24 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Jadi Teman Bincang Bumiy, Wawako Erwin : Banyak Takut Covid-19, Tapi Tak Mau Jalankan Protokol Kesehatan
J

Kategori -

Payakumbuh — Wakil Wali Kota Erwin Yunaz ikut dalam Bincang Bumiy, sebuah talkshow santai yang mengedukasi, dipandu oleh Miya Maharani. Kali ini topik yang dibahas adalah “Covid Bukan Aib”, Minggu, 6 September 2020, pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Dalam talkshow secara video conference lewat aplikasi Zoom itu dibahas bagaimana jika kita terpapar Covid-19? Apa yang kita lakukan untuk menghindar? Vaksin apa kabar? Apa iya vitamin bisa mencegah Covid-19? dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Selain Wawako Erwin, ada juga dokter ahli yang didaulat jadi teman bincang seperti drg. Harfindo Nismal, Sp.BM – Wakil Ketua Tim Layanan Covid-19 Rumah Sakit Universitas Andalas, dr. Muhammad Fadil, Sp.JP., FIHA – dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Umum Pusat M. Djamil, dan N. Rachmadanur, SKM., MKM – dosen Poltekes Kemenkes Padang.

Acara ini juga disiarkan live facebook @bumiy21 dan gratis bagi khalayak umum.

Wawako Erwin Yunaz menyebut pandemi Covid-19 menuntut pemerintah untuk memberikan infromasi yang mudah dicerna masyarakat. Dikatakan, saat ini masih banyak yang kurang memahami karena minimnya sosialisasi.

“Minim sosialiasi ini karena spanduk informasi tidak dibaca, membaca beritapun tidak memperhatikan. Akhirnya masyarakat menakuti Covid-19 dengan cara tidak tepat. Mereka takut Covid-19, tapi tak mau menjalankan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Kemudian, Wawako yang saat ini juga sebagai pasien terpapar Covid-19 disana juga mencontohkan bagaimana orang-orang dapat berlaku kepada orang yang terjangkit Covid-19.

“Apa yang kita lakukan, bagaimana penanganannya dan saat isolasi mandiri apa saja yang kita laksanakan. Kegiatan ini bisa memberi masyarakat informasi yang lebih baik lagi. Apa yang harus dilakukan seandainya mereka juga terjangkit,” kata Erwin Yunaz.

Sementara itu, Moderator Bincang Bumiy, Miya Maharani saat dihubungi usai kegiatan itu, menyebut latar belakang Wakil Wali Kota Payakumbuh menjadi teman bincang karena Erwin Yunaz adalah salah satu sosok pemimpin di Sumbar yang berani membuat statement kalau dirinya terpapar Covid-19, dan itu perdana di Sumbar.

“Jadi sebenarnya kita ingin menjadikan apa yang dilakukan Beliau sebagai contoh buat masyarakat,” tegasnya.

Bahkan Miya menyebutkan di dalam talkshow itu, ada bahasan tentang kondisi yang terjadi saat ini dimana sosialisasi Covid-19 memang belum maksimal.

“Seperti contoh di Kota Padang hanya melalui mobil penerangan yang orang juga gak bisa dengar jelas apa pesannya,” katanya.

“Tadi ada disarankan untuk sosialisasi menggunakan cara-cara kreatif, yang bisa menarik perhatian orang dan bisa melalui media sosial atau pun media elektronik (yang paling banyak diakses masyarakat saat ini). Bisa juga melalui rumah-rumah ibadah,” tukuknya menambahkan.

Kemudian, diterangkan Miya lagi, ada pembahasan kalau aturan mengikuti protokol kesehatan memang ada, tetapi pengawasan dan monitoring di lapangan sangat minim. Tempat-tempat umum tidak semuanya menjalankan protokol kesehatan ketika kedatangan pelanggan, dan ini tidak ada pula diawasi apalagi ditindak karena Peraturan Daerah (Perda) pun belum keluar.

“At least, ada monitoring yang mengingatkan mereka. Kami paham bahwa petugas mungkin jumlahnya tidak seberapa, tetapi masukan dari pendengar tadi yaitu bisa juga dilibatkan pemuda atau organisasi dalam suatu desa/kelurahan dengan aturan manajemen yang sudah ditentukan sebelumnya supaya tidak pula membuat kerumunan baru,” ungkapnya.

“Sosialisasi kepada grass root seperti ketua-ketua RT atau ketua-ketua jorong sangat dibutuhkan karena mereka adalah tumpuan masyarakat, jangan justru mereka yang membuat stigma Covid-19 itu adalah aib,” tambahnya.

Sementara itu, dapat diambil pesan dari para dokter pembicara dalam talkshow tersebut untuk seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder.

“Sekarang kita sedang ditantang rasa persatuan bangsanya, bahwa Covid-19 merupakan musuh kita bersama dan kita sudah ada andil masing-masing di dalamnya. Pemerintah mengeluarkan kebijakan dan aturan, media mengelola informasi yang masuk ke masyarakat, masyarakat disiplin protokol kesehatan, dan tenaga media menjaga benteng terakhir. Kita harus bersatu padu dan berjalan di jalurnya masing-masing sehingga sinergi dalam melawan covid ini bisa maksimal,” pungkasnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan Pembentukan Kampung Dan Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti hasil rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, Pemko Payakumbuh menggelar rapat persiapan pembentukan kampung tangguh dan program sekolah tangguh yang bertempat di Ruang Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat(8/1/2021).

Turun Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor, Kapolres Pessel Serahkan Bantuan

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.Ik turun menuju lokasi longsor di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Lokasi longsor ini ada sekitar 35 km dari jalan nasional yang melintasi kabupaten ini.
- Advertisement -

Momen Goro Di NDB, F-WIN Turun Tangan Bareng Nilmaizar

Momen langka terjadi di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB). Wali Kota Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz (F-Win) bersama mantan pelatih Tim Nasional Indonesia Nil Maizar turun lapangan bahu-membahu bergotong royong (Goro) bersama masyarakat setempat membersihkan pekarangan kantor lurah NDB, Jumat (08/01).

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.
- Advertisement -