31 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Ini Alasan Arival Boy Belum Ambil Cuti
I

Kategori -

Sijunjung, Berita Sumbar–Gubernur serta Bupati dan Walikota masih ada yang belum mematuhi isi surat Kementerian Dalam Negeri nomor:273/4368/OTDA yang sifatnya penting, tentang cuti diluar tanggungan negara selama masa kampanye pilkada serentak tahun 2020, tertanggal 1 September 2020 yang ditandatangani direktur jendral otonomi daerah.

Dimana dalam surat tersebut disampaikan, berdasarkan Permendagri nomor 74 tahun 2016 cuti diluar tanggungan negara bagi gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota, ditegaskan bahwa pasal 3 ayat (2), Gubernur memberikan cuti diluar tanggungan negara kepada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sebelum penetapan pasangan calon.

Berarti para Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota yang ikut kompetisi Pilkada tahun ini sudah harus cuti tanggal 14 September 2020 yang lalu, karena penetapan pasangan calon besok tanggal 23 September 2020.

Khusus untuk Wakil Bupati Sijunjung Arival Boy yang ikut Pilkada tahun ini, masih belum cuti sesuai dengan Surat Kemendagri tersebut, karena yang bersangkutan mempedomani surat gubernur Sumbar tertanggal 6 September 2020 nomor :131/375/Pem-2020 tentang cuti diluar tanggungan negara atas nama Arival Boy Wakil Bupati Sijunjung.

Dalam isi surat gubernur tersebut dibunyikan, bahwa Arival Boy diberikan cuti diluar tanggungan negara selama masa kampanye terhitung sejak 26 September sampai 5 September. Selama itu dilarang mengunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan sebagai Wakil Bupati Sijunjung.

Menurut Indra Jaya SH staf ahli ombusmen Republik Indonesia, seharus Wakil Bupati Sijunjung sudah cuti seminggu sebelum penetapatan pasangan calon, namun sampai sekarang masih mempergunakan fasilitas negara, jelas ibdra Jaya.

Mana yang perlu dipatuhi oleh para pejabat didaerah ini, apakah surat Kemendagri atau surat dari Gubernur Sumbar, tentu mereka yang lebih faham, jangan sampai menjadi temuan pada saat ada pemeriksaan tentang keuangan daerah nantinya.

Kalau kita simak yang melekat dengan Arival Boy selaku Wakil Bupati Sijunjung, seperti Rumah Dinas, mobil, dan yang berhubungan dengan biaya rumah tangga wakil bupati dan yang lainnya. Semoga semua ini tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, tambah Indra Jaya.(alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.
- Advertisement -

Disdukcapil Kota Payakumbuh Maksimalkan Pelayanan Keliling

Sejak awal tahun 2021 ini Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh langsung tancap gas melakukan pelayanan keliling, salah satunya adalah perekaman KTP elektronik (KTP-el) kepada seluruh masyarakat Payakumbuh yang belum rekam dan memiliki KTP-el.

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.
- Advertisement -

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pembelajaran Tatap Muka Di Kabupaten Sijunjung Berjalan Lancar

Proses belajar tatap muka berjalan lancar, di Kabupaten Sijunjung sampai saat ini. Pelaksanaan dilapangan dengan sistem 50 persen anak yang masuk ke dalam kelas, dengan bergantian hari.Pokoknya kita patuhi protokol kesehatan secara ketat dan baik untuk menjaga kelangsungan proses pembelajaran berjalan sesuai harapan kita bersama, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Ramler,SH.MM, diruang kerjanya, Senen (25/1).

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.

Jemput Bola, Sijunjung Adakan Samsat Keliling

Mobil Samsat keliling mempermudah dan meningkatkan gairah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka, kata Kepala Samsat Sijunjung, Masri, diruang kerja, Kamis (21/1).

Buntut Tertangkapnya Pembunuh OK, Warga Tanjung Gadang Datangi Mapolres

Buntut dari penangkapan tersangka pembunuhan Ok, Warga Nagari Tanjung Gadang mendatangi Mapolres Sijunjung, Rabu (20/1).

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

Warga Tanjuang Gadang dihebohkan Penemuan Mayat Laki Laki

Masyarakat Jorong Guaguak None Kenagarian Tanjung Gadang kabupaten Sijunjung dihebohkan dengan penemuan mayat laki-laki Minggu (10/1) Sekitar pukul 09.30 WIB.

Usai Pilkada, Kapolres Sijunjung Kunjungi Para Cabup

Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, SiK., M.Hum didampingi Kasat Intel Iptu Alminazri dan Kasubag Humas AKP Nasrul.N melakukan silaturrahim tatap muka ke kediaman Cabup Sijunjung Beny Dwipa Yuswir di Jorong Kampung Baru Nagari Sijunjung, pasca, kamis (7/1).

Selama 2020 Ini Pengungkapan Kasus Di Polres Sijunjung

Pada tahun 2020 yang lalu, jajaran Polres Sijunjung telah berhasil mengungkap berbagai kasus, kata Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, yang didampingi Waka Polres, para Kasat di Mapolres Sijunjung diakhir tahun kemaren.
- Advertisement -