23 C
Padang
Kamis, April 22, 2021
Beritasumbar.com

Jalan By Pass Padang Berganti Nama Dengan Jalan Suharto
J

Kategori -

Nama man­tan presiden Soeharto masuk dalam rencana walikota Padang, Fauzi Bahar sebagai pengganti nama jalan By Pass. Selain nama pemimpin orde baru yang memimpin selama 32 tahun itu, nama Ketua PDRI Mr Syafruddin Prawiranegara dan Walikota Padang pertama Bagindo Aziz Chan masuk sebagai pengganti.

“Kami berencana mengubah nama jalan By Pass sepanjang 27 km itu. Bukan lagi dengan nama By Pass tetapi nama pahlawan,” kata Wa­likota Padang, Fauzi Bahar ke­pada Haluan, Selasa (22/1) kemarin.

Dia menyebut jalan lingkar luar kota Padang sepanjang 27 kilometer (km) itu akan dibagi menjadi tiga ruas, masing-masing 9 km. Bagian pertama dari fly over Duku hingga Air Pacah diganti menjadi jalan Mr.

Syafruddin Prawiranegara. Kemu­dian dari Air Pacah tepat di depan perkantoran walikota Padang hingga Simpang Lubuk Begalung (Lubeg), akan dijadikan nama Jalan Jende­ral Besar HM Soeharto, dan dari Lubeg hingga Teluk Bayur diganti dengan nama Jalan Bagindo Aziz Chan.

“Kami akan ajukan ketiga nama tersebut ke DPRD, untuk dijadikan pengganti jalan By Pass,” lanjutnya. Dia mengatakan ketiga nama terse­but patut mendapatkan penghargaan dengan diabadikan sebagai nama jalan.

Meski mengakui kemungkinan adanya protes dari masyarakat soal penggantian nama tersebut, Fauzi tidak mempersoalkannya. Karena bagi dia ketiga nama tersebut sangat pantas diabadikan sebagai nama jalan.

Soeharto misalnya, menurut Fauzi meski sepanjang masa jabatannya dipenuhi dengan berba­gai kontroversi, tetapi berjasa membawa Indonesia disegani di mata dunia dan menumpas gerakan 30 September PKI.

“Beliau berjasa besar menum­pas Gestapu, kalau tidak karena beliau mungkin sekarang negara kita sudah komunis,” sebutnya.

Sementara itu, meski jalan Bagindo Aziz Chan sudah ada, Fauzi menilai jalan tersebut terlalu pendek, hanya sekitar satu kilome­ter. Jalan tersebut katanya akan digabungkan dengan jalan Jenderal Sudirman. Sementara jalan Bagin­do Aziz Chan diusulkan mengganti jalan By Pass sepanjang Lubeg sampai Teluk Bayur.

Soeharto Minim Peran di Sumbar
Menanggapi rencana pemerintah kota tersebut, sejarawan dari Universitas Andalas (Unand), Gusti Asnan menyambut baik peng­gantian jalan By Pass dengan nama pahla­wan. Tetapi dia mengusulkan sebelum nama-nama yang diren­canakan pemko dibahas di DPRD Padang, sebaiknya nama tersebut dirembukkan dulu dengan tokoh-tokoh masyarakat Padang.

“Saya mendukung nama By Pass diganti dengan nama pahlawan, tetapi sebelum diajukan di DPRD, sebaiknya dirembukkan dulu dengan tokoh masyarakat yang bisa dimin­tai masukan,” katanya, Selasa (22/1).

Tiga nama yang direncanakan Pemko Padang menurut Gusti adalah tokoh-tokoh besar. Seperti Mr Syafruddin Prawiranegara misalnya, dia nilai pantas karena sudah diangkat sebagai pahlawan nasional. Selain itu Syafruddin juga Ketua Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) berlokasi di Sumbar, juga pemimpin Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) yang pengaruhnya sangat besar di Sumbar.

Demikian pula dengan nama Bagindo Aziz Chan yang dikenal sebagai pahlawan kemerdekaan. Namanya bahkan sudah diaba­dikan untuk nama jalan dan gedung di Padang. “Tetapi nama Soeharto ini saya rasa kurang tepat, karena masih menjadi polemik yang sampai sekarang belum tuntas. Beliau pun juga belum diakui sebagai pahla­wan nasional,” ujar Gusti.

Dia menyebut, meski berperan dalam penumpasan gerakan 30 September 1965, perkara Soeharto masih menimbulkan kontroversi, dan peranannya di Sumbar pun terhitung minim.

“Saya rasa masih ada nama lain yang perlu dikedepankan,” katanya. Dia mencontohkan nama Tan Malaka yang hanya diabadikan untuk jalan gang sepanjang tidak sampai satu kilometer di Jati.

Peranan Tan Malaka untuk Indonesia, dia nilai jauh lebih besar dari ketiga nama tadi. Begitu pula halnya dengan tokoh-tokoh Sumbar lainnya seperti Mohammad Natsir yang belum diabadikan namanya sebagai nama jalan di Padang. (Haluan)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dukung Rencana Pemko, Ini Agenda Hearing Pansus Aset DPRD Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Payakumbuh, DPRD setempat menggelar Rapat Internal Panitia Khusus (Pansus) Aset yang digelar di Ruang Sidang Paripurna, Sabtu (17/4).
- Advertisement -

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Tidak Ada Penambahan Kasus, Tiga Orang Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sempat terjadi peningkatan kasus sejak awal Ramadhan lalu, Senin (19/04) tidak ada penambahan kasus Covid-19 di Kota Payakumbuh, dan tiga warga Payakumbuh dinyatakan bebas isolasi.

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -