25 C
Padang
Jumat, Februari 26, 2021
Beritasumbar.com

Jerry Massie, Nasdem Ngambek Politik
J

Kategori -
Jakarta,-Rabu 30/10, Ketua Umum Partai Nasdem bertemu dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Imam. Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie menengarai adanya permintaan Partai Nasdem yang tidak bisa dipenuhi oleh Presiden Joko Widodo terkait penyusunan kabinet. Hal ini membuat Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bermanuver dengan menggelar pertemuan dengan PKS.
Dalam pertemuan tersebut, keduanya sepakat untuk memperkuat check and balance atau fungsi pengawasan terhadap pemerintah di DPR. “Saya perhatikan sepertinya ada permintaan secara spesifik Nasdem yang tak bisa terpenuhi,” ujar Jerry melalui pesan WA ke redaksi beritasumbar, pada jumat  (01/11).
Menurut Jerry, tak menutup kemungkinan Partai Nasdem tidak merasa puas dengan susunan Kabinet Indonesia Maju. Sebab, ada sejumlah jabatan menteri yang saat ini tidak lagi dipegang oleh kader Partai Nasdem, yakni Menteri Perdagangan dan Jaksa Agung. Pada periode lalu, Menteri Perdagangan dijabat oleh Enggartiasto Lukita dan Jaksa Agung oleh Muhammad Prasetyo.
Keduanya merupakan politisi Partai Nasdem. Indikator lain yakni bergabungnya Partai Gerindra dalam koalisi pendukung pemerintah. Bahkan, setelah pelantikan Presiden Jokowi pada Minggu (20/11/2019) lalu, Surya Paloh sempat melontarkan sinyal menjadi oposisi. Saat itu, kabar Partai Gerindra akan masuk ke dalam kabinet juga tengah menguat.
Kabar ini terbukti benar ketika Presiden Jokowi akhirnya menunjuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

“Apakah Kementerian Perdagangan dan Jaksa Agung bukan lagi dari internal partai Nasdem ataukah masuknya Prabowo, itu memengaruhi sudut pandang Surya Paloh,” kata Jerry. “Saya istilahkan Nasdem ‘ngambek politik’. Padahal, mereka punya tiga menteri di kabinet yakni Menteri Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pertanian Yasin Limpo, dan Menkominfo Johnny G. Plate,” tutur Jerry yang juga konsultan news di BeritaSumbar.com .(*)

Artikel ini juga telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pengamat: Nasdem Ngambek Politik, Tak Puas terhadap Susunan Kabinet”, https://nasional.kompas.com/read/2019/11/01/09230921/pengamat-nasdem-ngambek-politik-tak-puas-terhadap-susunan-kabinet?page=2.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pasca Operasi Punggung, Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Dengan wajah pucat, seorang remaja terlihat terbaring lemas di tempat tidur UGD Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, Kamis (18/2).
- Advertisement -

Tim Penilai Dari Provinsi Sambangi Dasawisma Melati 25 Padang Tinggi Piliang

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sambangi Dasawisma Melati 25 Kelurahan Padang Tinggi Piliang yang merupakan wakil Kota Payakumbuh untuk lomba Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang akan bersaing memperebutkan posisi pertama dengan lima dasawisma lainnya di Sumbar.

Pasca Operasi Punggung, Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Dengan wajah pucat, seorang remaja terlihat terbaring lemas di tempat tidur UGD Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, Kamis (18/2).
- Advertisement -

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

BPNB Sumbar dan HWK Sumbar bersama DPD RI Gelar Orasi Pemajuan Kebudayaan Saniangbaka

Saniangbaka memiliki kekayaan dalam seni dan budaya. Nagari yang berada di X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tersebut menonjol dengan kesenian tarinya yang sering ditampilkan pada panggung nasional dan internasional.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...

SEBERKAS CAHAYA DI BUMI MEMPAWAH

“Segelap apapun dunia ini, pasti ada cahayaTergantung bagaimana kita menerimanyaKarena kita manusia dibekali akal fikiranOrang bijak kata; jika tak ada kayu rotanpun jadiMaka, setelah...

KERANJINGAN JADI PEJABAT

“Setiap (pejabat) ketua atau sejenisnya adalah PemimpinTapi setiap Pemimpin belum tentu jadi pejabat,Karena Pemimpin adalah amanah terberat dari-Nya,Maka, tidaklah sulit menjadi pejabat ini dan...

TAN GINDO; APA YANG ENGKAU CARI !?

“Mereka-dia yang berjasa dalam hidupmu,semua yang tersedia dalam jagat rayaSekecil apapun itu, sifat dan ragam bentuknyaSemua adalah ayat-ayat Tuhan yang berjalanBerbagai peristiwa adalah bentuk...

SEKOLAH MERDEKA-KU (2)

"Diri kita bukan hanya milik sendiri, tapi juga orang terdekat,bahkan, darah orang tua dan sanak saudara kita mengalir dalam nadi,namun ingat, ada teman-sahabat dan...

SEKOLAH MERDEKA-KU (1)

“Ketika ruh ditiupkan sang Khalik dalam Rahim ibumu dan diterima,Sebuah modal hidup; mata, mulut, hati dan fikiran dan lainnya sudah tersediaNamun, kenapa engkau penjarakan,...

CUDIN, SAHABAT YANG UNIK

“Siapapun orang disekitarmu atau diluar sana, Mereka adalah mereka, dia adalah dia…! jangan berharap mereka kan pernah menjadi dirimu atau dirimu akan menjadi seperti mereka dan dia berkacalah dan jadilah dirimu sendiri…”

Mama, Aku Pengin Jadi Pilot Pesawat Tempur

“Hidup tanpa cita-cita seperti berlayar tampa nahkoda, …maka bermimpilah, sebelum mimpi itu dilarang”

TAN GINDO NAMAKU

“Lanjutkan perjuangan hingga ajal menjemput, meski sedikit yang penting berarti, selebihnya berarti mati…”
- Advertisement -