28 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Gubernur IP, Gayung Bersambut
G

Kategori -

Ditulis oleh: Shofwan Karim

Kata berjawab, gayung bersambut. Begitulah kira-kira korespondensi saya dengan Gubernur Irwan Prayitno (IP). Bagaikan menyambut komentar saya di Harian Singgalang Selasa lalu, maka dengan emailnya, Gubernur IP mengatakan begini :

“Yth. Pak Shofwan… pembangunan tersebut ada yang sudah selesai seperti fly over Bukittinggi (maksudnya yang melintas atas terminal dan Pasar Aur Kuning). Ada yang sedang dibangun hampir selesai seperti Sekolah Pelayaran (Pantai Tiram), Kereta Api Duku-BIM (rail bus sudah ada) dan Teluk Bayur.

Yang sedang dibangun seperti By Pass 4 jalur, highgrade highway Duku ke Sicincin, terowongan. Yang tahun ini dibangun (sedang tender) Stadion Utama, Asrama Haji, Islamic Centre, Pusat Kebudayaan Minangkabau. Sedang dilakukan feasibility study (studi kelayakan), seperti fly over Padang Luar, fly over Silaing. Komplek gubernuran sedang jalan, sebagian sudah dibangun.

Semua pembangunan tersebut perlu waktu untuk urusan tanah dan perencanaan yang sudah dimulai beberapa tahun lalu, baru sekarang diantaranya dibangun.

Sementara itu kami sudah selesaikan Kelok Sembilan yang lama terhenti pembangunannya. Tetap tuntaskan bangunan Balairung (2 tahun lalu selesai) di Jakarta, Masjid Raya (tahun lalu sudah dipakai ibadah shalat 5 waktu dan Jumatan), jalan Sicincin-Malalak (tahun ini selesai).

Tahun 2010 sebagai Gubernur hingga 2013, anggaran triliunan untuk korban gempa (198 ribu rumah dibantu), dan lainnya, bahkan beberapa kantor pemerintah masih dibangun karena gempa.

Mungkin Pak Shofwan kita perlu ketemu untuk berikan data dan info. Terima kasih banyak Pak Shofwan. Saya ketik email ini di tengah ratusan orang di GOR.”

Beberapa jam setelah itu datang lagi email baru. Pak IP melengkapi menjadi sekitar 14 (empat belas) proyek apa yang sedang, sudah dan akan dilakukannya. Termasuk yang spektakuler nanti adalah jembatan Ngarai Sianok.

Izinkan saya mengatakan, Gubernur IP sangat peka dengan kritik, tetapi tidak dalam arti meradang. Setahu saya Gubernur IP adalah pemimpin yang elegan bukan arogan. Kalau beliau arogan, pasti saya akan “dikata-katai” dalam sebuah tulisan untuk menjawab komentar saya di Singgalang itu. Apalagi beliau adalah, seperti saya katakan sebelumnya di samping mubaligh, ninik-mamak, datuk penghulu kaum, guru besar sebuah universitas dan penulis media-massa yang cukup aktif.

Untuk itu saya sangat menghargai dan dengan senang hati mengacungkan jempol kepada beliau. Cara-cara dia berkomunikasi yang sejuk dan persuasif kiranya dapat diteruskan.

Tentu saja saya tetap akan kritis kepada Gubernur IP dalam artian konstruktif. Kata konstruktif itu mungkin berlebihan. Tetapi untuk masa sekarang, budaya polemik dalam arti mengaduk dan mengadu pemikiran kurang laku.

Maka itu, meskipun rangkaian informasi tadi bersifat pribadi tetapi saya ingin membukanya di sini, supaya berimbang. Tentu saja saya tetap mengajukan beberapa pikiran kritis lain kepada pembaca dan khususnya beliau pada komentar-komentar berikutnya.

 

Harian Singgalang
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.
- Advertisement -

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.

TAN GINDO; DALAM DILEMA KEHIDUPAN

“Sudah jatuh tertimpa tangga,dibunuh anak mati induknya, dibunuh induk mati anaknya,begitulah masalah kehidupan mejadi dilemamaka ambil lah hikamah dan kebijksanaankarena dia hanya seperti dua...

USTADZ GURU; SANG KOMANDAN

“Pandai mengeluh sudah bawaan manusiaTak dipelajari sepertinya dia datang sendiriTapi jiwa optimis harus dilatih dan ditumbuhkanSebab alam mengajarkan semua makluk bisa bertahanBahkan manusia bisa...

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...

SEBERKAS CAHAYA DI BUMI MEMPAWAH

“Segelap apapun dunia ini, pasti ada cahayaTergantung bagaimana kita menerimanyaKarena kita manusia dibekali akal fikiranOrang bijak kata; jika tak ada kayu rotanpun jadiMaka, setelah...

KERANJINGAN JADI PEJABAT

“Setiap (pejabat) ketua atau sejenisnya adalah PemimpinTapi setiap Pemimpin belum tentu jadi pejabat,Karena Pemimpin adalah amanah terberat dari-Nya,Maka, tidaklah sulit menjadi pejabat ini dan...

TAN GINDO; APA YANG ENGKAU CARI !?

“Mereka-dia yang berjasa dalam hidupmu,semua yang tersedia dalam jagat rayaSekecil apapun itu, sifat dan ragam bentuknyaSemua adalah ayat-ayat Tuhan yang berjalanBerbagai peristiwa adalah bentuk...

SEKOLAH MERDEKA-KU (2)

"Diri kita bukan hanya milik sendiri, tapi juga orang terdekat,bahkan, darah orang tua dan sanak saudara kita mengalir dalam nadi,namun ingat, ada teman-sahabat dan...
- Advertisement -