29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Kegiatan Bersepeda Duo Kepala Daerah Di Payakumbuh Tuai Kritikan Warga
K

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Kegiatan bersepeda bersama duo kepala daerah di Kota Payakumbuh menuai kritikan warga Luak Limopuluah. Kamis 20/8 Walikota Padang bersama Walikota Payakumbuh akan adakan kegiatan bersepeda bersama keliling Kota.
Sementara Rabu 19/8 Kota Payakumbuh digegerkan dengan pengumuman lansung dari Erwin Yunaz SE MM wawako Payakumbuh bahwa dirinya terkomfirmasi positif Covid-19. Hal ini diketahui setelah hasil swabnya keluar.
Beredar dan viral di media sosial video pengakuan Wakil Walikota Payakumbuh itu positif terjangkit Corona. Dengan wajah penuh menahan kesedihan orang Nomor 2 di Pemerintahan Kota payakumbuh itu, mengakui jika dirinya usai tes Swab, telah dinyatakan positif dan harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.
Dalam video tersebut Erwin Yunaz, menjelaskan dirinya terpapar Corona 2 dari 3 orang Kota Padang yang datang bertamu ke rumah dinasnya, positif terpapar corona. Dalam video itu dirinya juga meminta kepada orang orang yang kontak langsung dengan dirinya agar melakukan tes Swab di Rumah Sakit dan Puskesmas terdekat.
Terakhir Wawako tersebut juga meminta kepada seluruh warga Kota Payakumbuh untuk mematuhi Protokol Kesehatan sesuai dengan Surat Edaran dan himbuan terbaru Gubernur Sumbar Nomor 360/194/Covid-19-SBR/VIII/2020.
Video Wakil Walikota Payakumbuh tersebut positif terpapar corona telah menjadi berita viral baik oleh media lokal, maupun media nasional.
Sementara itu masih di hari yang sama, pada malam harinya sekira pukul 20.00 WIB, terlihat di kawasan depan Hotel Mangkuto Syariah, Kota Payakumbuh terlihat dari pantauan media banyak mobil plat merah berseri BA 1 A dan kode area yang sama parkir di halaman Hotel tersebut.
Informasi yang didapat Awak media Luak Limopuluah Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, bersama pejabat, staf serta jajaran, menginap di hotel tersebut. Direncanakan, pada Kamis (20/8) pagi hari, pukul 07.00 WIB, rombongan tamu pejabat dari Kota Padang tersebut akan melakukan olahraga massal bersepeda santai bersama Walikota Payakumbuh,pejabat, staf dan jajarannya.
Dari bocoran rute yang didapat oleh awak media, rombongan dua Kepala Daerah bersama masing masing pejabat, staf, dan jajarannya, tersebut akan mulai di halaman Hotel Mangkuto bisa ke Harau atau seputaran Kota Payakumbuh, dan berhentinya di rumah dinas Walikota Payakumbuh, Jalan Pacuan, GOR Payakumbuh.
Tentu saja, aktifitas bersepeda ria massal yang dilakukan oleh duo Kepala Daerah tersebut menjadi sorotan warga. Bagi warga serta pemerhati sosial Kota Payakumbuh, ini adalah peristiwa kontras yang sedang terjadi.
Di satu sisi, orang VVIP Payakumbuh (Erwin Yunaz) baru saja dinyatakan positif terpapar corona. Beberapa hari sebelumnya, beberapa warga Payakumbuh serta PNS juga dikabarkan positif terpapar corona. Bahkan akibat wabah virus berbahaya itu kembali menyerang kota Payakumbuh, rencana proses belajar tatap muka di sekolah sekolah yang ada di Kota Payakumbuh, yang sedianya di mulai pada Tanggal 24 Agustus 2020, mendatang rencananya akan diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan.
Bahkan puncaknya, dari berbagai berita yang beredar di berbagai media lokal, baik online maupun cetak, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, yang gusar dan galau atas kembali mewabahnya Corona di wilayahnya, sempat berpesan kepada staf dan jajarnnya untuk benar benar selektif menerima tamu dari daerah lain, terutama daerah zona merah. Selain itu dirinya juga berpesan kepada pejabat serta jajaran Pemko Payakumbuh, untuk tidak mengadakan perjalanan ke luar daerah.
Namun Rabu (19/8) malam, warga serta pengamat sosial Kota Payakumbuh kaget dan terperangah dengan kehadiran rombongan Walikota Padang yang rencananya akan bersepeda ria secara massal bersama Pejabat Payakumbuh.
Beberapa tokoh aktifis muda Luhak Limapuluh, salah satunya Arya cs, kepada awak media, terkait peristiwa kontras yang sedang terjadi di Payakumbuh tersebut, mengaku tak habis fikir dengan aturan dan peraturan yang telah dibuat oleh Pemerintah sendiri.
Menurutnya, dalam edaran dan himbauan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno terbaru nomor 360/194/Covid-19-SBR/VIII/2020, poin 4 jelas di dalam edaran itu disebutkan; ” Membatasi secara selektif izin pelaksanaan acara/kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pesta pernikahan, olah raga massal dan kegiatan yang sejenis”.
Namun tutur Arya lagi, nampaknya aturan tersebut sepertinya tidak berlaku dengan terkait kegiatan rencana sepeda massal duo kepala daerah yang akan berlangsung pada Kamis pagi, tuturnya.
Hal lain juga diungkapkan oleh Bayu Vesky, salah satu aktivis muda Luhak Limopuluah. Sejak positifnya Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, terpapar corona. Apalagi tentang beredarnya wacana Pemko setempat untuk menunda kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) di lingkungan sekolah Payakumbuh, jelas menandakan jika Corona kembali menyerang daerah tersebut.
Namun anehnya, di saat warga diminta untuk mematuhi protokol kesehatan salah satunya menghindari kerumunan massa seperti kegiatan olah raga, disaat yang bersamaan dua orang Kepala Daerah, berencana melakukan aktifitas kegiatan bersepeda ria yang jelas membawa massa yang cukup banyak dalam rombongan tersebut.
Hal itu menurutnya lagi, berpotensi menjadi preseden buruk ditengah tengah masyarakat terkait contoh dari keteladanan pemimpin mereka. Jadi kita tidak bisa menyalahkan warga yang melanggar aturan protokol kesehatan yang sedang diterapkan pemerintah, sebab justru terjadi dugaan potensi pelanggaran aturan yang dilakukan oleh pemimpin mereka, tutup Bayu, mengatakan.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 8 Rumah Warga di Jorong Sianggai-Anggai

Kabupaten Solok ,BeritaSumbar.com,- Angin puting beliung menerjang rumah warga di Jorong Sianggai-anggai, Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada sore hari Jum'at (09 April 2021).
- Advertisement -

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...
- Advertisement -

Wakil Ketua MUI : Pondok Pesantren mesti lahirkan Lulusan yang memiliki kecerdasan Ukhrawi

Padangpanjang, BeritaSumbar,com,-Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan juga Wakil Ketua MUI Pusat Dr. H. Anwar Abbas, MM.,M.Ag berkunjung ke Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang. Sabtu, 3 April 2021 kemaren.

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.
- Advertisement -