27.7 C
Padang
Rabu, Juli 28, 2021
Beritasumbar.com

Indra Junaidi Zakaria: Gebrakan Kemenkomaritim Belum Terasa Hingga Bawah
I

Kategori -

Padang – Pakar Perikanan dan Kelautan Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) Dr. Indra Junaidi Zakaria mengatakan gebrakan Kementerian Koordinator Kemaritiman (Kemenkomaritim) dalam satu tahun pemerintahan Presiden Jokowi belum terasakan hingga kalangan bawah.

“Setelah setahun terbentuk saat ini Kemenkomaritim masih melanjutkan kebijakan yang terdahulu, belum ada langkah kongkrit yang bisa dirasakan masyarakat bawah dalam hal ini nelayan,” katanya, di Padang, Jumat.

Sebagai contoh, lanjutnya, dalam perikanan, kebijakan dengan membuat aturan penggunaan jenis jaring sesuai ukuran ikan yang mulai berlaku bagi nelayan sesungguhnya mengikuti langkah terdahulu dengan pembatasan dan pembagian zona tangkap.

Namun katanya, aturan yang berlaku pada masa kepemimpinan sebelumnya tidak berjalan dan terimplementasi dengan baik.

Selain itu aturan tersebut hanya menguntungkan pengusaha atau nelayan dalam skala besar, sementara kalangan kecil tetap dirugikan.

“Aturan tersebut justru membatasi kegiatan nelayan yang mungkin saja hanya memiliki satu ukuran kail atau jaring,” ucapnya.

Kemudian hal lain yang belum berjalan yakni dalam pengelolaan sumber daya alam semisal ikan.

Menurutnya sama seperti sebelumnya hingga saat ini tidak ada langkah kongkrit dari Kemenkomaritim untuk menginventarisasi atau mengumpulkan potensi sumber daya perikanan.

Akibatnya masing-masing daerah di Indonesia tidak mengetahui potensi perikanan yang dimilikinya.

Hal ini kata dia berdampak pada buruknya kebijakan pemerintah lokal terhadap perikanan dan kelautan tersebut.

“Hal yang sudah terlihat yakni dalam membendung kegiatan pencurian ikan oleh negara lain, namun itu pun belum menguntungkan nelayan.

Sebab katanya, belum ada aturan yang jelas untuk meregulasi besar pendapatan atau kerugian nelayan dari kegiatan pencurian tersebut.

Untuk itu katanya hal yang perlu pertama kali dilakukan untuk meningkatkan peranan dalam bidang perikanan dan kelautan yakni fokus pada bidang tersebut sembari terus berkoordinasi dengan dinas di daerah serta perguruan tinggi.

Senada dengan Indra salah seorang nelayan di Padang Ismet menilai sejauh ini pemerintah melakukan hal yang besar saja namun melupakan yang kecil.

Menurutnya penghakiman terhadap pencuri ikan tidak dibarengi dengan penggantian kerugian lahan bagi nelayan.
Dia berharap ke depan hal tersebut menjadi perhatian bagi Kemenkomaritim khususnya bidang perikanan dan kelautan. (Ant/Oleh M R Denya Utama)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -