27 C
Padang
Selasa, Agustus 9, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

DOSEN FAKULTAS KEPERAWATAN UNAND GELAR EDUKASI KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA DI AMPANG
D

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,- Dosen Fakultas Keperawatan (FKEP) Universitas Andalas (UNAND) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada remaja di Mesjid Raya Kelurahan Ampang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang Pada 7 Juli 2022 lalu dengan mengusung tema “Bersama Wujudkan Remaja Cinta Masjid Peduli Kesehatan Jiwa dan Personal Hygiene”

Kegiatan PKM ini diinisiasi oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) FKEP UNAND. Kegiatan PKM ini dilakukan oleh Tim pengabdi dari dosen FKep dan Mahasiswa FKep. Ketua UP2M FKep dan sekaligus sebagai Ketua Tim Pengabdi, Dr. Ns. Rika Sarfika, M.Kep mengungkapkan bahwa kegiatan PKM ini merupakan implementasi dari kesepahaman bersama antara FKep Unand dengan Kelurahan Ampang untuk melakukan kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Ampang di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan agama. 

Lebih lanjut, Rika mengatakan bahwa Indonesia diprediksi akan mengalami Bonus demografi di tahun 2045, agar bonus demografi tidak menjadi bencana demografi maka perlu dilakukan upaya untuk penyelamatan generasi bangsa secara dini. Dimana individu yang saat ini berusia remaja akan menjadi individu usia produktif 10-25 tahun lagi. Oleh karena itu, remaja adalah individu yang penting diperhatikan kesehatan nya agar terhindar dari masalah kesehatan yang dapat menghambat produktifitas mereka di periode usia selanjutnya yaitu usia dewasa sebagai usia produktif. Terang Rika.

Kesehatan mental adalah faktor yang sangat vital mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Individu yang tidak sehat mental akan sulit untuk melakukan aktifitas dan sulit menjalankan fungsinya sebagai manusia. Oleh karena itu, kesehatan mental penting diperhatikan dan dijaga. Melalui kegiatan PKM ini diharapkan remaja menjadi peduli dan mampu menjaga kesehatan mental mereka. Ia juga berharap, remaja di kelurahan Ampang ikut berkontribusi dalam program Remaja Peduli Kesehatan Jiwa (RIKA) agar dapat menjadi contoh bagi remaja di kelurahan lain dalam melawan stigma terhadap masalah kesehatan mental. Karena kesulitan terbesar dalam pemberian layanan kesehatan mental pada remaja adalah kurangnya motivasi remaja mencari bantuan kesehatan akibat tingginya stigma gangguan mental dikalangan remaja.

Sementara itu, lurah Ampang Eva Yenita, SKM, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan agar remaja dikelurahannya dapat menyerap edukasi yang disampaikan dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga mengharapkan, melalui jiwa dan fisik yang sehat remaja akan semakin memiliki ketahanan diri yang kuat dan semakin mencintai agama. Ujar Eva.

Adapun edukasi kesehatan mental yang disampaikan dalam kegiatan PKM ini adalah terkait pengetahuan tentang tumbuh kembang psikososial usia remaja yang diberikan oleh Ns. Windy Freska, M.Kep. Sementara materi terkait masalah kesehatan mental yang sering terjadi pada remaja dan cara penangananya disampaikan oleh Ns. Bunga Permata Wenny, M.Kep.

Selain pemberian edukasi terkait kesehatan mental, peserta juga diberikan edukasi terkait perawatan kesehatan diri yang diberikan oleh Ns. Mulyanti Roberto Muliantino, M.Kep. Sebelum dan sesudah pemberian materi, peserta yang terdiri dari 29 orang remaja diberikan instrumen untuk mengukur pengetahuan mereka terkait materi yang disampaikan. Evaluasi pengetahuan ini bertujuan untuk menentukan rencana tindak lanjut pada kegiatan selanjutnya. Terang Rika

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img