26 C
Padang
Minggu, April 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dosen Fakultas Keperawatan UNAND Melakukan Edukasi dan Pemeriksaan Kesehatan Resiko Penyakit Jantung Pada Masyarakat Sungai Buluh Selatan
D

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,-Edukasi tentang penyakit jantung membantu individu memahami faktor risiko pribadi mereka, seperti riwayat keluarga, gaya hidup, dan kondisi medis tertentu yang dapat meningkatkan risiko mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi potensi masalah lebih awal dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai.

Oleh karena itu akan menimbulkan kesadaran untuk melakukan pencegahan primer seperti: pemeriksaan kesehatan rutin, seperti tes darah dan tekanan darah, memungkinkan deteksi dini faktor risiko seperti kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi. Dengan mengetahui risiko ini lebih awal, individu dapat mengadopsi gaya hidup sehat, seperti makanan seimbang dan olahraga teratur, untuk mencegah perkembangan penyakit jantung. Pemeriksaan kesehatan rutin juga dapat membantu mendeteksi penyakit jantung pada tahap awal, bahkan sebelum gejala muncul.

Ini memberikan kesempatan untuk penanganan lebih lanjut dan pengendalian penyakit sebelum menjadi lebih serius. Bagi individu yang sudah memiliki faktor risiko atau penyakit jantung, edukasi dan pemeriksaan kesehatan rutin sangat penting. Ini membantu dalam pengelolaan risiko dan pengendalian penyakit dengan mengawasi perkembangan kondisi, memastikan pengobatan yang sesuai, dan memberikan perubahan pada perawatan jika diperlukan.

Oleh karena itu, dosen fakultas keperawatan dari Departemen Keperawatan Medikal Bedah dan Keperawatan Gawat Darurat Universitas Andalas, melakukan pengabdian Masyarakat yang berada di Nagari Sungai Buluh Selatan untuk melakukan edukasi terkait resiko penyakit jantung dan melakukan skrining dan pemeriksaan Kesehatan seperti pengukuran BB, TB, Lingkar pinggang, tekanan darah, pemeriksaan gula darah sewaktu, pemeriksaan asam urat, pemeriksaan kolesterol dan pengisian kuisioner terkait resiko penyakit kardiovaskuler. Kegiatan ini dilakukan pada hari Minggu tanggal 17 September di Komplek Palapa Saiyo Nagari Sungai Buluh Selatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 100 orang Masyarakat yang tampak antusias untuk mengikuti pemeriksaan fisik tersebut. Adapun dosen yang ikut terlibat dalam kegiatan ini adalah Prof. Hema Malini, S.Kp., MN., PhD, Ns. Fitri Mailani, M.Kep, Dr. Emil Huriani, S.Kp, MN, Ns. Rahmi Muthia, M.Kep, Elvi Oktarina, M.Kep, Ns,Sp.Kep.MB, Ns. Boby Febri Krisdianto, M.Kep, Esi Afriyanti, S.Kp, M.Kes, Dr. Reni Prima Gusty, S.Kp, M.Kes, Ns. Devia Putri Lenggogeni, M.Kep, Sp.Kep.MB, Ns. Dally Rahman, M.Kep, Sp.Kep.MB, Ns. Mulyanti Roberto Muliantino, M.Kep, Ns. Tiurmaida Simandalahi, M.Kep dan beberapa mahasiswa yang juga ikut terlibat dalam kegiatan ini.

Dari hasil kegiatan ini didapatkan, banyaknya Masyarakat di wilayah nagari Sungai Buluh Selatan memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung/ kardiovaskuler, dikarenakan mayoritas masyarakat memiliki kadar kolesterol lebih dari 200 mg/Dl, dan tekanan darah yang cenderung tinggi. Untuk itu perlu upaya untuk menyadarkan masyarakat secara terus menerus agar menjalani hidup lebih sehat dan melakukan aktifitas fisik secara rutin. Melalui edukasi yang baik, individu dapat belajar cara menjalani gaya hidup sehat yang berkelanjutan. Ini bukan hanya untuk mencegah penyakit jantung, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan dengan merasa lebih energik dan sehat.

Penulis : Ns. Fitri Mailani, M.Kep

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img