31 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Hidup Sesuai Kemampuan
H

Kategori -

Penulis: Irma Shalimar

“Pak, Pak, aku kemarin ke rumah Bu Pujo, TVnya gede banget, katanya 50 inci lho Pak, barusan beli di toko, gres. Kapan ya kita punya teve segede itu, ayo dong Pak beli, teve kita sudah kuno, belakangnya masih kaya gemongan, teve sekarang kan tipis rata.” Rengekan seorang istri kepada suaminya yang pegawai negeri ini dapat berakibat buruk, salah-salah suaminya korupsi untuk memenuhi tuntutan istrinya. Suami yang bijak akan menanggapi, “Lho Bune ini gimana toh? Bu Pujo itu kan suaminya pegawai perusahaan minyak, gajinya ratusan juta, lha aku cuma pegawai negeri. Teve asal masih bisa ditonton apa salahnya, tayangannya juga sama.”

Tidak ada salahnya memiliki motivasi untuk menjadi sukses, tetapi sangatlah salah membeli barang hanya untuk bersaing dengan tetangga. Banyak istri yang tidak mau tahu kesulitan rumah tangga dan cuma bisa merengek serta menggerutu. Kalau si istri kemudian mencari pekerjaan sendiri untuk membantu biaya rumah tangga sih mendingan (asal anak-anak tidak terlantar), tetapi kalau cuma bisanya merongrong, ini yang berbahaya. Katakanlah akhirnya teve mampu dibeli, besoknya dia melihat tetangga lain mengendarai mobil mercy model mutakhir, akan timbul rongrongan baru, begitu seterusnya tanpa ada akhirnya sampai si suami masuk lubang kubur karena stres. Menghadapi istri seperti ini harus ada jalan keluar.

Menyarankan dia bekerja

Mungkin ibu atau ibu mertua sudah pensiun dan dapat diandalkan untuk menjaga anak-anak yang masih kecil. Atau bila anak-anak sudah sekolah istri dapat bekerja selama anak-anak di sekolah (sebagai guru antara lain). Lebih afdol lagi kalau istri (atau suami) bekerja di rumah, entah sebagai penjahit, pengarang, ahli gambar atau buka warung.

Mencari pekerjaan lain

Jauh dari mudah, tetapi mungkin Anda mempunyai bakat salesman, Anda dapat menjadi makelar rumah atau Anda hobi membongkar mobil (dan mampu memasangnya kembali) Anda dapat membuka bengkel kecil-kecilan di rumah. Anda dapat juga mempertahankan pekerjaan tetap Anda dan memanfaatkan hobi serta ketrampilan Anda untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Mengajak berembuk

Mungkin selama ini Anda tidak melibatkan istri Anda dalam menyusun anggaran belanja. Anda bekerja, istri mengulurkan tangan. Mulailah mencatat berapa penghasilan Anda dan berapa banyak pengeluaran Anda. Ajaklah istri Anda melihat catatan itu dan mintalah pendapatnya. Dengan lebih memahami soal keuangan dalam rumah tangganya, istri Anda diharapkan tidak akan merongrong lagi.

Hidup lebih hemat

Sesudah berembuk, carilah kesepakatan untuk lebih berhemat. Misalnya jangan minum air botol lagi, cukup dengan minum air yang direbus sendiri atau membeli filter air. Mengurangi jajan, makan ke luar, lebih sering makan sayur dan telur, tidak bepergian kalau tidak penting sekali sehingga menghemat uang bensin. Banyak lagi cara yang dapat ditempuh untuk hidup lebih hemat. Untuk memacu penghematan, masukkan uang yang dihemat ke dalam kotak tabungan yang berlabel “Teve baru” misalnya. Atau lebih baik lagi, masukkan ke tabungan di bank untuk tujuan yang lebih mulia, pendidikan anak di perguruan tinggi.

Bila semua ini tidak berhasil mungkin Anda harus menempuh jalan keluar yang drastis seperti melarang dia bergaul dengan tetangga atau bercerai. Tentu saja keduanya tidak bijaksana dan sulit dijalankan. Tetapi jika Anda tidak memiliki orang tua (atau mertua) yang kaya raya, Anda masih dapat mengikuti keempat saran di atas.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.
- Advertisement -

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -