26 C
Padang
Jumat, Mei 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gempa Pasaman Barat Terasa Hingga Kabupaten Agam
G

Kategori -
- Advertisement -

Lubuk Basung – Gempa bumi berkekuatan 5,3 skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada Selasa (6/10) pukul 15.44 WIB terasa hingga Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

“Guncangan tersebut membuat warga Lubuk Basung panik dan sebagian warga berhamburan keluar rumah untuk menghindari reruntuhan bangunan,” kata seorang warga Lubuk Basung, Andri Padrianto, Selasa.

Ia panik karena getaran gempa cukup kuat yang datang secara tiba-tiba. Saat itu, dia berhenti melakukan aktivitas dan langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito mengatakan, pusat gempa berada di 135 kilometer barat daya Pasaman Barat dengan kedalaman 65 kilometer.

Peta Episenter
Peta Episenter

Namun gempa berkekuatan 5,3 SR tersebut tidak berpotensi tsunami. “Ini berdasarkan informasi yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG),” kata Bambang Warsito.

Terkait korban dan kerusakan rumah di Kabupaten Agam, Bambang Warsito menambahkan saat ini pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat terkait korban dan kerusakan bangunan.

“Kita akan melakukan koordinasi dengan camat, wali nagari, wali jorong dan lainnya,” katanya.

Bambang Warsito mengimbau kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara keluar dari rumah apabila gempa melanda daerah itu.

“Lalu menghindari pohon, papan reklame dan lainnya sehingga warga tidak menjadi korban saat gempa bumi melanda,” katanya. (Ant/Oleh Eko Fajri)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img