25 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Donatur Salurkan 470 Paket Sembako Melalui Baznas Payakumbuh
D

Payakumbuh — Bukan Wali Kota namanya kalau tidak memiliki kemampuan melobby. Ditengah wabah Virus Corona ini apalagi, dukungan untuk meringankan beban dan dampak ekonomi masyarakat akan menjadi energi tambahan bagi roda kehidupan.
Berkat Lobby Wali Kota Riza Falepi, Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kota Payakumbuh mendapatkan donasi sebesar Rp. 50 Juta dari orang yang terbilang berada (kaya-red) di Payakumbuh untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.
baca juga: Minggu Ini Baznas Kota Payakumbuh Bagikan bantuan Buat 1400 KK
Pada Rabu (6/5) bantuan sebanyak 470 Paket sembako diserahkan secara simbolis kepada perwakilan kecamatan di Aula Dinas PUPR Kota Payakumbuh. Hadir Wali Kota Riza Falepi didampingi Kadis PUPR Muslim dan Kabag Kesra Ul Fakhri, sementara Ketua BAZNAS Buya Mismardi, BA bersama Perwakilan Kemenag, dan Perwakilan Mui.
Buya Mismardi BA mengapresiasi perhatian wali kota kepada masyarakat, tak hanya mengandalkan anggaran daerah saja, Wako Riza dinilai mampu menggaet kepedulian para tokoh sehingga ada yang membantu pemerintah dengan bantuan secara swadaya atau pribadi yang disediakan bagi masyarakat terdampak Wabah Covid-19.
“Kebijaksanaan wali kota yang telah menggugah rasa empati donatur. Orang kaya yang katanya enggan disebutkan namanya kepada media tersebut menyediakan dana yang dikirim ke rekening BAZNAS sebagai zakatnya, dan kita di BAZNAS mendistribusikan kepada warga terdampak Covid-19 dalam bentuk paket sembako, ada beras 5Kg, 1 kaleng sarden, dan minyak goreng 2 liter,” terang Mismardi BA.
baca juga: Warga Sumbar Terinfeksi Covid-19 Bertambah 17 Orang
Wali Kota Riza Falepi mengatakan menjaga kepercayaan adalah hal yang paling berat, Wako berpesan kepada Kabag Kesra agar jangan terlalu lama setelah acara ini segera melaporkan kepada donatur yang memberikan bantuan, karena di BAZNAS sendiri mekanismenya sudah berjalan. Dana donatur ini disalurkan melalui BAZNAS karena memang inilah saluran yang resminya.
“Kepada yang menerima (Mustahik) kita berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, karena itu yang bisa kita bagikan saat ini. Kami juga berikan apresiasi kepada BAZNAS sebagai lembaga resmi, juga kepada donatur dan seluruh pihak kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya,” kata Riza Falepi.
Tak hanya sampai disini, Baznas Kota Payakumbuh juga telah menyediakan dana kurang lebih Rp. 500 juta yang siap dibagikan kepada 1400 KK dalam bentuk amplop berisi yang tunai Rp. 400.000.
“Saat ini kita tengah menyusun data, dalam minggu ini akan kita salurkan bantuan bukan berupa sembako, insyaallah ada bantuan uang tunai dari BAZNAS, karena ini adalah program tahunan kita yang dilaksanakan tenaga survey baznas, dan dilaporkan kepada Wali Kota. Hanya saja situasi berubah karena adanya wabah Corona, jadi penerimanya kita khususkan mereka yang terkena dampak wabah ini,” pungkas Buya Mismardi yang juga Ketua MUI Payakumbuh. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.
- Advertisement -

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Musda X DPD Golkar Kota Bukittinggi Melanggar AD dan ART

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketua Pimpinan Sidang Musda X DPD GOLKAR Kota Bukittinggi, Aguswanto mengatakan, Musyawarah Daerah ke X kota Bukittinggi pada 8 April 2021...
- Advertisement -

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.
- Advertisement -