26 C
Padang
Jumat, Juni 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

 FGD FKUB Kota Padang Panjang, Menyemai Kerukunan di Bumi Serambi Mekah
 

Kategori -
- Advertisement -

Padang Panjang,BeritaSumbar.com, _Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Padang Panjang menggelar Focus Group Discussion (FGD), Kamis (28/12/2023).

Focus Group Discussion (FGD) digelar dalam rangka peningkatan wawasan tentang kerukunan dan Moderasi Beragama bagi tokoh masyarakat, pengurus FKUB dan Instansi pemerintah di Kota Padang Panjang, dilaksanakan di Hotel Pangeran Kota Padang Panjang.

Ketua FKUB Kota Padang Panjang H. Sehabuddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kepala Daerah berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (PBM) Nomor : 8 Tahun 2006 / 9 Tahun 2006 harus mewujudkan Toleransi.

“Padang Panjang adalah Kota Serambi Mekah, paling aman dan kondusif terkait Toleransi dan Moderasi Beragama,” ujarnya.

“Hal yang sudah ada ini, harus kita rawat dan pelihara dengan menyemai kerukunan di Bumi Serambi Mekkah,” ulasnya.

Dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Walikota Padang Panjang Sonny Budaya Putra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa berbicara kerukunan bukanlah hal asing di Padang Panjang.

“Diantara bentuk toleransi yang terjadi di Padang Panjang, Natalan yang baru saja dilaksanakan, berjalan kondusif, aman dan lancar, tanpa gangguan,” ujarnya.

“Kita berpenduduk majemuk dan beragam (heterogen), dalam kondisi aman dan nyaman, mustahil kita dicap sebagai Kota Intoleran (beberapa waktu lalu),” sambungnya.

“Hadirnya FKUB dalam aksi nyatanya, telah membantu Negara atau Pemerintah, khususnya di Kota Padang Panjang dalam merawat dan memelihara kerukunan,” tambahnya.

Pj. Walikota Padang Panjang juga berharap kepada seluruh unsur jajaran Pemerintah Kota Padang Panjang, bersama pemuka masyarakat, memantau, menjaga dan merawat kerukunan di Kota Padang Panjang Bumi Serambi Mekkah.

Pada kesempatan ini Pj. Walikota juga mengajak seluruh pihak untuk menyukseskan Pemilu Damai Tahun 2024, menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

Setelah dibuka secara resmi oleh Pj. Walikota Padang Panjang dilanjutkan dengan pemaparan materi FGD FKUB oleh Ketua FKUB Sumatera Barat Prof.DR.Duski Samad,MA, berjudul Urgensi Moderasi Beragama dipandu Sekretaris FKUB Kota Padang Panjang H. Syaiful Arifin.

Hadir 40 orang peserta dalam FGD FKUB Tahun ini, terdiri dari Tokoh Masyarakat, Pengurus FKUB, dan jajaran Instansi Pemerintah di Kota Padang Panjang. (Adi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img