Jakarta,-Rabu 30/10, Ketua Umum Partai Nasdem bertemu dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Imam. Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie menengarai adanya permintaan Partai Nasdem yang tidak bisa dipenuhi oleh Presiden Joko Widodo terkait penyusunan kabinet. Hal ini membuat Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bermanuver dengan menggelar pertemuan dengan PKS.
Dalam pertemuan tersebut, keduanya sepakat untuk memperkuat check and balance atau fungsi pengawasan terhadap pemerintah di DPR. “Saya perhatikan sepertinya ada permintaan secara spesifik Nasdem yang tak bisa terpenuhi,” ujar Jerry melalui pesan WA ke redaksi beritasumbar, pada jumat  (01/11).
Menurut Jerry, tak menutup kemungkinan Partai Nasdem tidak merasa puas dengan susunan Kabinet Indonesia Maju. Sebab, ada sejumlah jabatan menteri yang saat ini tidak lagi dipegang oleh kader Partai Nasdem, yakni Menteri Perdagangan dan Jaksa Agung. Pada periode lalu, Menteri Perdagangan dijabat oleh Enggartiasto Lukita dan Jaksa Agung oleh Muhammad Prasetyo.
Keduanya merupakan politisi Partai Nasdem. Indikator lain yakni bergabungnya Partai Gerindra dalam koalisi pendukung pemerintah. Bahkan, setelah pelantikan Presiden Jokowi pada Minggu (20/11/2019) lalu, Surya Paloh sempat melontarkan sinyal menjadi oposisi. Saat itu, kabar Partai Gerindra akan masuk ke dalam kabinet juga tengah menguat.
Kabar ini terbukti benar ketika Presiden Jokowi akhirnya menunjuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

“Apakah Kementerian Perdagangan dan Jaksa Agung bukan lagi dari internal partai Nasdem ataukah masuknya Prabowo, itu memengaruhi sudut pandang Surya Paloh,” kata Jerry. “Saya istilahkan Nasdem ‘ngambek politik’. Padahal, mereka punya tiga menteri di kabinet yakni Menteri Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pertanian Yasin Limpo, dan Menkominfo Johnny G. Plate,” tutur Jerry yang juga konsultan news di BeritaSumbar.com .(*)

Artikel ini juga telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pengamat: Nasdem Ngambek Politik, Tak Puas terhadap Susunan Kabinet”, https://nasional.kompas.com/read/2019/11/01/09230921/pengamat-nasdem-ngambek-politik-tak-puas-terhadap-susunan-kabinet?page=2.

loading...