27 C
Padang
Kamis, Januari 20, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kampuang Sarugo Kembali Raih Juara 4 ADWI 2021 Kategori Homestay
K

Kategori -
- Advertisement -

Jakarta, beritasumbar.com – Desa Wisata Kampuang Saribu Gonjong, Kabupaten Limapuluh Kota kembali meraih penghargaan sebagai juara 4 kategori Homestay pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Malam puncak ADWI 2021 yang berlangsung di Jakarta, Selasa (7/12) secara hybrid di hadiri oleh kepala daerah bupati/walikota dan perwakilan desa wisata dari 34 provinsi.

Kategori Homestay, juara 1 Desa Wisata Nusa, Aceh Besar, Aceh, Juara 2 Desa Wisata Ranupani, Lumajang, Jawa Timur,  Juara 3 Desa Wisata Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Juara 4 Desa Wisata Saribu Gonjong, Lima Puluh Kota Sumatera Barat, Juara 5 Desa Wisata Sangiran, Sragen, Jawa Tengah.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampuang Siribu Gonjong Rici Candra mengatakan, penghargaan yang diterima merupakan hasil kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam memajukan Kampuang Sarugo sebagai destinasi wisata budaya yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Alhamdulillah, berkat dukungan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota, kerjasama dan dukungan semua pihak, kampuang sarugo mendapatkan juara 4 kategori homestay,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengatakan langkah-langkah strategis perlu dilakukan untuk pengembangan sektor pariwisata. Infrastruktur dan sumber daya manusia berperanan penting dan memiliki dampak dalam pengembangan pariwisata.

“Ke depannya untuk memajukan destinasi dan wilayah yang memiliki potensi untuk itu akan dilakukan program pembinaan dan pendampingan. Bagainamapun, pasca pandemi telah merubah pola pariwisata ke era baru,” kata Mantan Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota 2014-2019.

Bupati menyebutkan, banyak daya tarik wisata berbasis pada karya cipta manusia yang berupa peninggalan budaya dan sejarah maupun nilai budaya yang masih hidup sampai sekarang.

Selain itu digitalisasi pariwisata juga perlu direalisasikan sebagai langkah pengembangan wisata di kabupaten Limapuluh Kota pada masa mendatang. Hal itu dikatakan Safaruddin  guna membuat evaluasi dan strategi lain untuk pengembangan sektor pariwisata selanjutnya.

“Peninggalan budaya dan catatan sejarah yang perlu dikemas baik menjadi destinasi wisata. Selain itu digitalisasi juga sangat penting untuk memperoleh dan memiliki database sebagai bahan evaluasi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota pada sektor ini,” tutupnya.

Malam puncak ADWI 2021 dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto,Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Sandiaga Salahuddin Uno serta dimeriahkan oleh selebritas Indonesia, di antaranya Krisdayanti, Aurel Hermansyah, Atta Halilintar, DJ Beauz, Nassar, Alffy Rev, Novia Bachmid.  (Rel/Di)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img