Aktor laga asal Hongkong Jackie Chan diangkat menjadi duta pariwisata Indonesia khusus untuk pasar Tiongkok. Demikian disampaikan Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya di Jakarta, Selasa (29/7/2014).

Nia mengatakan, Pemerintah Indonesia akan secara resmi mengangkat aktor kawakan yang lahir di Victoria Peak, Hongkong, 7 April 1954, ini sebagai duta pariwisata Indonesia dalam waktu dekat.

“Penobatan secara resmi akan dilakukan pada 30 Agustus 2014 dalam acara China International Travelmart di Guang Zho,” kata Nia.

Pada kesempatan itu Jackie yang sudah tampil dalam sedikitnya 100 judul film itu akan menyanyikan lagu “Bengawan Solo” yang selama ini dikenal luas publik Tiongkok.

Lagu “Bengawan Solo” versi Mandarin yang dinyanyikan Jackie Chan akan direkam dan bisa diunduh secara gratis di situscn.indonesia.travel.

Jackie yang juga penyanyi Cantopop dan Mandopop itu nantinya akan turut serta mempromosikan pariwisata Indonesia dalam setiap kegiatannya.

Kementerian Pariwisata memilih aktor laga yang mendalami seni peran sejak era 1970-an tersebut mengingat kiprahnya yang telah begitu dikenal tak hanya di Asia, tetapi juga di dunia internasional.

“Ini akan sangat menguntungkan bagi Indonesia dan kami harapkan ini bisa membantu target untuk mampu menjaring satu juta wisatawan dari Tiongkok tahun ini,” katanya.

Promosi semacam itu, kata Nia, dinilainya efektif karena Pemerintah Indonesia tidak perlu mengeluarkan dana apa pun sebagai kompensasi terhadap duta yang ditunjuk.

Dampak yang ditimbulkan penunjukan tokoh internasional seperti ini relatif besar. Contohnya ketika beberapa tahun lalu, Indonesia mengangkat ekonom dunia Phillip Kotler sebagai duta pariwisata Indonesia. (rfk/antara)

loading...