24 C
Padang
Rabu, September 29, 2021
Beritasumbar.com

Cegah Corona, TK Dan PAUD Se Limapuluh Kota di Liburkan
C

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Mulai hari ini, Rabu (18/3), (kemarin red) seluruh TK, KB, PAUD, SPS dan TPA di Kabupaten Limapuluh Kota menerapkan proses belajar dan bermain di rumah hingga Selasa (31/3). Sedangkan keputusan untuk jenjang pendidikan SD dan SLTP diserahkan kepada Camat dan Forkopimca masing-masing.
Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi kepada wartawan di Sarilamak, Rabu (18/3) mengatakan, kebijakan meliburkan murid TK, PAUD dan TPA tersebut diambil sebagai upaya untuk mengatisipasi penularan Corona Virus Disease (Covid-19) yang kian mengkhawatirkan.
“Kita memutuskan proses belajar dan bermain murid TK, KB, PAUD, SPS dan TPA di laksanakan di rumah selama empat belas hari mulai, Rabu (18 hingga 31 Maret 2020) untuk mengatisipasi kemungkinan penularan Virus Corona,” ungkap Irfendi Arbi.
Kebijakan meliburkan sementara murid jenjang pendidikan TK dan PAUD itu diputuskan karena anak pada usia tersebut dikhawatirkan rawan tertular Virus Corona. Namun, selama tidak masuk sekolah dimaksud, setiap anak diwajibkan tetap belajar di rumah masing-masing.
“Kita menghimbau para orang tua atau wali murid membimbing anak untuk belajar dan mengawasi mereka agar tidak melakukan kegiatan di luar rumah serta tidak bepergian ke tempat-tempat keramaian. Semua itu untuk mengantisipasi munculnya hal yang tidak kita inginkan,” papar Irfendi.
Selain itu, lajut Irfendi, ia juga berharap agar masyarakat senantiasa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta selalu melaksanakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).
“Kita mengajak masyarakat untuk menerapkan PHBS dan melaksanakan CTPS. Disamping itu saya juga sudah memerintahkan setiap OPD terkait untuk senantiasa mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat terkait antisipasi penularan virus corna,” ungkap Irfendi.
Sedangkan untuk tingkat SD dan SLTP, lanjut Irfendi, ia sudah memerintahkan seluruh camat untuk melakukan rapat koordinasi dengan Forkopimca dan berbagai pihak terkait di kecamatan. Keputusan meliburkan anak sekolah ini tergantung keputusan rapat tingkat kecamatan tersebut.
Terpisah Kepala TK Pertiwi Kabupaten Limapuluh Kota Fatmawati menyebut, sangat bersyukur adanya kebijakan meliburkan aktifitas murid di jenjang TK dan PAUD. Sebab, anak-anak seusia itu dikhawatirkan mudah terserang penyakit termasuk Covid-19.
“Bagi kami para guru, ini adalah keputusan terbaik. Sebab, dengan kehadiran anak-anak itu ke sekolah, kita khawatir mereka rawan tertular virus corona,” ujar Fatmawati yang akrab di sapa Butet.
Sementara itu Camat Situjuah Limo Nagari Drs. Rahmad Hidayat mengatakan, dari rapat dengan Forkopimca yang digelar secara online, mewacanai belum meliburkan siswa SD dan SLTP. Namun, kalau nantinya di kecamatan ini ada Orang Dalam Pengawasan (ODP) maka kemungkinan siswa tersebut akan diliburkan dan melaksanakan proses belajar di rumah.
Selain membicarakan masalah siswa SD dan SLTP, lanjut Rahmad, rapat juga memutuskan akan membuat edaran kepada masyarakat agar tidak mengikuti atau membuat acara keramaian. Disamping itu itu juga membatasi kunjungan ke daerah lain dan tidak mengundang orang rantau ke kampung halaman seperti untuk acara pesta dan lainnya.
“Bagi yang terlanjur keluar daerah, terlebih daerah terjangkit, maka orang tersebut akan dikarantina secara mandiri dengan diawasi kepala jorong, Babinsa dan Babinkamtibmas,” terang Rahmad Hidayat.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lapas Kelas IIA Padang Lakukan Perang Terhadap Alat-alat Illegal

Padang,BeritaSumbar.com,- Musibah kebakaran yang menewaskan puluhan warga binaan beberapa waktu lalu di Lapas Kelas 1 Tangerang masih meninggalkan duka yang mendalam. Untuk mengantisipasi terjadi kejadian serupa, Kementerian Hukum dan HAM RI melakukan langkah langkah pencegahan diseluruh lapas dan rutan diindonesia.
- Advertisement -

Dinkes Padang Pariaman Selenggarakan KIE Keamanan Pangan

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Wakil Bupati Padang Pariaman Drs Rahmang MM membuka Kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan...

Edukasi Universal Precaution Pada Masyarakat Oleh Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Sejak kemunculan infeksi coronavirus novel (2019-nCoV) pada bulan Desember tahun 2019 di Wuhan, infeksi ini menyebar dengan cepat ke seluruh Cina dan banyak negara lain. Penyakit 2019-nCoV dan telah menjadi masalah kesehatan global utama di dunia
- Advertisement -

Trik Aman Belanja Online Dikupas di Pasaman Barat

Pasaman Barat,BeritaSumbar.com, — Untuk menjaga masyarakat agar tidak menjadi korban penipuan di era digital, Kementerian Kominfo RI menghadirkan webinar di Pasaman Barat, (4/9).

Usung Program Fullfilment, JNE Jalin Kerjasama Dengan Pemko Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Berlangsung setelah ibadah sholat Jumat sembari sambil makan siang, Wakil Walikota Erwin Yunaz bertemu dengan pimpinan JNE Provinsi Sumbar dan kota Payakumbuh. Pertemuan yang mengagendakan membahas program dari pihak JNE yang mana bertujuan untuk memudahkan aktivitas distribusi barang bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) di kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kiat Melawan Hoaks Dikupas Tajam di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com — Machroni Kusuma, Founder Berita Indonesia Link menjelaskan cara membedakan hoaks atau bukan diantaranya sumber berita yang tidak jelas, disain yang aneh, bahasa yang provokatif, diminta untuk viralkan dan banyak tanda seru dan huruf besar.

Dampak Positif Media Sosial Dikupas di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Media sosial merupakan sebuah wadah yang dapat dilakukan untuk apa saja dan untuk berbagai sektor. Dampak positif bermedia sosial tergantung dari apa yang dilakukan di akun pengguna.

Didampingi Kadisparpora dan Ketua KONI, Bupati Safaruddin Serahkan Bantuan Atlet dan Pelatih PON XX

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Tiga atlet berikut satu pelatih binaan KONI Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, dipastikan akan segera berangkat ke Papua untuk memperkuat kontingen olahraga Sumbar dalam ajang PON XX Papua. Selain dukungan moril, ke empat atlit dan pelatih Luak Nan Bungsu itu juga dibekali bantuan transportasi-gizi.

Kepsek SMAN 1 Harau Beberkan Dampak Negatif Media Sosial

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Harau Afrizal menyebut media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media untuk bersosialiasi dan berinteraksi, media untuk bermain game, media untuk saling memfasilitasi berbagi file, serta media untuk menuliskan artikel.

Pemkab Dukung Pembangunan Gedung Kejaksaan Negeri Kabupaten Limapuluh Kota

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menerima kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Anwarudin Sulistiyono di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Senin (20/09/2021). Kunjungan juga disambut oleh Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra, Asisten I, dan Kepala OPD.

Bupati Buka Acara Bimtek Pengelolaan Perpustakaan

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, menghadiri dan membuka secara langsung Acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota, bertempat di aula pertemuan cahaya 2, hotel Sago bungsu, Lubuak Batingkok Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa (21/9/2021).

Warga Kampus Bantu UKT Mahasiswa

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dampak Pandemi Covid –19 sangat berpengaruh terhadap kelanjutan pendidikan di Indonesia. Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Politani) juga merasakan dampak tersebut, ada sebagain mahasiswa mengalami kesulitan membayar UKT/ SPP di Semester Ganjil 2021/2022 ini.

Masuk 100 Pelaksana, Puluhan Peserta Ikuti Sekolah Kader Pengawasan Di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menjadi salah satu daerah dari 100 titik yang ditunjuk oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI sebagai...

Literasi Digital, Melanie Soebono Hadir Virtual di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Aktris sekaligus musisi senior yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup, Melanie Soebono hadir secara virtual menyapa warga Kabupaten Limapuluh Kota. Melanie menjadi narasumber Literasi Digital yang diprakarsai Kemenkominfo, Sabtu (21/8).

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.
- Advertisement -