27 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Laksanakan Masa Pengabdian Kukerta Kerelawan Unri, Ini Yang Dikerjakan Para Mahasiswa Di Durian Tinggi
L

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 yang menjadi pandemi pada saat ini,Tim pengabdian Kukerta kerelawanan universitas Riau melakukan kegiatan pembuatan sekaligus  penyemprotan disinfektan di nagari Durian Tinggi, beberapa hari lalu.
Tim pengabdian Kukerta kerelawanan universitas Riau  melakukan penyemprotan disinfektan  pada mesjid dan pasar yang ada di nagari durian tinggi.  Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus Corona khusus nya di tempat tempat umum.
Tim pengabdian kukerta kerelawanan universitas riau di nagari durian tinggi beranggotakan 4 orang yaitu putri kumala sari (fakultas sosial dan ilmu politik) sebagai  ketua tim, paldo (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), rahma austin (pertanian) dan wike rahfani (pertanian) sebagai anggota.
Menurut putri kumala sari selaku ketua tim Penyemprotan disinfektan dilakukan di tempat tempat umum yaitu pada mesjid dan pasar hal tersebut merupakan salah satu bentuk usaha yang bertujuan agar masyarakat dapat melaksanakan aktivitas di tempat tempat umum dengan aman selain harus mengenakan masker dan menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.
Cairan disinfektan yang disemprotkan pada beberapa fasilitas umum tersebut dibuat sendiri oleh tim pengabdian kukerta universitas Riau, dengan mencampurkan air dengan cairan pemutih pakaian, Rapika dan wipol.

Antusias masyarakat terhadap kegiatan penyemprotan disinfektan pada berbagai fasilitas umum di nagari durian tinggi cukup baik, hal tersebut merupakan bentuk kerjasama masyarakat yang baik dalam menghadapi pandemi covid 19 yang terjadi.
Wike rahfani menjelaskan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan pada berbagai fasilitas umum perlu dilakukan secara rutin. Diharapkan hal tersebut dapat mencegah penyebaran covid 19 mengingat tempat tempat umum merupakan tempat yang rentan terjadi penyebaran atau menularan covid 19.
Rahma austin juga menjelaskan penyemprotan yang dilakukan secara rutin merupakan salah satu cara dalam menghadapi kondisi new normal pada saat ini, karena pada situasi new normal tempat tempat umum kembali ramai di kunjungi oleh masyarakat.
Menurut paldo penyebaran covid 19 di nagari durian tinggi dapat di hindari, mengingat hingga saat ini nagari durian tinggi bebas dari penyebaran virus covid 19. Hal tersebut dikarenakan kerjasama yang baik oleh seluruh masyarakat nagari durian tinggi yang patuh akan protokol kesehatan yang berlaku.
Tim pengabdian kukerta kerelawanan universitas riau di nagari durian tinggi dengan Dosen Pembimbing Lapangan Hendra Taufik, S.T, M.Sc beranggotakan 4 orang yaitu putri kumala sari (fakultas sosial dan ilmu politik) sebagai ketua tim, paldo (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), rahma austin (pertanian) dan wike rahfani (pertanian) sebagai anggota.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.
- Advertisement -

Antisipas Bahaya Dimusim Hujan, DLH Pangkas Ratusan Pohon

Pemangkasan ratusan pohon di sekitar Payakumbuh Kota terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh selama Januari 2021. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai musibah yang mungkin timbul akibat terpaan angin dan hujan pada pohon-pohon yang menjadi peneduh dan paru-paru kota tersebut.

Satresnarkoba Polres Pessel Ringkus Diduga Pelaku Narkoba

Warga kampung dusun baru pasar kompong, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan tidak berkutik lagi saat tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel berhasil menangkap JN (33), Kamis (28/1) pukul 00.40 Wib.
- Advertisement -

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -