30.5 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

Jatah Sertifikat Prona Pesisir Selatan 1.650 Bidang

Painan – Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mendapat jatah 1.650 bidang tanah untuk disertifikasi gratis lewat Proyek Nasional Agraria (Prona) pada 2016.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat, Dedi Fahlepi di Painan, Selasa, menjelaskan jatah yang diterima itu mengalami peningkatan dari 2015 yang hanya 1.330 bidang saja.

Sebab kegiatan Prona merupakan salah satu bentuk dari wujud keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan ekonomi lemah dan menengah.

Dalam pelaksanaannya nanti, kami akan mengalokasikannya pada berbagai kecamatan yang ada di daerah ini yang banyak masyarakat miskinnya, tapi memiliki lahan produktif, jelas dia.

Selain itu kegiatan juga diarahkan pada daerah penyangga kota. Kemudian daerah pinggiran kota atau daerah miskin kota dan daerah pengembangan ekonomi rakyat.

Seluruh biaya penyelenggaraan dan pengelolaan Prona, lanjutnya, sudah ditanggung negara yang dikucurkan melalui APBN.

Sedangkan biaya alas hak, patok batas, materai dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Penghasilan merupakan tanggung jawab peserta Prona.

Kalau di Sumbar, menjadi urusan peserta dengan pemerintahan nagarinya dan ninik mamak (pemuka adat) yang tergabung dalam Karapatan Adat Nagari (KAN), tambahnya.

Ia mengatakan BPN menargetkan besaran jatah Prona selama 2016 dapat terealisasi hingga akhir tahun. Untuk itu ia meminta pemerintahan nagari, unsur ninik mamak dan masyarakat peserta untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut.

Sebab sukses atau tidaknya Prona akan berdampak pada penjatahan tahun berikutnya. Untuk 2015, hingga Desember kita sudah realisasi 83,56 persen. Semoga akhir tahun tuntas, tutupnya. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BPBD Kota Payakumbuh Serahkan Bantuan Untuk 2 Korban Kebakaran Di Parik Rantang

Payakumbuh — Dua pemilik rumah korban kebakaran hebat di Kelurahan Parik Rantang RT 05 RW 04, pada Minggu (18/10/2020) pagi langsung mendapat...

Satlantas Polres Pessel Tertibkan Kendaraan Yang Parkir di Bahu Jalan

Pesisir Selatan,- Satlantas Polres Pesisir Selatan turun menertibkan kendaraan roda dua dan roda empat, dimana bahu jalan di samping rumah sakit RSUD....

Penderita Kanker Darah Ini Terima Bantuan Dari Pimpinan Klinik Puti

Padang Pariaman,- dr.Zunirman kembali mengunjungi penderita Penyakit Kanker Darah (Leukemia) Sri Handayani warga Korong Pasa Kandang,Nagari Balah Hilie,Kecamatan Lubuk Alung,Kabupaten Padang Pariaman,...

Jalfriman: Tanah Datar Unggul Dan Sejahtera Bersama Darma Tani

Tanah Datar, -Pesta demokrasi 2020 terasa makin dekat, begitu juga halnya terhadap dukungan makin mengalir dan berdatangan baik dari masayarakat maupun dari...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -