24 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Irsyal: Balairung Fasilitasi Pengajian Warga Minang di Jakarta
I

Kategori -

Selain memiliki sebuah musholla di basement gedung, Hotel Balairung juga mempunyai satu unit masjid yang cukup representatif yang juga telah digunakan untuk sholat Jumat.

Masjid Balairung yang berada di lantai 3 gedung, telah difungsikan sejak Hotel Balairung mulai beroperasi, Desember 2012 lalu.

Manajemen masjid dipercayakan ke Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Balairung yang diketuai Romdhani Wahab, sumando urang Lubuak Basuang, yang saat ini sebagai sekretaris perusahaan.

Saat ini, selain kegiatan sholat berjamaah setiap waktu dan penyelenggaraan sholat Jumat, di DKM Mesjid Balairung juga menyelenggarakan kultum (kuliah tujuh menit) dari jamaah untuk jamaah, yang diadakan setelah sholat ashar berjama’ah. Jamaah yang memakmurkan mesjid tidak hanya karyawan hotel Balairung, tetapi juga karyawan Kantor Penghubung Pemprov Sumbar yang berkantor di lantai 4, karyawan Bank Nagari Cabang Matraman, tamu hotel dan perantau Minang yang sering “ngopi” di warung-warung “Jerman” (Jejeran Matraman).

balairung
Suasana Masjid di Hotel Balairung lt 3, Jl Matraman, Jakarta

Kemudian yang juga turut memakmurkan mesjid adalah pengajian bulanan Bako IKK Padang. Sejak empat bulan terakhir, Bako IKK Padang telah mengadakan pengajian bulanan secara rutin yaitu sebanyak empat kali.

Sesuai dengan informasi dari Sekjen Bako IKK Padang, Yuzarman, Bako IKK Padang mendapat fasilitas tanpa di charge setiap mengadakan pengajian bulanan di Mesjid Balairung.

Selain itu pihak Hotel juga menyediakan minuman teh atau kopi buat penghangat badan, yang mulai terasa dingin akibat AC ruangan Mesjid.

Informasi Sekjen Bako IKK Padang dibenarkan Irsyal Ismail, Direktur PT Balairung Citrajaya Sumbar (BUMD) yang mengelola Hotel Balairung. Pihak manajemen memfasilitasi semua komunitas urang awak di rantau se-Jadebotabek yang memerlukan mesjid untuk pengajian rutin mingguan, bulanan, atau tahunan tanpa harus menyewa ruangan.

”Ini salah satu bentuk kontribusi sebagai perusahaan yang dimiliki oleh Pemda se-Sumbar kepada perantau di Jadebotabek,” katanya lagi.

Memang saat ini, yang telah memanfaatkan Mesjid untuk pengajian urang rantau, Bako IKK Padang. Namun kesempatan ini terbuka buat semua persatuan urang awak dengan terlebih dahulu menyampaikan permohonan pengunaan mesjid ke DKM.

“Hal ini agar kami mudah dalam pengaturan jadwal dan melakukan kordinasi dalam pelayanan terkait dengan peralatan dan fasilitas lainnya,” jelas Romdhani Wahab, Ketua DKM Mesjid Balairung Matraman 16 Jakarta. (rel/fan/posmetro)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemuda Lingkungan Tarok Serahkan Bantuan Bagi Yayasan Cahaya Islam

Belasan pemuda Lingkungan Tarok mendatangi pengurus pondok pesantren Cahaya Islam yang bangunan asrama putri yayasan itu mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (16/1) dini hari lalu. Kedatangan anak-anak muda itu didampingi langsung oleh Gusmulyadi, Ketua Karang Taruna Puti Elok, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.
- Advertisement -

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.
- Advertisement -

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Maharnis Zul, Jadikan Payakumbuh Kota Tujuan

Untuk meningkatkan Pariwisata di Kota Payakumbuh, Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh, Maharnis Zul, memboyong anggotanya di Komisi B ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2020. Dalam Kunjungan itu, ia meminta kepada jajaran dinas setempat untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan terhadap objek wisata Ngalau Indah.

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.
- Advertisement -