25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Jadi Teman Bincang Bumiy, Wawako Erwin : Banyak Takut Covid-19, Tapi Tak Mau Jalankan Protokol Kesehatan
J

Kategori -

Payakumbuh — Wakil Wali Kota Erwin Yunaz ikut dalam Bincang Bumiy, sebuah talkshow santai yang mengedukasi, dipandu oleh Miya Maharani. Kali ini topik yang dibahas adalah “Covid Bukan Aib”, Minggu, 6 September 2020, pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Dalam talkshow secara video conference lewat aplikasi Zoom itu dibahas bagaimana jika kita terpapar Covid-19? Apa yang kita lakukan untuk menghindar? Vaksin apa kabar? Apa iya vitamin bisa mencegah Covid-19? dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Selain Wawako Erwin, ada juga dokter ahli yang didaulat jadi teman bincang seperti drg. Harfindo Nismal, Sp.BM – Wakil Ketua Tim Layanan Covid-19 Rumah Sakit Universitas Andalas, dr. Muhammad Fadil, Sp.JP., FIHA – dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Umum Pusat M. Djamil, dan N. Rachmadanur, SKM., MKM – dosen Poltekes Kemenkes Padang.

Acara ini juga disiarkan live facebook @bumiy21 dan gratis bagi khalayak umum.

Wawako Erwin Yunaz menyebut pandemi Covid-19 menuntut pemerintah untuk memberikan infromasi yang mudah dicerna masyarakat. Dikatakan, saat ini masih banyak yang kurang memahami karena minimnya sosialisasi.

“Minim sosialiasi ini karena spanduk informasi tidak dibaca, membaca beritapun tidak memperhatikan. Akhirnya masyarakat menakuti Covid-19 dengan cara tidak tepat. Mereka takut Covid-19, tapi tak mau menjalankan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Kemudian, Wawako yang saat ini juga sebagai pasien terpapar Covid-19 disana juga mencontohkan bagaimana orang-orang dapat berlaku kepada orang yang terjangkit Covid-19.

“Apa yang kita lakukan, bagaimana penanganannya dan saat isolasi mandiri apa saja yang kita laksanakan. Kegiatan ini bisa memberi masyarakat informasi yang lebih baik lagi. Apa yang harus dilakukan seandainya mereka juga terjangkit,” kata Erwin Yunaz.

Sementara itu, Moderator Bincang Bumiy, Miya Maharani saat dihubungi usai kegiatan itu, menyebut latar belakang Wakil Wali Kota Payakumbuh menjadi teman bincang karena Erwin Yunaz adalah salah satu sosok pemimpin di Sumbar yang berani membuat statement kalau dirinya terpapar Covid-19, dan itu perdana di Sumbar.

“Jadi sebenarnya kita ingin menjadikan apa yang dilakukan Beliau sebagai contoh buat masyarakat,” tegasnya.

Bahkan Miya menyebutkan di dalam talkshow itu, ada bahasan tentang kondisi yang terjadi saat ini dimana sosialisasi Covid-19 memang belum maksimal.

“Seperti contoh di Kota Padang hanya melalui mobil penerangan yang orang juga gak bisa dengar jelas apa pesannya,” katanya.

“Tadi ada disarankan untuk sosialisasi menggunakan cara-cara kreatif, yang bisa menarik perhatian orang dan bisa melalui media sosial atau pun media elektronik (yang paling banyak diakses masyarakat saat ini). Bisa juga melalui rumah-rumah ibadah,” tukuknya menambahkan.

Kemudian, diterangkan Miya lagi, ada pembahasan kalau aturan mengikuti protokol kesehatan memang ada, tetapi pengawasan dan monitoring di lapangan sangat minim. Tempat-tempat umum tidak semuanya menjalankan protokol kesehatan ketika kedatangan pelanggan, dan ini tidak ada pula diawasi apalagi ditindak karena Peraturan Daerah (Perda) pun belum keluar.

“At least, ada monitoring yang mengingatkan mereka. Kami paham bahwa petugas mungkin jumlahnya tidak seberapa, tetapi masukan dari pendengar tadi yaitu bisa juga dilibatkan pemuda atau organisasi dalam suatu desa/kelurahan dengan aturan manajemen yang sudah ditentukan sebelumnya supaya tidak pula membuat kerumunan baru,” ungkapnya.

“Sosialisasi kepada grass root seperti ketua-ketua RT atau ketua-ketua jorong sangat dibutuhkan karena mereka adalah tumpuan masyarakat, jangan justru mereka yang membuat stigma Covid-19 itu adalah aib,” tambahnya.

Sementara itu, dapat diambil pesan dari para dokter pembicara dalam talkshow tersebut untuk seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder.

“Sekarang kita sedang ditantang rasa persatuan bangsanya, bahwa Covid-19 merupakan musuh kita bersama dan kita sudah ada andil masing-masing di dalamnya. Pemerintah mengeluarkan kebijakan dan aturan, media mengelola informasi yang masuk ke masyarakat, masyarakat disiplin protokol kesehatan, dan tenaga media menjaga benteng terakhir. Kita harus bersatu padu dan berjalan di jalurnya masing-masing sehingga sinergi dalam melawan covid ini bisa maksimal,” pungkasnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.
- Advertisement -

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).
- Advertisement -