29 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

Ekosistem Ikan Bilih Terancam Punah
E

Kategori -

Setelah apel bersama seluruh siswa dan mejelis guru SLTA dan SLTP se Kecamatan Batipuah Selatan, Wakil Bupati Tanah Datar langsung menuju ruang rapat kerja pemerintah daerah dengan masyarakat batipuah Selatan disalah satu ruang kelas MAN Sumpur Kecamatan Batipuah Selatan, Selasa(19/08).

Laporan serta expos dari camat Batipuah selatan Drs. Elvi sandry, M.Si. menjadi pembuka dilaksanakan rapat kerja pemerintah daerah ini.Dalam laporanya Camat Batipuah Selatan menyampaikan Visi Misi Kecamatan batipuah Selatan, tugas pokok, fungsi, gambaran umum Kecamatan Batipuah Selatan serta issue strategis dan prestasi yang pernah diraih kecamatan.

Beberapa permasalahan yang berkembang di Kecamatan Batipuah selatan juga dipaparkan camat diantaranya, kecamatan Batipuah selatan dan Batipuah membutuhkan Pemadam Kebakaran melihat kondisi alam, tata letak serta jarak yang cukup jauh dari kota Kabupaten. Kondisi cuaca dan tofografi/ geografis yang rentan akan bencana, serta kondisi ekosistem ikan “bilih” yang sudah terancam dan butuh konservasi yang mendesak mengingat bilih marupakan selah satu icon dan produk yang cukup menjanjikan untuk peningkatan taraf hidup masyarakat khususnya Kecamatan Batipuah Selatan.

Wakil Bupati Tanah Datar dalam sambutannya menyampaikan rapat kerja ini merupakan Ajang silahturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat serta untuk berbagi informasi dan evaluasi kerja pemerintah daerah di kecamatan. Ucapan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada kecamatan Batipuah Selatan atas terlaksananya rapat kerja ini, kepala daerah menyampaikan visi serta 5 misi pemerintah daerah kabupaten tanah datar yang merupakan sektor andalan. Dalam arahan wakil bupati di rapat kerja kecamatan Batipuah ini menitik beratkan pada sektor pendidikan dan perikanan.

Pendidikan merupakan sector pembangunan yang tidak berdampak langsung terhadap pembangunan namun ini merupakan sebuah investasi yang besar dan bermanfaat, kita bukan hanya dapat mencerdaskan anak bangsa namun efek domino yang akan kita tuai. Jika tingkat pendidikan meningkat maka secara otomatis pola piker dan kesempatan generasi muda untuk mendapatkan pekerjaan yang mapanpun terbuka lebar sehingga taraf hidup semula rendah dari segi ekonomi, otomatis akan maningkat pesat ini terbukti dengan data statistic yang akurat yakni di seluruh Kabupaten dan Kota tingkat persentase angka Kemiskinan Alhamdulillah Tanah Datar mempunyai persentase yang paling rendah.

Disektor Perikanan Tanah Datar Khususnya Kecamatan atau Nagari selingkar Danau singkarak terutama Masyarakat Tanah Datar yang elayan menjadi mata pencariannya, mempunyai potensi besar dalam memanen serta pengembang biakan bibit ikan yang menjadi icon Sumatera Barat bahkan Indonesia yakni Ikan Bilih. Hal ini akan dapat terlaksana jika pemerintah daerah yang dibantu Masyarakat terutama nelayan dapat berkoordinasi dan saling menjaga ekosistem dimana ikan Bilih ini hidup dan berkembang biak.

Setelah Wakil Bupati memberikan arahan dan sambutannya rapat kerja dilanjutkan dengan Sesi diskusi yang dipimpin oleh Asisten I Bidang Pemerintahan pemerintah Kabupaten Tanah Datar Drs. Altri Suandi. wali nagari sumpur menjadi penanya pertama. Walinagari Sumpur mengajukan beberapa pertanyaan, pertama, tindak lanjut dari Pemerintah Daerah mengenai masyarakat nagari sumpur sudah menghibahkan tanah untuk pembangunan Upt. Dinas pendidikan. Kedua, Wali Nagari Sumpur meminta pemerintah Daerah untuk mengadakan pelatihan kepada wali nagari/ perangkat nagari tentang pengolahan keuangan menindaklanjuti undang-undang tentang Desa/ Nagari. Ketiga, melaksanakan seminar untuk meninjaklanjuti degradasi moral generasi muda.

Penanya kedua adalah Wali Nagari Padang Laweh Malalo, Wali Nagari Padang Laweh mencoba memberikan tanggapan mengenai tiindak lanjuti undang-undang desa, untuk mengatasi atau mengantisipasi akan terjadinya korupsi diminta untuk meningkatkan kesejahteraan perangkat nagari.

Usulan kedua dari Wali NagariPadang Laweh yakni menindak para nelayan yang melanggar segala aturan dan bertanggung jawab atas rusaknya ekosistem Ikan terutama ikan Bilih di Danau Singkarak, serta kondisi nagari padang laweh yang rawan akan bencana badai dan lonsor, Wali Nagari Guguak Malalo sebagai penanya ketiga meminta Kab. Tanah datar membuat program yang bisa dijalankan di nagari untuk meningkatkan akhlak dan adat istiadat, bnyknya sanggar seni yg berkembang di nagari guguak malalo, untuk dapat bantuan yang mencukupi dari APBD Kabupaten.

Kondisi batang malalo yang membutuhkan perbaikan karena rawan bencana. Pemerintah di minta untuk berkoordinasi dengan pemda / pemko tetangga mengenai kondisi batang air yg hulunya berasal dari pemko dan pemda tetangga yang membawa sampah2 anorganik yang menganggu ekosistem danau singkarak dengan menurunnya populasi ikan bilih, serta kesadaran Masyarakat Kecamatan Batipuah yang masih kurang dengan membuang sampah-sampah anorganik yang susah untuk terurai yang telah merusak ekosistem ikan bilih.

Anggota PKK tangah duo puluah sebagai penanya ke empat juga menyampaikan kekecewaannya serta keprihatinannya terhadap penurunan populasi bilih, dan meminta koordinasi kepada pemerintah Daerah untuk mencegah ISIS masuk ke minangkabau khususnya Kabupaten Tanah Datar.

Setelah bebeberapa penanya menyampaikan aspirasinya Pemimpin Diskusi memberikan kesempatan kepada Wakil Bupati Tanah Datar untuk melakukan penjelasan umum mengenai masalah serta usulan yang berasal dari masyarakat Kecamatan Batipuah Selatan.

Setelah Wakil Bupati Tanah Datar memberikan Penjelasan umum seluruh SKPD terkait memberikan penjelasan secara detail mengenai solusi yang telah ditempuh serta yang akan ditempuh untuk meyelesaikan permasalahan di Kecamatan yang mempunyai 3 nagari tersebut.

Salah satu masalah yang cukup mendapat perhatian khusus dari seluruh peserta Rapat Kerja itu adalah bahaya akan terancam punahnya Ikan Bilih di Danau Singkarak, coba bayangkan icon kuliner yang kita bangga-banggakan selama ini hanya tinggal cerita? Kondisi sekarang yang ada sekarang bagaimana para oknum yang tidak bertanggung jawab telah melakukan penangkapan ikan bilih yang membuat rusak ekosistem ikan bilih yakni dengan mengunakan Racun, dinamit, serta jaring yang dilarang.

Pengunaan racun, dinamit dan Jaring yang salah dan tidak memenuhi standar tersebut akan memutus generasi dan reproduksi ikan bilih, bukan hanya ikan yang pantas untuk dipanen yang ditangkap tetapi benih dan bibit ikan bilih juga akan punah. Kondisi yang rawan ini bukan hanya akibat oknum nelayan, namun kesadaran masyarakat yang masih rendah yang membuang sampai ke sungai – sungai di hulu Danau singkarak dan masyarakat selingkaran danau.

Akankah kita membiarkan semua ini terjadi, upaya pemerintah daerah hanya mampu sebatas penyuluhan, pembinaan dan memberikan ganti Jaring penangkapan ikan yang layak kepada nelayan dengan konsekwensi mengambil/ menyita jaring yang tidak layak atau boleh dipergunakan.

Upaya untuk menindak tegas secara hokum belum dapat dilaksanakan karena belum ada Perda Turunan dari Pemerintah Provinsi kepada pemerintah daerah karena Danau singkarak berada di 2 buah Kabupaten. Semoga Ikan Bilih tidak tinggal Legenda untuk anak cucu kita di masa datang. (humas tanahdatar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...
- Advertisement -

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -