31 C
Padang
Minggu, Januari 24, 2021
Beritasumbar.com

Wako H.Hendri Arnis Pukul Gong Untuk Enam Kegiatan Sekaligus
W

Kategori -

Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK,KB Kesehatan, Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXI, Hari Anak Nasional, Hari Koperasi ke-67 tingkat Kota Padang Panjang tahun 2014, Penyerahan Dana CSR dari Bank Nagari dan Launching Pembayaran On Line Tagihan PDAM Kota Padang Panjang dilaksanakan secara bersamaan di gedung M.Syafei, Rabu (8/10) dibuka secara resmi oleh Walikota Padang Panjang H. Hendri Arnis, BSBA. Peresmian semua kegiatan tersebut ditandai pemukulan gong oleh walikota dan berlangsung meriah.

Hadir dalam kesempatan itu Unsur Muspida, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama Padang Panjang,Komandan Secata B Rindam I Bukit Barisan. Komandan Detasemen B Pelopor Brimob Polda Sumatera Barat di Padang Panjang. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang Panjang, Ketua GOW Kota Padang Panjang, Para Asisten, Staf Ahli, Sekretaris DPRD, Inspektur, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Bagian, Kepala Instansi Vertikal, Camat dan Lurah se Kota Padang Panjang, Pimpinan Bank Nagari Cabang Padang Panjang Direktur PDAM Kota Padang Panjang, Ketua Dharmawanita Persatuan, Ketua Persit dan Ketua Bhayangkari Kota Padang Panjang, pimpinan organisasi Perempuan, Perwakilan Pengurus Koperasi, Penerima Beasiswa CSR dari Bank Nagari, Perwakilan Forum Anak dan Organisasi Sosial se-Kota Padang Panjang.

Pencanangan dan peringatan HKG PKK KB KES Ke-42 didasarkan karena PKK merupakan organisasi dengan 10 program pokok, yang secara langsung sangat berkaitan dengan pembinaan dan pemberdayaan keluarga, dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga, guna mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera.

“HKG PKK, KB Kes pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong. Agenda tahunan Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan merupakan ajang Nasional sebagai momentum untuk memberikan kontribusi yang nyata terhadap pencapaian cakupan Program KB Nasional dan Pembangunan Kesehatan,” sebut Wako Hendri Arnis.

Terkait dengan itu, lanjut Hendri Arnis, tentunya berbagai kegiatan dalam rangka HKG PKK KB Kesehatan Tahun 2014 yang kita laksanakan di Kota Padang Panjang, diharapkan dapat membangkitkan dan meningkatkan peran para kader sampai keluarga, LSM dan pemerintah, terutama dalam pelayanan KB dan kesehatan untuk mendukung keluarga kecil bahagia, sehat dan sejahtera.

“Selain itu, makna penting lainnya yang juga dapat dipetik adalah meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat, PKK bersama LSM, Pemerintah dan swasta dalam pelayanan KB dan Kesehatan, “ jelas Hendri Arnis

Secara khusus, sambung Hendri Arnis, pencanangan HKG PKK KB Kes di Kota Padang Panjang memiliki tujuan antara lain Pertama meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam kegiatan KB dan Kesehatan, kesetaraan gender serta perlindungan terhadap perempuan dan anak, Kedua tumbuh dan berkembangnya kelompok kegiatan PKK sampai dengan Dasa Wisma, Ketiga meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan KB-Kesehatan khususnya keluarga miskin Keempat meningkatkan jumlah dan kualitas Posyandu, cakupan rumah tangga sehat serta yang terakhir memantapkan kegiatan 10 Program Pokok PKK.

“Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama jajaran PKK mulai dari tingkat Kota sampai tingkat kelurahan, jajaran Dinas Kesehatan dan pihak lainnya, atas terselenggaranya HKG PKK KB Kes di Kota Padang Panjang Tahun 2014. Semoga ke depan, pelaksaan HKG PKK KB Kes menjadi lebih baik lagi dan menyentuh langsung pada masyarakat,” ucapnya penuh bangga.

Selanjutnya Peringatan HARGANAS yang ke XXI Tahun 2014 ini merupakan momentum yang tepat untuk melakukan refleksi dan evaluasi atas upaya-upaya kita dalam meningkatkan kualitas keluarga dengan menumbuhkan kesadaran setiap keluarga agar selalu memperbaiki kualitas keluarga secara berkelanjutan. Dengan tema HARGANAS XXI tahun ini yaitu “Melalui hari keluarga kita tingkatkan kualitas keluarga dalam mewujudkan indonesia sejahtera”, diharapkan dapat dijadikan sebagai pemicu bagi keluarga Indonesia untuk dapat terus menerus meningkatkan ketahanan keluarganya sehingga mampu melahirkan generasi yang lebih baik.

Sedangkan untuk melaksanakan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2014 Tingkat Kota Padang Panjang, anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Kedudukan tersebut secara tegas diamanatkan dalam UUD Tahun 1945 Pasal 28 B Ayat (2) bahwa Negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. Indonesia juga berkomitmen untuk mendukung gerakan dunia untuk menciptakan ”World Fit for Children” (dunia yang layak bagi anak), melalui pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), dimana Kota Padang Panjang sedang mempersiapkan diri untuk menuju kota layak anak.

“Banyak keluarga yang belum sepenuhnya memahami peran, tugas dan kewajiban sebagai orang tua untuk memenuhi hak anak-anaknya. Apalagi di era globalisasi, dimana informasi bebas melanda seluruh lapisan masyarakat. Globalisasi tidak dapat terbendung dan akan berpengaruh terhadap kehidupan dan perkembangan kepribadian anak, maupun hubungan antar anggota keluarga. Banyak anak yang harus ditinggalkan di rumah karena orangtuanya harus bekerja. Dengan demikian, pola pengasuhan yang berkualitas harus menjadi konsep utama, dengan memberikan pemenuhan hak anak dan membangun komunikasi yang baik antar anggota keluarga,”

Selanjutnya, peringatan Hari Koperasi ini juga sangat berkaitan dengan akan dilaksanakannya Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 dan Ekonomi Global 2020, agar kita tidak terlalu fanatik terhadap produk-produk luar yang belum tentu bagus kualitasnya dengan tetap mencintai sekaligus bangga menggunakan produk dalam negeri.

“Sesuai dengan tema Hari Koperasi ke-67 Tahun 2014 yaitu “Koperasi Indonesia menuju Ekonomi Global” artinya koperasi kita, termasuk Koperasi di Padang Panjang harus kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas agar dapat memanfaatkan potensi pasar yang semakin besar. Selanjutnya koperasi juga harus lebih termotivasi meningkatkan kualitas produk melalui standarisasi produk dan pengemasan, papar wako.

Sisi lain, juga dilaksanakan penyerahan dana Coorporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Nagari kepada siswa beprestasi dari keluarga miskin. Dana CSR tersebut disamping anjuran pemerintah sesuai dengan aturan yang berlaku, juga membuktikan bahwa Bank Nagari peduli dengan Padang Panjang, khususnya keluarga miskin. Tentunya, dengan adanya penyaluran beasiswa ini akan dapat membantu keluarga miskin di Kota Padang Panjang, sehingga ke depan kehidupannya menjadi lebih baik, sekaligus memberikan semangat kepada siswa yang diberi bantuan beasiswa oleh Bank Nagari.

“Atas nama pemerintah daerah, kami mengucapkan terima kasih kepada manajemen Bank Nagari Cabang Padang Panjang beserta jajaran. Semoga bantuan CSR tersebut semakin memperkokoh keberadaan dan kepedulian Bank Nagari kepada masyarakat serta tentunya juga semakin meningkatkan kepercayaan Pemerintah dan Masyarakat kepada Bank Nagari. Sedangkan kepada penerima bantuan CSR berupa beasiswa dari Bank Nagari, kami ucapkan selamat, dengan iringan kiranya ke depan prestasi yang lebih baik lagi dapat di raih, “ Wako Hendri Arnis mengapresiasi.

Dipenghujung dilakukan Launching Transaksi On Line Tagihan Rekening Air PDAM Kota Padang Panjang yang bekerja sama dengan Bank Nagari Cabang Padang Panjang. Makna penting dari launching ini adalah semakin memudahkan pelanggan PDAM dalam melakukan pembayaran rekening, mengurangi tunggakan serta mengharapkan PNS pelanggan PDAM menjadi contoh teladan dalam ketertiban/kepatuhan pembayaran rekening air PDAM.

“Dengan dilakukannya launching ini, kami ucapkan selamat kepada PDAM atas inovasi yang dilakukan tersebut. Namun walaupun demikian, kami juga berharap kiranya ke depan kinerja PDAM semakin lebih baik lagi, layanan semakin berkualitas, air yang disalurkan juga semakin bersih, higienis dan memenuhi syarat kesehatan,” harap Hendri Arnis.

Harapan itu disampikan walikota karena bagaimanapun juga PDAM adalah perusahaan milik Pemerintah Kota Padang Panjang, dan juga dapat dijadikan sebagai pemacu seluruh manajemen PDAM untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Padang Panjang. Sebagai perusahaan yang dikelola secara profesional, seharusnya PDAM harus cepat tanggap dalam memenuhi keinginan konsumen serta mengatasi permasalahan distribusi air yang masih dikeluhkan sebagian masyarakat Padang Panjang. (humas padang panjang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).
- Advertisement -

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -