25 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

Menteri Pertanian Canangkan Gerakan Tanam Padi Serentak
M

Kategori -

Padangpariaman – Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menghadiri pencanangan gerakan tanam padi serentak di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, sekaligus penetapan target panen padi nasional 2016 sebesar 78 juta ton.

Alhamdulillah hari ini semua petani kita di seluruh Indonesia melakukan gerakan penanaman padi serentak guna secara bersama-sama mewujudkan swasembada pangan pada 2017, katanya di Nagari Sungai Buluah, Padangpariaman, Selasa.

Ia mengatakan sejak dimulainya program swasembada pangan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 2014, setiap tahun terjadi kenaikan produktivitas padi secara nasional rata-rata sebesar 5,28 persen.

Dengan luas lahan pertanian kita mencapai 14,8 juta hektare dengan dua kali masa panen dalam setahun, maka kita optimistis target panen padi nasional sebesar 78 juta ton pada 2016 akan tercapai, bahkan bisa terlampaui, ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian selalu memberikan bantuan pupuk maupun peralatan pertanian modern berupa mesin hand tractor kepada para petani, agar mereka bisa memacu produktivitas padi guna mewujudkan swasembada pangan nasional 2017.

Kita tidak hanya memberikan bantuan pupuk atau pun alat-alat pertanian modern kepada petani, bahkan Kementerian Pertanian juga membantu pemerintah daerah membuat saluran irigasi tersier guna mencukupi pengairan sawah-sawah petani, katanya.

Kementan juga fokus meningkatkan kualitas dan keilmuan tata cara bercocok tanam kepada petani dengan memperbanyak tenaga penyuluh dalam melakukan pendampingan, serta pelatihan kepada para petani terutama pada musim tanam.

Kita juga memberikan apresiasi kepada para tenaga penyuluh yang sehari-hari selalu memberikan pendampingan, maupun pelatihan kepada para petani demi meningkatkan produktivitas maupun kualitas tanaman padi. Untuk itu pada 2016 kita mengusulkan kepada Kemen-PAN mereka bisa diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil dalam bentuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak sesuai dengan aturan yang berlaku, kata dia.

Sementara itu Pj Bupati Padangpariaman, Rosnini Savitri mengatakan pada Desember ini merupakan waktu yang tepat bagi pemerintah pusat untuk mencanangkan gerakan tanam padi serentak, dimana saat ini musim hujan sedang berlangsung.

Menurut data BPS luas areal lahan pertanian di Padangpariaman mencapai 59.786 hektare dengan produktivitas tanaman padi rata-rata sebesar 5,4 ton/ha per tahun, pada 2015 Padangpariaman berhasil memproduksi 296.082 ton gabah kering sesuai target yang ditetapkan Pemprov Sumbar, ujarnya.

Selain itu tambahnya, Padangpariaman pada 2015 juga menerapkan program khusus di bidang pertanian untuk meningkatkan jumlah produksi pangan strategis seperti jagung, kedelai, singkong, dan lainnya guna membantu pemerintah pusat dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Saya kira program ini sangat baik guna mendukung serta mewujudkan ketahanan pangan nasional 2017, dan yang paling penting bagi kita di daerah sektor pertanian ini penyumbang tertinggi Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar 23,02 persen dari total pendapatan lain, ujarnya.
Ia memaparkan tahun ini di sektor pertanian Padangpariaman sudah menerapkan tanam padi jajar legowo dengan luas lahan mencapai 2.500 hektare.
Kita berharap dengan telah dilaksanakan pencanangan gerakan tanam padi serentak oleh Pak Menteri di Padangpariaman, maka target panen padi nasional 201

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.
- Advertisement -

Seluruh Jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang Ikuti Takbiran Virtual

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang, beserta seluruh jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Semarak Malam Takbiran Idhul Adha Virtual bersama Presiden Republik Indonesia, Senin (19/07/2021) Pukul 19.30 Wib secara Virtual via Zoom Meeting, Channel You Tube, Tv Nasional, dan Medsos Kementerian Agama Republik Indonesia

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -