarakat Durian Gadang. Hari Pertama pada malamnya, penampilan Kesenian Rakyat dihadiri Ratusan masyarakat durian gadang. Ikut hadir dalam acara tersebut Kepala Bappeda Sijunjung, Kepala DPMN Sijunjung, Kabag Umum Sijunjung, Camat Sijunjung dan Pemerintahan Nagari Durian Gadang.

“Saya sangat terkesan dengan kegiatan ini. Sembari Pra Raker, KNPI Sijunjung juga memberi ruang untuk Anak Nagari menampilkan Keseniannya. Malam ini saya disuguhi Penampilan Randai dan Budi Suci dari masyarakat Durian Gadang. Sambil menyelam minum air. Kegiatan Pra Raker terlaksana dengan baik, Pemberdayaan masyarakatnya juga dilakukan. Sehingga kegiatannya bermanfaat bagi masyarakat”, Sambut Benny Dwipa Yuswir, Kepala BAPPPEDA Sijunjung.

Pagi harinya dilanjutkan acara Bakti Sosial pembagian Masker gratis dengan PMI Sijunjung. Siap sholat jumat makan bersama dengan ninik mamak dan Pemerintahan Nagari Durian Gadang. Acara ini ditutup langsung oleh Kepala Dinas Parpora Sijunjung, Afri Neldi.

“Saya berharap acara seperti ini tetap dipertahankan. Kemajuan suatu daerah tidak bisa lepas dari tanggung jawab pemerintah saja. Tapi juga masyarakat setempat. Semangat itu harus kita lahirkan dari bawah. Saya sangat apresiasi kegiatan KNPI Sijunjung. Ke depan kita akan dukung kegiatan seperti ini, “tegas Afri Neldi, Kadis Parpora Sijunjung.

Ombak Palukan dahulunya merupakan penghasil ikan terbanyak di Sijunjung, Wali Nagari Durian Gadang menjelaskan kalau dahulunya Ikan yang dihasilkan sampai 1 ton perhari. Tapi hari ini sudah sangat berkurang. Dan ombak palukahan juga Arena Arum Jeram yang tingkat kesulitannya sampai Level 4.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pemuda Nagari Durian Gadang dan Pokdarwis Durian Gadang yang mau bekerja sama dalam mensukseskan Kegiatan Pra Raker dan Bakti Pemuda kita ini. Banyak kawan-kawan kenapa kita memilih ombak palukahan sebagai tempat kegiatan. Kenapa tidak di hotel saja. Kita memilih di Durian Gadang sebagai bentuk komitmen kita untuk ikut memajukan Pariwisata Sijunjung”, kata Harbi Hanif Burdha, Ketua KNPI Sijunjung. (Ilham)

loading...