22 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Jalan By Pass Padang Berganti Nama Dengan Jalan Suharto
J

Kategori -

Nama man­tan presiden Soeharto masuk dalam rencana walikota Padang, Fauzi Bahar sebagai pengganti nama jalan By Pass. Selain nama pemimpin orde baru yang memimpin selama 32 tahun itu, nama Ketua PDRI Mr Syafruddin Prawiranegara dan Walikota Padang pertama Bagindo Aziz Chan masuk sebagai pengganti.

“Kami berencana mengubah nama jalan By Pass sepanjang 27 km itu. Bukan lagi dengan nama By Pass tetapi nama pahlawan,” kata Wa­likota Padang, Fauzi Bahar ke­pada Haluan, Selasa (22/1) kemarin.

Dia menyebut jalan lingkar luar kota Padang sepanjang 27 kilometer (km) itu akan dibagi menjadi tiga ruas, masing-masing 9 km. Bagian pertama dari fly over Duku hingga Air Pacah diganti menjadi jalan Mr.

Syafruddin Prawiranegara. Kemu­dian dari Air Pacah tepat di depan perkantoran walikota Padang hingga Simpang Lubuk Begalung (Lubeg), akan dijadikan nama Jalan Jende­ral Besar HM Soeharto, dan dari Lubeg hingga Teluk Bayur diganti dengan nama Jalan Bagindo Aziz Chan.

“Kami akan ajukan ketiga nama tersebut ke DPRD, untuk dijadikan pengganti jalan By Pass,” lanjutnya. Dia mengatakan ketiga nama terse­but patut mendapatkan penghargaan dengan diabadikan sebagai nama jalan.

Meski mengakui kemungkinan adanya protes dari masyarakat soal penggantian nama tersebut, Fauzi tidak mempersoalkannya. Karena bagi dia ketiga nama tersebut sangat pantas diabadikan sebagai nama jalan.

Soeharto misalnya, menurut Fauzi meski sepanjang masa jabatannya dipenuhi dengan berba­gai kontroversi, tetapi berjasa membawa Indonesia disegani di mata dunia dan menumpas gerakan 30 September PKI.

“Beliau berjasa besar menum­pas Gestapu, kalau tidak karena beliau mungkin sekarang negara kita sudah komunis,” sebutnya.

Sementara itu, meski jalan Bagindo Aziz Chan sudah ada, Fauzi menilai jalan tersebut terlalu pendek, hanya sekitar satu kilome­ter. Jalan tersebut katanya akan digabungkan dengan jalan Jenderal Sudirman. Sementara jalan Bagin­do Aziz Chan diusulkan mengganti jalan By Pass sepanjang Lubeg sampai Teluk Bayur.

Soeharto Minim Peran di Sumbar
Menanggapi rencana pemerintah kota tersebut, sejarawan dari Universitas Andalas (Unand), Gusti Asnan menyambut baik peng­gantian jalan By Pass dengan nama pahla­wan. Tetapi dia mengusulkan sebelum nama-nama yang diren­canakan pemko dibahas di DPRD Padang, sebaiknya nama tersebut dirembukkan dulu dengan tokoh-tokoh masyarakat Padang.

“Saya mendukung nama By Pass diganti dengan nama pahlawan, tetapi sebelum diajukan di DPRD, sebaiknya dirembukkan dulu dengan tokoh masyarakat yang bisa dimin­tai masukan,” katanya, Selasa (22/1).

Tiga nama yang direncanakan Pemko Padang menurut Gusti adalah tokoh-tokoh besar. Seperti Mr Syafruddin Prawiranegara misalnya, dia nilai pantas karena sudah diangkat sebagai pahlawan nasional. Selain itu Syafruddin juga Ketua Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) berlokasi di Sumbar, juga pemimpin Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) yang pengaruhnya sangat besar di Sumbar.

Demikian pula dengan nama Bagindo Aziz Chan yang dikenal sebagai pahlawan kemerdekaan. Namanya bahkan sudah diaba­dikan untuk nama jalan dan gedung di Padang. “Tetapi nama Soeharto ini saya rasa kurang tepat, karena masih menjadi polemik yang sampai sekarang belum tuntas. Beliau pun juga belum diakui sebagai pahla­wan nasional,” ujar Gusti.

Dia menyebut, meski berperan dalam penumpasan gerakan 30 September 1965, perkara Soeharto masih menimbulkan kontroversi, dan peranannya di Sumbar pun terhitung minim.

“Saya rasa masih ada nama lain yang perlu dikedepankan,” katanya. Dia mencontohkan nama Tan Malaka yang hanya diabadikan untuk jalan gang sepanjang tidak sampai satu kilometer di Jati.

Peranan Tan Malaka untuk Indonesia, dia nilai jauh lebih besar dari ketiga nama tadi. Begitu pula halnya dengan tokoh-tokoh Sumbar lainnya seperti Mohammad Natsir yang belum diabadikan namanya sebagai nama jalan di Padang. (Haluan)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.
- Advertisement -

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...
- Advertisement -

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -