31 C
Padang
Jumat, April 12, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Jaring Peserta Program JKN, BPJS Kesehatan Roadshow ke-Nagari-nagari
J

- Advertisement -

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,- Guna mewujudkan capaian Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Lima Puluh Kota pada 1 Januari 2019, BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh melakukan Roadshow pelayanan pendaftaran kepesertaan program JKN hingga ke pelosok desa terjauh di daerah itu.
“Kita terus melakukan upaya untuk mendekatkan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat sampai Desa-desa terjauh. Dengan kegiatan Roadshow ini kita berharap masyarakat bisa mendaftar menjadi peserta JKN tanpa harus datang kekantor BPJS Kesehatan di Payakumbuh, cukup dikantor Nagari dan Kecamatan,” sebut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Ryan Abdullah Putra, kepada awak media.
Disampaikannya, sesuai dengan target Pemerintah bahwa pada 1 Januari 2019 seluruh masyarakat Indonesia sudah terkaver program JKN-KIS, begitu juga di Kabupaten Lima Puluh Kota. Tentu sebut Ryan Abdullah Putra, berbagai upaya untuk mewujudkan capaian 100 persen penduduk Lima Puluh Kota terkaver program JKN-KIS terus digenjot. Yang mana per 5 September 2018 kemarin di data kita sudah mencapai 67,21%. Dari total penduduk Kab. Lima Puluh Kota sebanyak 375.478 yang sudah menjadi peserta JKN-KIS sebanyak 252.363, sisa sebanyak 123.115 orang lagi yang menjadi tugas kita bersama-sama bagaimana supaya kesehatan seluruh masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota terkaver Jaminan Kesehatan Nasional”, (Sumber data Aplikasi BI BPJS Kesehatan pertanggal 5 Sept 2018)
“Sekarang ini kita lakukan Roadshow ke-Nagari-nagari dan Kecamatan secara bergantian. Tentu kita harapkan peran serta Pemerintah Nagari untuk bisa menyampaikan kepada masyarakat begitu juga di Kecamatan. Sehingga bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta program JKN-KIS untuk segera mendaftar melalui pelayanan pendaftaran Roadshow petugas BPJS Kesehatan ke-Nagari-nagari,” ajak Ryan begitu Kepala Cabang BPJS Kesehatan Payakumbuh ini di sapa.
Untuk Jadwal Roadshow BPJS Kesehatan ke Nagari” di Kabupaten Lima Puluh Kota ini yaitu Untuk Minggu ke 2 dan ke 4 September 2018 yaitu Nagari Tungka, Mungo, Maek, Koto Tangah Batu Hampar dan Pangkalan. Sedangkan pada Minggu ke 3 September dan Minggu ke 1 Oktober 2018 Nagari Situjuh Batua, Mungka, Guguak, Sialang dan Gunung Malintang.
Tidak tertutup kemungkinan terang Ryan, petugas BPJS Kesehatan berkantor di nagari selama satu hari. Dengan begitu masyarakat bisa melakukan pendaftaran kepesertaan JKN sekaligus melakukan pembayaran iuran bulanan. Meski saat ini peserta JKN mandiri bisa membayar iuran di kantor Pos, Bank dan tempat perbelanjaan lainnya.
“Bisa saja nanti petugas BPJS Kesehatan berkantor satu hari di Nagari-Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota. Ini bukti kita melayani sepenuh hati, kita jemput bola dan memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kita. Dengan harapan masyarakat segera mendaftar agar capaian UHC di Lima Puluh Kota terwujud sesuai target,” harapnya.
Salah seorang masyarakat Lima Puluh Kota, mengaku puas dengan layanan pendaftaran kepesertaan program JKN di Nagari. Menurutnya, masyarakat tidak perlu membuang waktu satu hari untuk pergi kekantor BPJS Kesehatan di Payakumbuh untuk mendaftar. Disamping menghemat waktu, juga memanimalisir pengeluaran.
“Dengan adanya Roadshow pelayanan pendaftaran BPJS Kesehatan di Kantor-Kantor Nagari dan Kecamatan tentu ini kabar gembira bagi masyarakat. Karena kami tidak perlu menghabiskan waktu untuk datang kekantor BPJS Kesehatan di Payakumbuh dan juga hemat pengeluaran,” sebutnya mengapresiasi pelayanan BPJS Kesehatan. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img