29 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

Gubernur IP, Gayung Bersambut
G

Kategori -

Ditulis oleh: Shofwan Karim

Kata berjawab, gayung bersambut. Begitulah kira-kira korespondensi saya dengan Gubernur Irwan Prayitno (IP). Bagaikan menyambut komentar saya di Harian Singgalang Selasa lalu, maka dengan emailnya, Gubernur IP mengatakan begini :

“Yth. Pak Shofwan… pembangunan tersebut ada yang sudah selesai seperti fly over Bukittinggi (maksudnya yang melintas atas terminal dan Pasar Aur Kuning). Ada yang sedang dibangun hampir selesai seperti Sekolah Pelayaran (Pantai Tiram), Kereta Api Duku-BIM (rail bus sudah ada) dan Teluk Bayur.

Yang sedang dibangun seperti By Pass 4 jalur, highgrade highway Duku ke Sicincin, terowongan. Yang tahun ini dibangun (sedang tender) Stadion Utama, Asrama Haji, Islamic Centre, Pusat Kebudayaan Minangkabau. Sedang dilakukan feasibility study (studi kelayakan), seperti fly over Padang Luar, fly over Silaing. Komplek gubernuran sedang jalan, sebagian sudah dibangun.

Semua pembangunan tersebut perlu waktu untuk urusan tanah dan perencanaan yang sudah dimulai beberapa tahun lalu, baru sekarang diantaranya dibangun.

Sementara itu kami sudah selesaikan Kelok Sembilan yang lama terhenti pembangunannya. Tetap tuntaskan bangunan Balairung (2 tahun lalu selesai) di Jakarta, Masjid Raya (tahun lalu sudah dipakai ibadah shalat 5 waktu dan Jumatan), jalan Sicincin-Malalak (tahun ini selesai).

Tahun 2010 sebagai Gubernur hingga 2013, anggaran triliunan untuk korban gempa (198 ribu rumah dibantu), dan lainnya, bahkan beberapa kantor pemerintah masih dibangun karena gempa.

Mungkin Pak Shofwan kita perlu ketemu untuk berikan data dan info. Terima kasih banyak Pak Shofwan. Saya ketik email ini di tengah ratusan orang di GOR.”

Beberapa jam setelah itu datang lagi email baru. Pak IP melengkapi menjadi sekitar 14 (empat belas) proyek apa yang sedang, sudah dan akan dilakukannya. Termasuk yang spektakuler nanti adalah jembatan Ngarai Sianok.

Izinkan saya mengatakan, Gubernur IP sangat peka dengan kritik, tetapi tidak dalam arti meradang. Setahu saya Gubernur IP adalah pemimpin yang elegan bukan arogan. Kalau beliau arogan, pasti saya akan “dikata-katai” dalam sebuah tulisan untuk menjawab komentar saya di Singgalang itu. Apalagi beliau adalah, seperti saya katakan sebelumnya di samping mubaligh, ninik-mamak, datuk penghulu kaum, guru besar sebuah universitas dan penulis media-massa yang cukup aktif.

Untuk itu saya sangat menghargai dan dengan senang hati mengacungkan jempol kepada beliau. Cara-cara dia berkomunikasi yang sejuk dan persuasif kiranya dapat diteruskan.

Tentu saja saya tetap akan kritis kepada Gubernur IP dalam artian konstruktif. Kata konstruktif itu mungkin berlebihan. Tetapi untuk masa sekarang, budaya polemik dalam arti mengaduk dan mengadu pemikiran kurang laku.

Maka itu, meskipun rangkaian informasi tadi bersifat pribadi tetapi saya ingin membukanya di sini, supaya berimbang. Tentu saja saya tetap mengajukan beberapa pikiran kritis lain kepada pembaca dan khususnya beliau pada komentar-komentar berikutnya.

 

Harian Singgalang
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...
- Advertisement -

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.
- Advertisement -