29 C
Padang
Sabtu, April 20, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Jadi Bhabinkamtibmas, Aiptu Doni Sandra SE Tingkatkan Peran Masyarakat Dalam Kamtibmas
J

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,Beritasumbar.com,- Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) harus melibatkan segala lini. Baik dari unsur pihak berwajib seperti kepolisian dengan babhinkamtibmas maupun dari TNI (Babinsa) maupun masyarakat sekitar.

Sebagai babhinkamtibmas Aiptu Doni Sandra SE support warga Parik Muko Aia Kecamatan lampasi Tigo Nagari dalam menjaga kamtibmas di kelurahan mereka. Bahkan Aiptu Doni rela merogoh kantong untuk membangun poskamling untuk tempat warga berjaga jaga alias ronda.

Aiptu Doni Sandra SE, yang ditugaskan sebagai babhinkamtibmas di Kelurahan Parik Muko Aia Kecamatan lampasi Tigo Nagari bangun pos ronda di kelurahan tersebut beberapa waktu lalu.

Adanya poskamling dalam lingkungan masyarakat sangat membantu dalam menjaga kamtibmas.

Untuk Untuk pembiayaan pembangunan poskamling tersebut Aiptu Doni Sandra SE rogoh kantong sendiri. Uang tunjangan dan hasil bekerja sebagai ojek online digunakan untuk pembangunan poskambing tersebut. Pengerjaan dilaksanakan dengan goro bersama warga setempat.

Dalam pendirian Poskamling ini, Doni rela menggunakan dana tunjangan operasional Bhabinkamtibmasnya dari bulan januari hingga bulan Agustus 2023, yang mestinya digunakan untuk operasional sebagai bhabinkamtibmas

Alhamdulillah perjuangan personil Polsekta Payakumbuh ini berbuah penghargaan dari Pemko Payakumbuh pada peringatan HUT RI 17 Agustus lalu.

Saat bincang bincang dengan media ini pada Senin 11/9/23 Aiptu Doni menceritakan perjalanan pembangunan pos ronda di lokasi penghubung duo kelurahan di dua kecamatan. Bahkan merupakan perlintasan masyarakat Kota Payakumbuh ke Kabupaten Limapuluh Kota.

Bagaimanapun saat ini kita harus ekstra hati hati dalam menjaga kamtibmas, cerita Doni. Lokasi kita bangun pos ronda selain perlintasan juga termasuk wilayah rawan tindak kejahatan. Apalagi sekarang jalan sudah mulus. kata Aiptu Doni.

Dulu lokasi ini sering jadi lokasi transaksi narkoba dan tidak dipungkiri juga bisa jadi lokasi perbuatan asusila melihat kondisi sepi. Doni juga menambahkan dengan maraknya pencurian sapi saat ini sangat penting adanya pos pos untuk masyarakat berjaga. Apalagi kita berada di pinggiran kota yang berbatasan dengan Kabupaten Limapuluh Kota, Kata Aiptu Doni Sandra SE.

Kita melihat masyarakat sangat antusias dan respon dengan cara kita meningkatkan kamtibmas dikampung mereka, cerita Doni.

Lokasi Pos Kamling yang dibangun berada di RW/RT 002/003 Kelurahan Parik Muko Aia dekat aliran irigasi batang pulau Berbatasan langsung dengan Payonibuang Kelurahan taratak Padang Kampuang payakumbuh Utara.

Saat ini poskamling tersebut sudah dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk ronda pada malam hari dan siang untuk istirahat dari aktifitas pertanian.

Kepada masyarakat sekitar kita juga sampaikan jika ada kegiatan seperti pos yandu, pertemuan kelompok tani atau pertemuan masyarakat lainnya silahkan pakai bangunan ini, kataMenurut polisi yang hidup sederhana ini.

Doni berharap, dengan adanya Poskamling ini, warga masyarakat semakin aktif dan peduli terhadap menjaga Keamanan dan ketentraman kampung, silahkan dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan sepanjang hal itu positif, tentunya dibutuhkan rasa kepedulian untuk menjaga dan merawatnya dengan baik

Kita ingin bangunan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak tutup Doni kepada media ini

Kapolsekta Payakumbuh AKP WINEDRI, S.Pd., M.H. juga menambahkan bahwa dengan adanya Poskamling ini, warga masyarakat lebih peduli terhadap keamanan dan ketentraman lingkungan masing-masing, dengan kata lain, masyarakat dapat menjadi Polisi bagi diri masing-masing, sehingga kondusifitas lingkungan dapat terjaga dengan baik.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img