29 C
Padang
Selasa, Mei 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Jorong Koran Nagari Pematang Panjang Terima Trophy dan Sertifikat Proklim Utama
J

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Usaha tidak akan mengkianati hasil. Hal ini yang dirasakan Dinas Perkim LH Kabupaten Sijunjung .Berkat binaan dari Dinas Perkim-LH Ranah Lansek Manih tersebut, Jorong Koran Nagari Pematang panjang Kecamatan Sijunjung mendapatkan trophy dan sertifikat proklim utama.

Sebagai bagian dari komitmen Indonesia dalam rangka pengendalian perubahan iklim, Kementerian LHK melalui ProKlim mendorong upaya aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat tapak. Melalui ProKlim diharapkan upaya peningkatan ketahahan terhadap dampak negatif perubahan iklim sekaligus pengurangan emisi gas rumah kaca atau GRK dapat dilakukan mulai dari tingkat tapak.

ProKlim merupakan program yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi gas rumah kaca nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

Sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi atas peran aktif para pihak dalam penguatan aksi lokal pengendalian perubahan iklim di tingkat tapak, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah melaksanakan penyerahan Penghargaan Proklim Tahun 2023 dalam acara festival iklim Tahun 2023 dengan tema “bergerak bersama turunkan Emisi Gas Rumah Kaca”. Penghargaan ProKlim Tahun 2023 ini terdiri dari 26 lokasi ProKlim Lestari; 55 ProKlim Utama penerima trophy, sertifikat dan insentif; 442 lokasi penerima Sertifikat Proklim Utama; 10 apresiasi Pembinaan Proklim Tingkat Provinsi 55 apresiasi Pembinaan Proklim Kabupaten/Kota, 23 lembaga/dunia usaha penerima Apresiasi Pendukung ProKlim

Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Perkim-LH pada tahun 2023 telah mengusulkan 4 desa binaan calon proklim. Setelah dilakukan penilaian Kabupaten Sijunjung yang diwakili oleh Jorong Koran Nagari Pematang Panjang Kecamatan Sijunjung mendapatkan trophy dan sertifikat proklim utama yang diserahkan langsung Oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ibu Prof.Dr. Ir.Siti Nurbaya, M. Sc kepada Wali Nagari Pematang Panjang di Audiotarium Dr.Ir.Soedjarwo,Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta pada tanggal 24 Oktober 2023, jelas Arif Meigayanto.

Selain trophy dan sertifikat Proklim Utama, 3 Nagari Lainnya yang diusulkan tahun 2023 ini yakninya Nagari Sumpur Kudus, Nagari Manganti, dan Nagari Unggan juga berhasil mendapatkan sertifikat Kategori Proklim Madya yang di serahkan oleh Dinas Lingkungan Hidup provinsi Sumatera Barat .

Kadis Perkim-lh Mengapresiasi upaya dan prestasi Nagari yang berkontribusi langsung dalam upaya pengendalian perubahan iklim global melalui Program Kampung Iklim (Proklim). Ini akan menjadi program dinas kedepannya bagaimana budaya dan upaya baik ini dapat ditiru dan dilaksanakan oleh Nagari yang lain di kabupaten Sijunjung.harap Arif. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img