32 C
Padang
Jumat, April 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Forum PAUD dan Bunda PAUD Dituntut Proaktif Layani Masyarakat
F

- Advertisement -

Batusangkar, BeritaSumbar.com,-Kualitas dan kepribadian anak sangat ditunjang dari pola pendidikan semenjak usia dini. Dari itu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dituntut proaktif dalam melayani masyarakat.
Hal itu disampaikan Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi Bunda PAUD Kabupaten Tanah Datar, usai dirinya dikukuhkan sebagai Bunda PAUD kabupaten tersebut oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Satu Sekretariat Daerah Drs. Mukhlis, Kamis (06/09) di Gazebo Indo Jolito Batusangkar.
Pada kesempatan itu selaku Bunda PAUD Kabupaten, Ia juga mengukuhkan 14 orang Bunda PAUD kecamatan dan 75 orang Bunda PAUD nagari yang ditandai dengan pemasangan selempang.
Dia mengatakan, pengukuhan Forum PAUD dan Bunda PAUD ini adalah sebagai amanah yang penuh tantangan seiring perkembangan zaman yang serat dengan kemajuan teknologi.
“Saya tidak ingin ini hanya sebagai seremonial, sekedar nama yang hanya tercatat dikertas, namun pahami tugas pokok dan fungsi masing-masing dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, ucap Dia.
Ia menambahkan bahwa, tren budaya yang tidak mendidik, mengabaikan nilai-nilai agama dan budaya, dibutuhkan peran semua pihak dan elemen masyarakat agar anak terbebas dari pengaruh tersebut.
Di samping peran orang tua, PAUD sebagai lembaga pendidik juga sangat penting pula dalam memberikan bimbingan moral kepada anak, karena dunia pendidikan merupakan mandat yang luhur dari para orang tua.
“Pendidikan pada usia dini sebagai dasar bagi anak-anak kita, namun tidak sepenuhnya bisa diserahkan pada lembaga PAUD saja, namun peran orang tualah yang paling banyak, karena lebih 60 persen waktu anak adalah bersama orang tua,” katanya lagi.
Sementara itu bupati yang diwaliki Asisten Satu Setda Drs. Mukhlis dalam sambutan yang dibacakannya, menyebutkan dengan adanya wadah seperti ini, diharapkan dapat mengayomi lembaga-lembaga pendidikan pada usia dini yang ada di nagari.
Saat ini kita sudah terkontaminasi pengaruh kemajuan teknologi, seperti halnya ponsel android, anak di usia 0-6 enam tahun memiliki memori yang kuat, dan sudah banyak terpengaruh android yang menyebabkan komunikasi antara anak dengan orang tua sudah tidak baik lagi karena anak asyik dengan konten-konten yang mempengaruhi pikiran mereka, sebut Dia.
Ia mengatakan, “inilah salah satu tugas wadah ini dibentuk, karena dalam membentuk karakter anak tidak bisa secara sendiri, ada tiga pilar yang tidak bisa dipisahkan, pemerintah, masyarakat dan dunia usaha atau swasta”.
Dia juga menghimbau kelembagaan PAUD agar dapat saling bersinergi dengan lembaga-lembaga yang ada sehingga tujuan menciptakan anak yang berkarakter di Tanah Datar dapat terwujud.
Pada pengukuhan Forum PAUD Kabupaten Tanah Datar tersebut terpilih sebagai ketua Ny. Emi Irdinansyah, wakil ketua Ny. Yanti Elvi Sandri, sekretaris Ny. Ema Herison, dan bendahara Ny. Ani Edi Susanto.
Sementara bidang litbang/diklat dipegang Nadira Mardison, bidang humas Poppy Aziz, dan bidang organisasi Endang Royani.
Acara dimeriahkan dengan penampilan tari kreasi dan permainan dari para guru PAUD dan TK.
Turut hadir pada saat pengukuhan tersebut Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri Darma, Camat se Kabupaten Tanah Datar dan tamu undangan lainnya. (Irfan F)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img