29 C
Padang
Selasa, Mei 11, 2021
Beritasumbar.com

Wako H.Hendri Arnis Pukul Gong Untuk Enam Kegiatan Sekaligus
W

Kategori -

Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK,KB Kesehatan, Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXI, Hari Anak Nasional, Hari Koperasi ke-67 tingkat Kota Padang Panjang tahun 2014, Penyerahan Dana CSR dari Bank Nagari dan Launching Pembayaran On Line Tagihan PDAM Kota Padang Panjang dilaksanakan secara bersamaan di gedung M.Syafei, Rabu (8/10) dibuka secara resmi oleh Walikota Padang Panjang H. Hendri Arnis, BSBA. Peresmian semua kegiatan tersebut ditandai pemukulan gong oleh walikota dan berlangsung meriah.

Hadir dalam kesempatan itu Unsur Muspida, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama Padang Panjang,Komandan Secata B Rindam I Bukit Barisan. Komandan Detasemen B Pelopor Brimob Polda Sumatera Barat di Padang Panjang. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang Panjang, Ketua GOW Kota Padang Panjang, Para Asisten, Staf Ahli, Sekretaris DPRD, Inspektur, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Bagian, Kepala Instansi Vertikal, Camat dan Lurah se Kota Padang Panjang, Pimpinan Bank Nagari Cabang Padang Panjang Direktur PDAM Kota Padang Panjang, Ketua Dharmawanita Persatuan, Ketua Persit dan Ketua Bhayangkari Kota Padang Panjang, pimpinan organisasi Perempuan, Perwakilan Pengurus Koperasi, Penerima Beasiswa CSR dari Bank Nagari, Perwakilan Forum Anak dan Organisasi Sosial se-Kota Padang Panjang.

Pencanangan dan peringatan HKG PKK KB KES Ke-42 didasarkan karena PKK merupakan organisasi dengan 10 program pokok, yang secara langsung sangat berkaitan dengan pembinaan dan pemberdayaan keluarga, dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga, guna mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera.

“HKG PKK, KB Kes pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong. Agenda tahunan Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan merupakan ajang Nasional sebagai momentum untuk memberikan kontribusi yang nyata terhadap pencapaian cakupan Program KB Nasional dan Pembangunan Kesehatan,” sebut Wako Hendri Arnis.

Terkait dengan itu, lanjut Hendri Arnis, tentunya berbagai kegiatan dalam rangka HKG PKK KB Kesehatan Tahun 2014 yang kita laksanakan di Kota Padang Panjang, diharapkan dapat membangkitkan dan meningkatkan peran para kader sampai keluarga, LSM dan pemerintah, terutama dalam pelayanan KB dan kesehatan untuk mendukung keluarga kecil bahagia, sehat dan sejahtera.

“Selain itu, makna penting lainnya yang juga dapat dipetik adalah meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat, PKK bersama LSM, Pemerintah dan swasta dalam pelayanan KB dan Kesehatan, “ jelas Hendri Arnis

Secara khusus, sambung Hendri Arnis, pencanangan HKG PKK KB Kes di Kota Padang Panjang memiliki tujuan antara lain Pertama meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam kegiatan KB dan Kesehatan, kesetaraan gender serta perlindungan terhadap perempuan dan anak, Kedua tumbuh dan berkembangnya kelompok kegiatan PKK sampai dengan Dasa Wisma, Ketiga meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan KB-Kesehatan khususnya keluarga miskin Keempat meningkatkan jumlah dan kualitas Posyandu, cakupan rumah tangga sehat serta yang terakhir memantapkan kegiatan 10 Program Pokok PKK.

“Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama jajaran PKK mulai dari tingkat Kota sampai tingkat kelurahan, jajaran Dinas Kesehatan dan pihak lainnya, atas terselenggaranya HKG PKK KB Kes di Kota Padang Panjang Tahun 2014. Semoga ke depan, pelaksaan HKG PKK KB Kes menjadi lebih baik lagi dan menyentuh langsung pada masyarakat,” ucapnya penuh bangga.

Selanjutnya Peringatan HARGANAS yang ke XXI Tahun 2014 ini merupakan momentum yang tepat untuk melakukan refleksi dan evaluasi atas upaya-upaya kita dalam meningkatkan kualitas keluarga dengan menumbuhkan kesadaran setiap keluarga agar selalu memperbaiki kualitas keluarga secara berkelanjutan. Dengan tema HARGANAS XXI tahun ini yaitu “Melalui hari keluarga kita tingkatkan kualitas keluarga dalam mewujudkan indonesia sejahtera”, diharapkan dapat dijadikan sebagai pemicu bagi keluarga Indonesia untuk dapat terus menerus meningkatkan ketahanan keluarganya sehingga mampu melahirkan generasi yang lebih baik.

Sedangkan untuk melaksanakan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2014 Tingkat Kota Padang Panjang, anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Kedudukan tersebut secara tegas diamanatkan dalam UUD Tahun 1945 Pasal 28 B Ayat (2) bahwa Negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. Indonesia juga berkomitmen untuk mendukung gerakan dunia untuk menciptakan ”World Fit for Children” (dunia yang layak bagi anak), melalui pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), dimana Kota Padang Panjang sedang mempersiapkan diri untuk menuju kota layak anak.

“Banyak keluarga yang belum sepenuhnya memahami peran, tugas dan kewajiban sebagai orang tua untuk memenuhi hak anak-anaknya. Apalagi di era globalisasi, dimana informasi bebas melanda seluruh lapisan masyarakat. Globalisasi tidak dapat terbendung dan akan berpengaruh terhadap kehidupan dan perkembangan kepribadian anak, maupun hubungan antar anggota keluarga. Banyak anak yang harus ditinggalkan di rumah karena orangtuanya harus bekerja. Dengan demikian, pola pengasuhan yang berkualitas harus menjadi konsep utama, dengan memberikan pemenuhan hak anak dan membangun komunikasi yang baik antar anggota keluarga,”

Selanjutnya, peringatan Hari Koperasi ini juga sangat berkaitan dengan akan dilaksanakannya Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 dan Ekonomi Global 2020, agar kita tidak terlalu fanatik terhadap produk-produk luar yang belum tentu bagus kualitasnya dengan tetap mencintai sekaligus bangga menggunakan produk dalam negeri.

“Sesuai dengan tema Hari Koperasi ke-67 Tahun 2014 yaitu “Koperasi Indonesia menuju Ekonomi Global” artinya koperasi kita, termasuk Koperasi di Padang Panjang harus kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas agar dapat memanfaatkan potensi pasar yang semakin besar. Selanjutnya koperasi juga harus lebih termotivasi meningkatkan kualitas produk melalui standarisasi produk dan pengemasan, papar wako.

Sisi lain, juga dilaksanakan penyerahan dana Coorporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Nagari kepada siswa beprestasi dari keluarga miskin. Dana CSR tersebut disamping anjuran pemerintah sesuai dengan aturan yang berlaku, juga membuktikan bahwa Bank Nagari peduli dengan Padang Panjang, khususnya keluarga miskin. Tentunya, dengan adanya penyaluran beasiswa ini akan dapat membantu keluarga miskin di Kota Padang Panjang, sehingga ke depan kehidupannya menjadi lebih baik, sekaligus memberikan semangat kepada siswa yang diberi bantuan beasiswa oleh Bank Nagari.

“Atas nama pemerintah daerah, kami mengucapkan terima kasih kepada manajemen Bank Nagari Cabang Padang Panjang beserta jajaran. Semoga bantuan CSR tersebut semakin memperkokoh keberadaan dan kepedulian Bank Nagari kepada masyarakat serta tentunya juga semakin meningkatkan kepercayaan Pemerintah dan Masyarakat kepada Bank Nagari. Sedangkan kepada penerima bantuan CSR berupa beasiswa dari Bank Nagari, kami ucapkan selamat, dengan iringan kiranya ke depan prestasi yang lebih baik lagi dapat di raih, “ Wako Hendri Arnis mengapresiasi.

Dipenghujung dilakukan Launching Transaksi On Line Tagihan Rekening Air PDAM Kota Padang Panjang yang bekerja sama dengan Bank Nagari Cabang Padang Panjang. Makna penting dari launching ini adalah semakin memudahkan pelanggan PDAM dalam melakukan pembayaran rekening, mengurangi tunggakan serta mengharapkan PNS pelanggan PDAM menjadi contoh teladan dalam ketertiban/kepatuhan pembayaran rekening air PDAM.

“Dengan dilakukannya launching ini, kami ucapkan selamat kepada PDAM atas inovasi yang dilakukan tersebut. Namun walaupun demikian, kami juga berharap kiranya ke depan kinerja PDAM semakin lebih baik lagi, layanan semakin berkualitas, air yang disalurkan juga semakin bersih, higienis dan memenuhi syarat kesehatan,” harap Hendri Arnis.

Harapan itu disampikan walikota karena bagaimanapun juga PDAM adalah perusahaan milik Pemerintah Kota Padang Panjang, dan juga dapat dijadikan sebagai pemacu seluruh manajemen PDAM untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Padang Panjang. Sebagai perusahaan yang dikelola secara profesional, seharusnya PDAM harus cepat tanggap dalam memenuhi keinginan konsumen serta mengatasi permasalahan distribusi air yang masih dikeluhkan sebagian masyarakat Padang Panjang. (humas padang panjang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).
- Advertisement -

AM Kuncoro Vokalis Heniikun Bay feat Steven & Tege Coconut Treez Bakal Rilis Ulang ‘Mimi Mintuno Tresno’

AM. Kuncoro, Musisi asal Kota Yogyakarta makin mendapat pengakuan di industri musik Tanah Air. Karya lagunya yang berjudul Mimi Mintuno Tresno dipercaya jadi soundtrack film serial Mimi Mintuno. Untuk versi soundtrack film tersebut, lagu Mimi Mintuno Tresno digarap ulang oleh AM. Kuncoro bersama dua musisi reggae legendaris Indonesia, Steven dan Tege Coconut Treez, proses recording dan syuting videoklipnya akan dilakukan pada 28 - 30 Mei 2021 di Yogyakarta.

DWP Payakumbuh Gelar Bagi Sembako

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Darma Wanita Persatuan (DWP) Payakumbuh melalui program DWP peduli memberikan bantuan sembako untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan I, II A, THL serta masyarakat kurang mampu yang tidak mendapatkan BLT dari pemerintah.
- Advertisement -

Masih Zona Orange, Pemkab Sijunjung Tidak Fasilitasi Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Pemerintah Kabupaten Sijunjung tidak akan memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri karena daerah tersebut masuk zona orange dalam kasus Covid-19. Bupati Sijunjung Beny Dwifa...

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...
- Advertisement -