26 C
Padang
Kamis, Oktober 21, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Ini Alasan Arival Boy Belum Ambil Cuti
I

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, Berita Sumbar–Gubernur serta Bupati dan Walikota masih ada yang belum mematuhi isi surat Kementerian Dalam Negeri nomor:273/4368/OTDA yang sifatnya penting, tentang cuti diluar tanggungan negara selama masa kampanye pilkada serentak tahun 2020, tertanggal 1 September 2020 yang ditandatangani direktur jendral otonomi daerah.

Dimana dalam surat tersebut disampaikan, berdasarkan Permendagri nomor 74 tahun 2016 cuti diluar tanggungan negara bagi gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota, ditegaskan bahwa pasal 3 ayat (2), Gubernur memberikan cuti diluar tanggungan negara kepada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sebelum penetapan pasangan calon.

Berarti para Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota yang ikut kompetisi Pilkada tahun ini sudah harus cuti tanggal 14 September 2020 yang lalu, karena penetapan pasangan calon besok tanggal 23 September 2020.

Khusus untuk Wakil Bupati Sijunjung Arival Boy yang ikut Pilkada tahun ini, masih belum cuti sesuai dengan Surat Kemendagri tersebut, karena yang bersangkutan mempedomani surat gubernur Sumbar tertanggal 6 September 2020 nomor :131/375/Pem-2020 tentang cuti diluar tanggungan negara atas nama Arival Boy Wakil Bupati Sijunjung.

Dalam isi surat gubernur tersebut dibunyikan, bahwa Arival Boy diberikan cuti diluar tanggungan negara selama masa kampanye terhitung sejak 26 September sampai 5 September. Selama itu dilarang mengunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan sebagai Wakil Bupati Sijunjung.

Menurut Indra Jaya SH staf ahli ombusmen Republik Indonesia, seharus Wakil Bupati Sijunjung sudah cuti seminggu sebelum penetapatan pasangan calon, namun sampai sekarang masih mempergunakan fasilitas negara, jelas ibdra Jaya.

Mana yang perlu dipatuhi oleh para pejabat didaerah ini, apakah surat Kemendagri atau surat dari Gubernur Sumbar, tentu mereka yang lebih faham, jangan sampai menjadi temuan pada saat ada pemeriksaan tentang keuangan daerah nantinya.

Kalau kita simak yang melekat dengan Arival Boy selaku Wakil Bupati Sijunjung, seperti Rumah Dinas, mobil, dan yang berhubungan dengan biaya rumah tangga wakil bupati dan yang lainnya. Semoga semua ini tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, tambah Indra Jaya.(alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img