24.8 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Kemenag: Jamaah Haji Bermasalah Kurang Mentaati Aturan
K

Kategori -

Padang – Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Barat, menyatakan banyaknya jemaah yang bermasalah selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci lebih disebabkan kurang mentaati aturan yang ditetapkan penyelenggara.

Banyak jamaah yang tersesat, tidak bisa kembali ke hotel dan mendapat musibah, karena mereka keluar dari rombongan dan jadwal yang ditetapkan karena ingin lebih cepat, kata Pelaksana Tugas Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sumbar, Damri Tanjung di Padang, Selasa.

Ia mengatakan setiap tahapan ibadah haji sudah ada aturan dan peraturan yang dibuat untuk ditaati. Di antara aturan yang ada adalah dibuat Panitia Haji Indonesia, masing-masing kelompok terbang (kloter), ketua regu dan aturan yang dibuat oleh ketua rombongan.

Semua aturan tersebut untuk memudahkan jamaah agar terhindar dari risiko, ujarnya.

Ia menjelaskan tragedi Mina seharusnya tidak perlu terjadi, karena sudah ada aturan dalam melempar jumrah untuk tidak melontar pada waktu-waktu yang afdal (baik), karena berisiko sangat tinggi.

Karena pada waktu tersebut banyak warga dari negara lain yang memiliki tubuh yang besar-besar melakukan lempar jumrah.

Pada saat tawaf, sya’i dan ke masjid juga ada aturan untuk bersama rombongan sehingga tidak tersesat.

Semua rangkaian ibadah itu juga sudah dilatih dalam acara manasik haji yang diadakan Kementerian Agama maupun lembaga lainnya.

“Namun dalam pelaksanaannya di tanah suci masih banyak jamaah yang kurang mematuhi aturan yang dibuat sehingga mendapatkan masalah,” kata dia.

Ia mengimbau untuk jamaah haji yang akan berangkat pada 2016 agar lebih mempersiapkan diri baik secara fisik maupun mental.

Persiapkan diri dengan baik agar kualitas ibadah haji juga lebih baik, katanya.

Calon jamaah mulai dari sekarang bisa menggunakan waktunya dengan maksimal. Membekali diri dengan pengetahuan dan menjaga kondisi fisik agar tetap bugar dan sehat sehingga saatnya tiba semua sudah siap.

Menurutnya jamaah embarkasi Padang termasuk jamaah yang mentaati aturan sampai saat ini sehingga risiko yang terjadi juga lebih kecil dibandingkan dengan jamaah dari embarkasi lain. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.
- Advertisement -

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...
- Advertisement -

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -