foto by Yolanda Liman

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Pemberdayaan Karang Taruna adalah suatu proses pengembangan kemampuan, kesempatan, dan pemberian kewenangan kepada Karang Taruna untuk meningkatkan potensi, pencegahan dan penanganan permasalahan sosial, pengembangan nilai-nilai kepeloporan melalui pemanfaatan sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya sosial, dan teknologi.

Guna mewujudkan tugas pemberdayaan tersebut, Karang Taruna Kota Bukittinggi sudah merancang Program Kerja menggunakan pendekatan pengembangan masyarakat berbasis aset (asset-based community development). Pada pendekatan ini kita mencoba merubah paradigma generasi muda, yang semula titik fokusnya pada permasalahan, menjadi fokus pada potensi-potensi yang kita miliki, kemudian perlu digarab, dikembangkan serta diberdayakan, tegas Wakil Ketua I Karang Taruna Bukittinggi, Septria Yanto.

Di tempat terpisah, Ketua Karang Taruna Kota Bukittinggi, M. Nazif, membenarkan bahwa saat ini Rancangan Program Kerja Karang Taruna Kota Bukittinggi sudah rampung, berdasarkan anggaran yang kita susun kita membutuhkan pendanaan pemberdayaan sebesar 1,1 Milyar Rupiah. Namun itu masih dalam proses peninjauan oleh Ibu Linda Faroza sebagai Kepala Dinas Sosial Kota Bukittinggi yang kemudian akan diteruskan kepada Walikota dan Gubernur untuk dimintakan rekomendasi hibah Pemerintah Pusat.

Tentu kita perlu banyak sumber daya untuk menyukseskan program yang telah dirancang tersebut. Memang menurut Permensos 25 tahun 2019 Keanggotaan Karang Taruna menganut sistem stelsel pasif, yaitu setiap generasi muda yang berusia 13 (tiga belas) sampai dengan 45 (empat puluh lima) tahun otomatis akan menjadi anggota Karang Taruna, tapi kalau kita tidak punya data penduduk yang berumur segitu namanyakan absurd juga. Tanpa data, kita tidak bisa mengetahui Anggota Karang Taruna punya potensi apa serta kebutuhan apa yang mesti kita kembangkan dan penuhi sebagai Pengurus Karang Taruna dari tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan.

Untuk itu, kami Pengurus Karang Taruna Kota Bukittinggi mengajak semua Anggota Karang taruna untuk proaktif mendatangi kelurahannya masing, menanyakan kepada lurah tentang program pemberdayaan apa yang bisa diberikan kepada Karang Taruna. Selain itu, kami Pengurus Karang Taruna Kota Bukittinggi juga sudah membuat mekanisme pendaftaran online, sehingga memudahkan Anggota Karang Taruna mendaftarkan dirinya melalui link berikut: https://bit.ly/32wwxUb sambung Nazif.(rel)

loading...