25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Dukung Visi-Misi Kepala Daerah, OPD Sijunjung Diminta Berikan Pelayan Prima
D

Kategori -

Sijunjung, beritasumbar.com – Menyikapi visi dan misi seratus hari kerja sejak dilantik Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, guna memberikan pelayanan prima semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berhubungan lansung dengan kepentingan masyarakat diminta memberikan pelayanan yang prima.

Menindaklanjuti visi dan misi tersebut, Dinas Dukcapil Kabupaten Sijunjung dan RSUD Sijunjung telah melakukan beberapa langkah strategis untuk memberikan pelayanan yang prima tersebut.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sijunjung Febrizal Ansori SH, M.Si di ruang kerja Senin (17/5) mengatakan sekarang masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor Dukcapil untuk mengurus akte kelahiran, kartu keluarga, surat keterangan kematian, dan surat pindah berdomisili Warga Negara Indonesia.

“Mereka cukup mengurus semua ini di kantor wali nagari. Nanti operator yang ada di nagari yang akan menghubungi operator yang ada Dinas Dukcapil. Hanya dalam waktu beberapa menit semua ini akan selesai dengan cacatan kondisi sinyal bagus,” katanya.

Dengan memberikan pelayanan yang prima itu, katanya ada beberapa kemudahan yang didapat masyarakat. Pertama, waktu masyarakat mengurusnya tidak memerlukan waktu yang lama. Kedua, dari biaya yang dikeluarkan tidak ada sama sekali karena masyarakat mengurus di kantor nagari masing-masing. Ketiga tidak ada penumpukan atau kerumunan masyarakat di satu tempat.

Selain kemudahan yang dialami masyarakat dalam mengurus beberapa surat yang diperlukan, juga pemutusan mata rantai penyebaran covid-19 bisa kita atasi, sehingga tidak ada klaster baru covid-19 di Kantor Dukcapil.

Dinas Dukcapil juga telah melakukan kerjasama dengan Jajaran Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung sesuai dengan  inovasi yang dilakukan Direktur RSUD beserta jajarannya.

Ide jajaran RSUD ini, didukung dengan memberikan akses yang maksimal ke Dukcapil untuk membantu serta memberikan pelayanan yang prima juga, bagi Ibu-Ibu yang baru melahirkan di RSUD tersebut.

Kerjasama yang dilakukan RSUD bersama Dinas Catatan Sipil dengan program Anak Lahir Akta Siap “Anla Aksi”. Apa yang dilakukan RSUD ini perlu kita apresiasi dengan baik, karena pasangan suami istri bahagia mendapatkan anaknya serta selesai pula akta kelahiran bayinya.

Direktur RSUD, Dr. Diana Oktavia SP PD mengatakan setiap anak yang lahir di RSUD sudah disiapkan akta kelahirannya, apakah anak itu lahir normal atau lewat operasi pasti kita berikan Akta Kelahiran, bila melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan Akta Kelahiran ini, pertama photo atau scan buku nikah/SPTJM asli (terlihat biodata dan nomor register), kedua, photo atau scan kartu keluarga. Ketiga, photo atau scan keterangan lahir/ SPTJM asli. Keempat memberi nama anak yang baru lahir tersebut.

Terobosan yang dilakukan RSUD ini untuk membantu masyarakat Sijunjung untuk mendapatkan Akta Kelahiran anaknya dengan mudah. Kalau mereka sendiri yang mengurus ke dinas dukcapil, akan memerlukan biaya transportasi  dan memerlukan waktu. Biasanya masalah seperti ini yang membuat orang tua malas mengurus Akta Kelahiran anaknya.Orang tua akan sibuk mengurus Akta Kelahiran anaknya, apabila sudah diperlukan. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...
- Advertisement -

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...
- Advertisement -