Mentawai,BeritaSumbar.com,-Menggiatkan mengkonsumsi ikan adalah salah satu program pemerintah untuk meningkatkan gizi masyarakat. Meneruskan program tersebut Dinas kelautan Dan Perikanan Sumatera Barat pada Senin 15/7 gelar lomba memasak ikan. Pada lomba masak ikan ini panitia mengusung tema ” Lomba Masak Ikan Untuk Mendukung Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat”

Lomba yang di gelar dihalaman kantor Gubernur Sumatera Barat ini di ikuti oleh Tim penggerak PKK yang menjadi juara di setiap daerah tingkat II di Sumbar.

Kabupaten Kepulauan Mentawai yang merupakan salah satu daerah tingkat II di Sumbar yang memiliki sumber daya ikan cukup besar mengutus 6 orang untuk 2 kategori dari 3 kategori yang dilombakan. 3 jenis menu masakan yang diperlombakan yaitu, Menu Ikan untuk keluarga, Menu Ikan Untuk Balita dan Menu Ikan Kudapan/Snack.Kita ikut siseluruh kategori yang disiapkan panitia ujar Ida Yudas Sabaggalet Ketua forikan Kabupaten Kepulauan Mentawai ini.

Panitia menyediakan waktu 1 jam untuk peserta memasak menu serba ikan ini di lokasi acara. Sementara bumbu disiapkan oleh peserta sesuai khas daerah mereka.

Masing masing utusan daerah disetiap kategori dituntut untuk mampu berinovasi sebagus mungkin dalam menciptakan menu berbahan baku ikan ini. Untuk menu ikan Keluarga bahan baku ikan kembung. Sementara untuk menu ikan untuk balita dan kudapan/snack berbahan baku ikan khas masing masing daerah.

Pada lomba masak berbahan baku serba ikan kali ini Kabupaten Kepulauan Mentawai meraih Juara III di Kategori Menu Ikan untuk Kudapan/snack dan Harapan III di kategori menu Ikan Untuk Keluarga. Untuk menu keluarga Tim dari kepulauan Mentawai membuat Spaghetti Ikan Carbonara

Kita puas dengan hasil ini, Walau harapan kita mampu raih juara 1 di setiap kategori, cerita Istri Bupati yang juga ketua Forikan Kabupaten Mentawai, Ida Yudas Sabaggalet didampingi Usman S.Pt.MM Kadis Perikan Kabupaten Kepulauan Mentawai kepada BeritaSumbar pada Senin 15/7 malam.

Kedepan sebagai salah satu daerah penghasil ikan di Sumatera Barat Kabupaten Kepulauan Mentawai akan lebih meningkatkan kreatifitas dalam menciptakan menu menu makanan berbahan baku ikan, Imbuh Ida Yudas Sabaggalet. Makanan berbahan baku ikan ini akan menjadi salah satu penarik kunjungan wisatawan ke Mentawai .

Dan ini sudah kita mulai dengan ditampilkannya lomba masak pada Festival Pesona Mentawai pada awal bulan ini,cerita Usman S.Pt MM yang ikut mendampingi tim dari Kepulauan Mentawai bersama Rudi S.Pi.(*)

 

loading...