24.4 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kiat Tetap Berprestasi Pada Pandemi Covid-19
K

Kategori -
- Advertisement -

Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa disekolah, di luar jam belajar kurikulum standar. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, siswa menjadi lebih aktif dan dapat menambah materi bagi siswa.
Siswa menjadi lebih memahami materi. Misalnya seperti ekstra PMR yang menambah pengetahuan siswa tentang menjaga kesehatan diri. dan melalui kegiatan ini Pengaruhnya yaitu kita bisa menambah nilai keaktifan melalui ekstrakurikuler.
Dan apa sih tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler disekolah itu..???
tujuannya adalah kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan.
– Untuk menyalurkan bakat dan minat siswa/i
– Untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi siswa/i
– Untuk mengembangkan nilai afektif (nilai moral dan sosial) siswa/i
Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan dari ekstrakurikuler dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif.
Ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi siswa. Hal ini dikarenakan, ekstrakurikuler dapat menyalurkan bakat dan kreativitas siswa. Selain itu, ekstrakurikuler dapat menghindarkan siswa dari kegiatan yang kurang bermanfaat. Apalagi, ekstrakurikuler dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Sehingga, dengan ekstrakurikuler akan tercipta siswa yang bersikap mandiri dan berpikir cerdas. Siswa tidak perlu cemas soal biaya untuk ekstrakurikuler. Karena, ekstrakurikuler tidak memerlukan biaya yang mahal.
Ada berbagai macam jenis ekstrakurikuler antara lain PMR, PKS, pramuka, seni, olahraga dan lain-lain. Dengan banyaknya jenis ekstrakurikuler tersebut, siswa akan lebih mudah memilih untuk menyalurkan bakat dan minatnya. Dalam setiap jenis ekstrakurikuler, siswa akan melakukan kegiatan yang menyenangkan, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.
Namun, meski banyak sekali manfaat dari ekstrakurikuler, masih banyak siswa yang tidak bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini dikarenakan, banyak siswa menganggap ekstrakurikuler adalah kegiatan yang membosankan. Selain itu, banyak siswa lebih suka melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat. Apalagi, semakin majunya teknologi, banyak siswa malas mengembangkan bakat dan keterampilannya.
Dengan demikian, dapat di tarik kesimpulan bahwa ekstrakurikuler tidak memerlukan biaya yang mahal dan mempunyai banyak manfaat yang penting bagi siswa. Selain itu, ada banyak jenis ekstrakurikuler yang dapat dipilih siswa sesuai dengan bakat masing-masing siswa.
Namun demikian, masih banyak siswa yang belum mengetahui manfaat dari ekstrakurikuler. Oleh karena itu, sebaiknya siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan sungguh-sungguh, agar siswa dapat mengetahui manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler, serta dapat menyalurkan dan meningkatkan bakat dan keterampilannya.
 
Artikel ditulis oleh: Rupi kasarah
Mahasiswa prodi PAI  STIT Madani, Yogyakarta

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img