28 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Jangan Jualan Petasan, Satpol PP Solok Selatan Akan Razia
J

Kategori -

Padang Aro, Sumbar – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), akan melakukan razia petasan untuk memberikan ketenangan bagi umat Islam melaksanakan ibadah Ramadhan 1436 Hijriyah.

“Kita akan melakukan operasi pada minggu pertama Ramadhan dan pedagang yang menjual petasan akan ditindak, sehingga tidak mengganggu kenyamanan dan ketenteraman masyarakat yang akan beribadah,” kata Kepala Satpol PP Solok Selatan, Nursyamsi di Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, untuk melakukan operasi ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian setempat dan semua petasan yang ditemukan akan disita dan dimusnahkan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk razia petasan dan akan memusnahkan petasan, karena sangat mengganggu ketentraman serta kenyamanan ibadah selama Ramadhan,” katanya.

Dikatakannya, pihaknya juga akan melakukan razia tanpa polisi jika masih ada laporan maupun keluhan masyarakat soal petasan ini.

“Kita berharap masyarakat ikut serta dalam menekan peredaran petasan dengan melarang anaknya membeli,” katanya.

Selama ini, katanya, yang menjadi kebiasaan anak-anak atau remaja yaitu membakar petasan dan melemparkannya pada orang lain.

Dengan demikian orang yang tidak tahu katanya, akan terkejut dan yang melempar akan tertawa dan itu harus dihilangkan sekarang, untuk itu butuh dukungan orang tua.

Warga Sungai Landeh Nagari Lubuak Gadang Timur, Kecamatan Sangir, Edi Maries mengatakan, sekarang petasan sudah banyak terdengar di lingkungan tempat tinggalnya dengan berbagai tingkatan bunyi.

“Sudah satu minggu ini petasan sering terdengar dan bunyinya juga sangat keras dan sangat mengganggu,” katanya.

Menurut dia, petasan baru mulai terdengar ketika masuk maggrib dan yang memainkannya juga anak-anak yang tidak tahu bahayanya.

Jika dibiarkan saja katanya, dikhawatirkan akan menimbulkan korban seperti terbakar atau orang tua yang sakit bisa terkejut dan berakibat fatal.

Dia berharap, pemerintah daerah maupun kepolisian secepatnya bisa memberantas peredaran petasan ini karena saat ini anak-anak sangat mudah mendapatkannya.

“Dengan harga Rp5 ribu anak-anak sudah bisa mendapatkan petasan yang cukup banyak dan kita berharap pemerintah dan polisi segera melakukan razia untuk menghentikan jual beli petasan dengan bebas,” katanya.

(Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.
- Advertisement -

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -