27 C
Padang
Jumat, Januari 21, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dukung Visi-Misi Kepala Daerah, OPD Sijunjung Diminta Berikan Pelayan Prima
D

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, beritasumbar.com – Menyikapi visi dan misi seratus hari kerja sejak dilantik Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, guna memberikan pelayanan prima semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berhubungan lansung dengan kepentingan masyarakat diminta memberikan pelayanan yang prima.

Menindaklanjuti visi dan misi tersebut, Dinas Dukcapil Kabupaten Sijunjung dan RSUD Sijunjung telah melakukan beberapa langkah strategis untuk memberikan pelayanan yang prima tersebut.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sijunjung Febrizal Ansori SH, M.Si di ruang kerja Senin (17/5) mengatakan sekarang masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor Dukcapil untuk mengurus akte kelahiran, kartu keluarga, surat keterangan kematian, dan surat pindah berdomisili Warga Negara Indonesia.

“Mereka cukup mengurus semua ini di kantor wali nagari. Nanti operator yang ada di nagari yang akan menghubungi operator yang ada Dinas Dukcapil. Hanya dalam waktu beberapa menit semua ini akan selesai dengan cacatan kondisi sinyal bagus,” katanya.

Dengan memberikan pelayanan yang prima itu, katanya ada beberapa kemudahan yang didapat masyarakat. Pertama, waktu masyarakat mengurusnya tidak memerlukan waktu yang lama. Kedua, dari biaya yang dikeluarkan tidak ada sama sekali karena masyarakat mengurus di kantor nagari masing-masing. Ketiga tidak ada penumpukan atau kerumunan masyarakat di satu tempat.

Selain kemudahan yang dialami masyarakat dalam mengurus beberapa surat yang diperlukan, juga pemutusan mata rantai penyebaran covid-19 bisa kita atasi, sehingga tidak ada klaster baru covid-19 di Kantor Dukcapil.

Dinas Dukcapil juga telah melakukan kerjasama dengan Jajaran Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung sesuai dengan  inovasi yang dilakukan Direktur RSUD beserta jajarannya.

Ide jajaran RSUD ini, didukung dengan memberikan akses yang maksimal ke Dukcapil untuk membantu serta memberikan pelayanan yang prima juga, bagi Ibu-Ibu yang baru melahirkan di RSUD tersebut.

Kerjasama yang dilakukan RSUD bersama Dinas Catatan Sipil dengan program Anak Lahir Akta Siap “Anla Aksi”. Apa yang dilakukan RSUD ini perlu kita apresiasi dengan baik, karena pasangan suami istri bahagia mendapatkan anaknya serta selesai pula akta kelahiran bayinya.

Direktur RSUD, Dr. Diana Oktavia SP PD mengatakan setiap anak yang lahir di RSUD sudah disiapkan akta kelahirannya, apakah anak itu lahir normal atau lewat operasi pasti kita berikan Akta Kelahiran, bila melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan Akta Kelahiran ini, pertama photo atau scan buku nikah/SPTJM asli (terlihat biodata dan nomor register), kedua, photo atau scan kartu keluarga. Ketiga, photo atau scan keterangan lahir/ SPTJM asli. Keempat memberi nama anak yang baru lahir tersebut.

Terobosan yang dilakukan RSUD ini untuk membantu masyarakat Sijunjung untuk mendapatkan Akta Kelahiran anaknya dengan mudah. Kalau mereka sendiri yang mengurus ke dinas dukcapil, akan memerlukan biaya transportasi  dan memerlukan waktu. Biasanya masalah seperti ini yang membuat orang tua malas mengurus Akta Kelahiran anaknya.Orang tua akan sibuk mengurus Akta Kelahiran anaknya, apabila sudah diperlukan. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img