Diperkirakan perbaikan jalan butuh waktu sebulan

Curah hujan yang tinggi mengguyur sebagian wilayah Sumatera Barat pada Rabu kemarin (18/2), membuat jalan provinsi yang menghubungkan dua kecamatan terputus. Akibat akses jalan menuju Kecamatan Matur dan Kecamatan Palembayan amblas, aktivitas perekonomian warga kedua kawasan itu pun terganggu.

Sebelumnya, meski jalan tersebut masih bisa dilalui kendaraan roda empat. Namun, sejak siang tadi, akses itu sudah tak bisa dilalui kendaraan sama sekali.

Jalan yang amblas sepanjang kurang lebih 100 meter, dengan kedalaman sekitar dua meter. Hingga saat ini kondisinya masih rawan dan berpotensi amblas susulan. Sangat membahayakan, karena pengendara bisa terperosok ke jurang sedalam 300 meter.

Karena amblas, ruas jalan pun menyempit sehingga hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua. Itu pun harus ekstra hati-hati, karena berisiko jatuh ke jurang.

Untuk mencapai Kecamatan Palembayan, dari Kota Bukittinggi warga harus ambil jalan memutar melalui Maninjau atau Lubuk Basung, Ibu Kota Kabupaten Agam yang jarak tempuhnya mencapai 50 kilometer atau memakan waktu empat jam perjalanan.

Rencananya, perbaikan jalan ini akan dilakukan oleh pihak-pihak terkait. Diperkirakan perbaikannya butuh waktu selama sebulan.

Laporan: Donal Chaniago/tvOne
Oleh: Mohammad Adam/vivanews
loading...