25 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Laksanakan Masa Pengabdian Kukerta Kerelawan Unri, Ini Yang Dikerjakan Para Mahasiswa Di Durian Tinggi
L

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 yang menjadi pandemi pada saat ini,Tim pengabdian Kukerta kerelawanan universitas Riau melakukan kegiatan pembuatan sekaligus  penyemprotan disinfektan di nagari Durian Tinggi, beberapa hari lalu.
Tim pengabdian Kukerta kerelawanan universitas Riau  melakukan penyemprotan disinfektan  pada mesjid dan pasar yang ada di nagari durian tinggi.  Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus Corona khusus nya di tempat tempat umum.
Tim pengabdian kukerta kerelawanan universitas riau di nagari durian tinggi beranggotakan 4 orang yaitu putri kumala sari (fakultas sosial dan ilmu politik) sebagai  ketua tim, paldo (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), rahma austin (pertanian) dan wike rahfani (pertanian) sebagai anggota.
Menurut putri kumala sari selaku ketua tim Penyemprotan disinfektan dilakukan di tempat tempat umum yaitu pada mesjid dan pasar hal tersebut merupakan salah satu bentuk usaha yang bertujuan agar masyarakat dapat melaksanakan aktivitas di tempat tempat umum dengan aman selain harus mengenakan masker dan menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.
Cairan disinfektan yang disemprotkan pada beberapa fasilitas umum tersebut dibuat sendiri oleh tim pengabdian kukerta universitas Riau, dengan mencampurkan air dengan cairan pemutih pakaian, Rapika dan wipol.

Antusias masyarakat terhadap kegiatan penyemprotan disinfektan pada berbagai fasilitas umum di nagari durian tinggi cukup baik, hal tersebut merupakan bentuk kerjasama masyarakat yang baik dalam menghadapi pandemi covid 19 yang terjadi.
Wike rahfani menjelaskan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan pada berbagai fasilitas umum perlu dilakukan secara rutin. Diharapkan hal tersebut dapat mencegah penyebaran covid 19 mengingat tempat tempat umum merupakan tempat yang rentan terjadi penyebaran atau menularan covid 19.
Rahma austin juga menjelaskan penyemprotan yang dilakukan secara rutin merupakan salah satu cara dalam menghadapi kondisi new normal pada saat ini, karena pada situasi new normal tempat tempat umum kembali ramai di kunjungi oleh masyarakat.
Menurut paldo penyebaran covid 19 di nagari durian tinggi dapat di hindari, mengingat hingga saat ini nagari durian tinggi bebas dari penyebaran virus covid 19. Hal tersebut dikarenakan kerjasama yang baik oleh seluruh masyarakat nagari durian tinggi yang patuh akan protokol kesehatan yang berlaku.
Tim pengabdian kukerta kerelawanan universitas riau di nagari durian tinggi dengan Dosen Pembimbing Lapangan Hendra Taufik, S.T, M.Sc beranggotakan 4 orang yaitu putri kumala sari (fakultas sosial dan ilmu politik) sebagai ketua tim, paldo (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), rahma austin (pertanian) dan wike rahfani (pertanian) sebagai anggota.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wakil Ketua MUI : Pondok Pesantren mesti lahirkan Lulusan yang memiliki kecerdasan Ukhrawi

Padangpanjang, BeritaSumbar,com,-Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan juga Wakil Ketua MUI Pusat Dr. H. Anwar Abbas, MM.,M.Ag berkunjung ke Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang. Sabtu, 3 April 2021 kemaren.
- Advertisement -

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Musda X DPD Golkar Kota Bukittinggi Melanggar AD dan ART

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketua Pimpinan Sidang Musda X DPD GOLKAR Kota Bukittinggi, Aguswanto mengatakan, Musyawarah Daerah ke X kota Bukittinggi pada 8 April 2021...
- Advertisement -

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.

SIKOCI Helat Festival Mentari

Hari ini Selasa (6/4) sekitar pukul 10.00 WIB, Festival Mentari yang ditaja oleh Serikat Koreografer Cinta Indonesia (Sekoci) akan dibuka di Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Padang. Sepuluh koreografer muda Sumbar siap menampilkan karya terbaik mereka dalam iven tersebut
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....
- Advertisement -