24 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Ferizal Ridwan, Kebijakan Liburkan Siswa Bukan Kewenangan Camat, Tapi Kepala Daerah
F

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,- Adanya pemberitaan maupun relis terkait kebijakan untuk meliburkan siswa SD/MI dan SMP/MTs sederajat baik negeri maupun swasta di Limapuluh Kota dilimpahkan kepada Camat oleh Bupati, langsung direspon oleh Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan. Pemberitaan di Media dan relis yang telah tersebar pada Rabu (18/3/2020) sore ini dianggap janggal karena kebijakan tersebut harus datang dari Bupati.
baca juga: Cegah Corona, TK Dan PAUD Se Limapuluh Kota di Liburkan
“Terkait kebijakan untuk meliburkan siswa di Limapuluh Kota itu harus diambil oleh Bupati, bukan camat. Kewenangan seperti itu berada di tangan Bupati. Jangan menyebarkan informasi seperti ini. Ini bisa menghancurkan kredibilitas beliau sebagai Kepala Daerah,” Sebut Wabup, Rabu (18/3/2020) malam.
Dalam relis dan pemberitaan di beberapa media tersebut, Wabup meminta agar ada klarifikasi secepatnya dari pembuat berita. Hal ini untuk menghindari kegalauan di jajaran Pemda Limapuluh Kota. Apalagi sepanjang Pemantauan Wabup Di Kantor Bupati hari Rabu ini, Bupati tidak ada di kantor selama jam kerja.
“Tolong diklarifikasi secepatnya. Mungkin yang membuat berita kurang paham dengan tupoksi Bupati atau salah menulis relis. Jika relisnya begini, seakan-akan memperlihatkan ke publik bahwa Bupati tidak paham dengan tupoksinya sebagai Bupati. Apalagi, seharian ini Bupati tidak ada ke kantor Bupati di bukit Limau. Jadi saya harap semuanya berpositif thinking saja pemberitaan yang telah tersebar ini,” katanya.
Wabup juga mengatakan jika benar Bupati tidak berani mengambil kebijakan dalam meliburkan sekolah karena wabah Corona, harusnya kebijakan dilimpahkan kepada Wakil Bupati atau Sekda. Jikapun Sekda juga tidak berani, kebijakan ini diberikan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk di sekolah umum dan Kepala Kemenag Limapuluh Kota di Sekolah Agama. Bukan kepada camat.
“Kalau Bupati tidak berani mengambil sikap, bisa dilimpahkan kepada saya selaku Wakil Bupati atau kepada Sekda. Atau seminimal mungkin diberikan kepada Kadis Pendidikan. Jangan ke Camat. Jika ada hal diluar perkiraan nantinya, bisa merugikan camat. Posisi mereka dalam mengambil kebijakan seperti ini cukup lemah dari sisi aturan. Apalagi yang ditakutkan kebijakan akan berbeda-beda di tiap kecamatan yang bisa menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat,” katanya.
Sebelumnya, sebuah relis dari Pemkab Limapuluh Kota berjudul ” Cegah Corona, TK dan PAUD Limapuluh Kota Diliburkan” menyebar ke dapur redaksi beberapa Media di Limapuluh Kota. Dalam relis ini menyajikan informasi kebijakan Pemkab Limapuluh Kota meliburkan para siswa TK dan PUAD mulai dari tanggal 18 sampai 31 Maret 2020. Kebijakan ini diambil untuk meminimalisir ancaman penyebaran virus corona.
Kemudian relis juga menerangkan bahwa Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi memerintahkan seluruh Camat untuk segera melakukan rapat koordinasi dengan Forkopincam dan beberapa pihak yang terkait di tingkat kecamatan. Nantinya, kebijakan untuk meliburkan siswa tergantung keputusan rapat tingkat kecamatan tersebut. (*rel*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tinjau Pasar Bawah yang Terbakar, Marfendi Minta Masyarakat Agar Berprasangka Positif

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Setelah sebelumnya Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi bersama Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meninjau Pasar Bawah pasca kebakaran pada Sabtu (11/9/2021) dini...
- Advertisement -

Lapas Padang dan Polresta Padang Sinergi Dalam Ungkap Jaringan Peredaran Narkoba

Padang,BeritaSumbar.com,-- Dalam rangka wujudkan komitmen Zero Narkoba, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang Era Wiharto lakukan sinergi bersama Sat Narkoba Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang mengungkap jaringan peredaran narkoba yang melibatkan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.
- Advertisement -

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.

Hadiri Pisah Sambut Dandim 0306/50 Kota, Ketua DPRD Hamdi Agus : Selamat Jalan Letkol Ferry, Selamat Datang Letkol Denny

Payakumbuh,Beritasumbar.com,- Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus hadir dalam malam pisah sambut Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0306/50 Kota yang baru dengan yang lama yang diselenggarakan di Balaikota Payakumbuh, Senin (14/9) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.

KONI 50 Kota dan Tanah Datar Hearing Soal Program Pembinaan Olahraga

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota menerima kunjungan KONI Kabupaten Tanah Datar di Kantor Sekretariat KONI, Jl Olahraga, kawasan pusat Kota Payakumbuh. Bukan untuk bertanding, melainkan saling bertukar informasi seputar kegiatan serta program kerja dalam rangka pembinaan olahraga di daerah masing-masing.

Wujudkan Manusia Beriman-Akhlak, Pemkab Limapuluh Kota Targetkan Setiap Nagari Miliki Rumah Tahfidz

Limapuluh Kota, beritasumbar.com  - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menargetkan setiap nagari atau desa adat di daerah tersebut memiliki rumah tahfidz, guna mewujudkan manusia...

Tinjau Lahan Pembangunan Rest Area Ulu Aia, Ini Kata Gubernur Sumbar dan Bupati Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. lakukan kunjungan kerja peninjauan Rest area Ulu Aia, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, Gubernur menyampaikan pemerintah provinsi akan melakukan penataan kawasan kelok sembilan dan akan memberikan jaminan kepada pedagang agar tetap memperoleh pendapatan.

Peningkatan Hasil Produksi di Sektor Pertanian, Bupati Safaruddin Serahkan Alsintan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian tahap I sebanyak 53 dari 116 alat-alat pertanian (Alsintan). Bantuan Alsintan yang bersumber dari hibah Kementerian Pertanian RI diserahkan kepada kelompok tani penerima manfaat yang tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Wabup Lima Puluh Kota Buka Musrenbang Nagari Solok Bio Bio

Lima puluh kota,BeritaSumbar.com,-Nagari Solok Bio-Bio Kecematan Harau Kab. Lima Puluh Kota dalam hal ini melaksanakan Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Solok Bio-Bio Nagari Harau, Senin, (13/09/2021).

Kunjungi Kelok 9, Gubernur : Rest Area Ulu Aia Segera Direalisasi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, melakukan kunjungan ke areal yang akan dijadikan rest area di Ulu Aia, Kecamatan Harau, Limapuluh Kota, Senin (13/9/21).

Wujudkan Keluarga Samawa, 30 Pasang Catin Ikuti Bimwin

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan materi Pembinaan dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin (Bimwin Catin) untuk mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Hotel Muhammadiyah A. Muin Saidi Kota Padang Panjang, Senin (13/09/2021)

Sonsong Porprov 2022 , KONI 50 Kota Akan Gelar Rakor

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Meski pun Pekan Olahraga Propinsi (Porpov) Sumatera Barat akan ditabuh tahun 2022 mendatang, namun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota sudah memasang ancang-ancang untuk bisa tampil sukses pada ajang olahraga dua tahunan yang akan dilaksanakan di Kota Pariaman 2022 mendatang.

Di Acara Pisah Sambut Dandim 0306/50 Kota, Ini Harapan Bupati

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota menyelenggarakan acara pisah sambut Komandan Kodim (Dandim) 0306/50 Kota dari Letkol Kav Ferry Stevanus Lahe, S.A.P., M.H kepada Letkol Inf Mochammad Denny Nurcahyono, S.H. bertempat di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Minggu (12/09/2021).
- Advertisement -