26.9 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Hadapi Verfak Calon Perseorangan, KPU Limapuluh Kota Bimtek PPK-PPS
H

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) verifikasi faktual dukungan pasangan bakal calon jalur perseorangan, baik itu gubernur dan wakil gubernur maupun bupati dan wakil bupati dalam Pemilihan Serentak 2020.
Komisioner KPU Limapuluh Kota, Amfreizer, Selasa mengatakan bimtek tersebut dilakukan pada masing-masing kecamatan yang ada di daerah itu, mengingat protokol kesehatan tidak memungkinkan mengumpulkan penyelenggara pemilu dalam jumlah yang banyak pada suatu tempat.
“Untuk itu, bimteknya dilakukan pada setiap kecamatan,” katanya saat memberikan materi pada bimtek Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Situjuah Limo Nagari.
Menurutnya, bimtek terhadap badan Add hoc itu dilaksanakan bergantian, mulai dari tanggal 22 hingga 24 Juni. Untuk itu, KPU membentuk empat tim yang akan turun ke setiap kecamatan.

Baca Juga: Laksanakan Masa Pengabdian Kukerta Kerelawan Unri, Ini Yang Dikerjakan Para Mahasiswa Di Durian Tinggi

Ia menyebutkan setidaknya ada tiga poin yang akan diperiksa saat verifikasi faktual nantinya yaitu Kartu Tanta Penduduk Eletronik (KTP-El), pekerjaan, dan memastikan dukungannya terhadap pasangan bakal calon.
Pemeriksaan itu untuk memastikan kesamaan KTP-El dengan pemiliknya, namun jika yang bersangkutan tidak memiliki KTP-El, maka dapat menggunakan Kartu Keluarga atau surat keterangan yang dikeluarkan oleh dinas terkait dapat digunakan.
Untuk pekerjaan, guna memastikan yang bersangkutan berprofesi sebagai anggota TNI atau Polri aktif atau ASN. Jika yang bersangkutan anggota TNI, Polri aktif atau ASN maka dukungan tersebut tidak memenuhi syarat.
Begitu juga bagi penyelenggara pemilihan, kepala desa atau nagari, maupun perangkat desa atau nagari, maka dukungannya juga dinyatakan tidak memenuhi syarat.
Amfreizer mengatakan jika seseorang menyatakan tidak mendukung, katanya maka yang bersangkutan harus menandatangani surat pernyataan model BA 5-KWK sehingga dukungannya dinyatakan tidak memenuhi syarat.
Jika seseorang menyatakan tidak mendukung namun tidak mau menandatangani BA 5-KWK maka dukungan tersebut memenuhi syarat sehingga yang bersangkutan dinyatakan sebagai pendukung pasangan bakal calon.
Namun jika Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) merekomendasikan hal tersebut termasuk tidak mendukung meskipun orang tersebut tidak mau tanda tangan atas pernyataanya maka dukungan itu juga tidak memenuhi syarat.
“Selama PPL tidak merekomendasikan secara tertulis bahwa yang bersangkutan tidak mendukung dan tidak tanda tangan maka dukungannya tetap memenuhi syarat,” pungkasnya.
Seperti diketahui, untuk Kabupaten Limapuluh Kota dilakukan dua pemilihan pada Pemilihan Serentak 2020, yakni pemilihan gubernur dan wakil gubernur maupun bupati dan wakil bupati.
Untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat hanya hanya satu pasangan yang maju dari jalur perseorangan, yakni pasangan Fakhrizal-Genius Umar. Sementara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota ada dua pasangan yang maju dari jalur perseorangan, yakni pasangan Maskar, Dt. Pobo-Masril dan Pasangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pengurus KAN Koto Nan Ompek Dikukuhkan Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai Pucuak Undang, Wali Kota Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo, Rabu (7/4).
- Advertisement -

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Santri Ponpes Al Jauhar IKHD Kota Duri Senang Ke Sentra IKM Randang Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini Kota Payakumbuh dengan brandingnya The City of Randang sudah menjadi bagian dari destinasi wisata bagi semua kalangan, baik berasal dari dalam maupun luar Sumatera Barat.
- Advertisement -

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.

Pengurus KAN Koto Nan Ompek Dikukuhkan Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai Pucuak Undang, Wali Kota Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo, Rabu (7/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....
- Advertisement -