23 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Kesenian Indonesia-Tiongkok Tampil di Rumah Budaya Fadli Zon
K

Kategori -

Tanah Datar – Rumah Budaya Fadli Zon akan menampilkan kesenian dua negara, Indonesia-Tiongkok, Minggu (2/8), pukul 18.30, malam. Seniman kedua negara akan menghibur 200 penonton di kantong kebudayaan Ranah Minang itu.

Pimpinan Rumah Budaya Fadli Zon, Edin Hadzalic, melalui siaran pers yang diterima media ini, Jumat (31/7), sore, mengatakan, malam kebudayaan tersebut terselenggara atas kerjasama Rumah Budaya dengan Sekolah Dharma Yudha Pekanbaru.

“Malam kebudayaan ini bertujuan membina hubungan baik kedua negara, khususnya di bidang seni dan budaya,” ujar Edin Hadzalic.

Dia menyebutkan, sebanyak 20 seniman dari Provinsi Jiang Shu, Tiongkok, akan menampilkan sejumlah kesenian mereka, di antaranya Tari Guzheng dan Kaligrafi. Tarian ini dibawakan seniman Tiongkok dari Jiang Su, Pusat Pendidikan Tari Kota Xuzhou.

Sementara dari Indonesia, pertunjukan seni akan ditampilkan Sekolah Dharma Yudha Pekanbaru (Tarian Cik Puan dan Tarian Mancaliak Jaluar). Selain itu, Pianis Indonesia Marusya Nainggolan juga turut hadir mewakili Indonesia di acara itu.

Tak hanya itu, dari Sumatera Barat, Tim Kesenian Sumbar Talenta turut tampil membawakan sejumlah kesenian Minang yang bakal menyemarakkan malam dengan tarian dan musik tradisi Minangkabau.

Budayawan dan Pendiri Rumah Budaya, Fadli Zon, mengatakan, hubungan baik Indonesia-Tiongkok sudah terjalin sejak zaman pemerintahan Bung Karno dan harus terus dijaga serta ditingkatkan.

“Baik hubungan di bidang ekonomi, perdagangan, teknologi, pendidikan, keamanan, termasuk hubungan kebudayaan,” ujar Fadli Zon.

Dia berharap, Malam Kebudayaan Indonesia Tiongkok di Rumah Budaya semakin memperkokoh hubungan kedua negara. “Bangsa yang beradab adalah bangsa yang menghargai kebudayaannya,” katanya.

Rumah Budaya Fadli Zon diresmikan pada 4 Juni 2011 dan sering menampilkan pertunjukan kesenian dari sejumlah negara di dunia, di antaranya: Konser Trio Cantabile (Croasia), Konser Ansambel Ad Glorian Brass (Croasia), Pemutaran Film Sutradara Faruk Loncarevic (Bosnia), Malam Persahabatan Indonesia-India, Pertunjukan Sulap Rick Taliesen (Amerika Serikat), Penampilan Saluang di Eropa Kerjasama Indonesia-Serbia kerjasama Rumah Budaya dan Assosiasi Bibliofil Serbia, serta sejumlah pertunjukan lainnya. (rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -