27 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Donatur Salurkan 470 Paket Sembako Melalui Baznas Payakumbuh
D

Payakumbuh — Bukan Wali Kota namanya kalau tidak memiliki kemampuan melobby. Ditengah wabah Virus Corona ini apalagi, dukungan untuk meringankan beban dan dampak ekonomi masyarakat akan menjadi energi tambahan bagi roda kehidupan.
Berkat Lobby Wali Kota Riza Falepi, Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kota Payakumbuh mendapatkan donasi sebesar Rp. 50 Juta dari orang yang terbilang berada (kaya-red) di Payakumbuh untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.
baca juga: Minggu Ini Baznas Kota Payakumbuh Bagikan bantuan Buat 1400 KK
Pada Rabu (6/5) bantuan sebanyak 470 Paket sembako diserahkan secara simbolis kepada perwakilan kecamatan di Aula Dinas PUPR Kota Payakumbuh. Hadir Wali Kota Riza Falepi didampingi Kadis PUPR Muslim dan Kabag Kesra Ul Fakhri, sementara Ketua BAZNAS Buya Mismardi, BA bersama Perwakilan Kemenag, dan Perwakilan Mui.
Buya Mismardi BA mengapresiasi perhatian wali kota kepada masyarakat, tak hanya mengandalkan anggaran daerah saja, Wako Riza dinilai mampu menggaet kepedulian para tokoh sehingga ada yang membantu pemerintah dengan bantuan secara swadaya atau pribadi yang disediakan bagi masyarakat terdampak Wabah Covid-19.
“Kebijaksanaan wali kota yang telah menggugah rasa empati donatur. Orang kaya yang katanya enggan disebutkan namanya kepada media tersebut menyediakan dana yang dikirim ke rekening BAZNAS sebagai zakatnya, dan kita di BAZNAS mendistribusikan kepada warga terdampak Covid-19 dalam bentuk paket sembako, ada beras 5Kg, 1 kaleng sarden, dan minyak goreng 2 liter,” terang Mismardi BA.
baca juga: Warga Sumbar Terinfeksi Covid-19 Bertambah 17 Orang
Wali Kota Riza Falepi mengatakan menjaga kepercayaan adalah hal yang paling berat, Wako berpesan kepada Kabag Kesra agar jangan terlalu lama setelah acara ini segera melaporkan kepada donatur yang memberikan bantuan, karena di BAZNAS sendiri mekanismenya sudah berjalan. Dana donatur ini disalurkan melalui BAZNAS karena memang inilah saluran yang resminya.
“Kepada yang menerima (Mustahik) kita berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, karena itu yang bisa kita bagikan saat ini. Kami juga berikan apresiasi kepada BAZNAS sebagai lembaga resmi, juga kepada donatur dan seluruh pihak kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya,” kata Riza Falepi.
Tak hanya sampai disini, Baznas Kota Payakumbuh juga telah menyediakan dana kurang lebih Rp. 500 juta yang siap dibagikan kepada 1400 KK dalam bentuk amplop berisi yang tunai Rp. 400.000.
“Saat ini kita tengah menyusun data, dalam minggu ini akan kita salurkan bantuan bukan berupa sembako, insyaallah ada bantuan uang tunai dari BAZNAS, karena ini adalah program tahunan kita yang dilaksanakan tenaga survey baznas, dan dilaporkan kepada Wali Kota. Hanya saja situasi berubah karena adanya wabah Corona, jadi penerimanya kita khususkan mereka yang terkena dampak wabah ini,” pungkas Buya Mismardi yang juga Ketua MUI Payakumbuh. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Berontaknya Alam di Provinsi Kalimantan Selatan

Seminggu yang lalu kita dikejutkan denganbencana banjir yang parah yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Mengapa saya katakan parah? Karena banjir ini melanda hampir seluruh kabupaten/kota di Kalsel. Barang kali ini adalah banjir yangterparah yang pernah terjadi di wilayah provinsi ini.Sekali lagi, mengapa bisa separah ini? Sebelum tahun 1990Provinsi Kalsel terkenal dengan hutan tropikalnya,dan saat itu hasil tambang yang dikenal masyarakat umum hanyalah intan.
- Advertisement -

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,
- Advertisement -

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.

PMM Dukung DPP KNPI Laporkan Abu Janda

DPP KNPI resmi melaporkan Permadi Arya alias Abu Janda ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri terkait dugaan rasis terhadap mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Antisipas Bahaya Dimusim Hujan, DLH Pangkas Ratusan Pohon

Pemangkasan ratusan pohon di sekitar Payakumbuh Kota terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh selama Januari 2021. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai musibah yang mungkin timbul akibat terpaan angin dan hujan pada pohon-pohon yang menjadi peneduh dan paru-paru kota tersebut.

2 Ribuan Vaksin Sinovac Sampai Di Dinkes Kota Payakumbuh

Sebanyak 2.320 dosis vaksin Covid-19 tiba di kantor Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, ribuan dosis vaksin Sinovac tersebut akan digunakan saat pencanangan yang direncanakan Senin (01/02) depan untuk seluruh Forkopimda Kota Payakumbuh dan selanjutnya tenaga kesehatan (nakes) yang memenuhi syarat.

PBJ Dalbang Lakukan Gerak Cepat Dalam Proses Pengadaan Barang Dan Jasa

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pengendalian Pembangunan (PBJ Dalbang) melakukan gerak cepat untuk proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah dimulai sejak awal Januari 2021 ini.

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil

Mengawali tahun 2021 Ditengah masih berlangsungnya wabah pandemi Covid-19, Anggota KomisiA DPRD kota Payakumbuh lakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2021.

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.

Disnakerin Payakumbuh Berinfak, Bantu Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri bersama jajarannya kembali mendatangi Pesantren Cahaya Islam yang berada di Jalan Puti Elok Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (26/1).

Sempat 4 Tahun Kosong, Pengadilan Negeri Payakumbuh Sekarang Miliki Wakil Ketua

Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salahsatunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test

Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia. Selasa (26/1).

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.
- Advertisement -