27 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

DMI, MUI Dan Kakanmenag Kota Pariaman Sepakati Selama PSBB Ibadah Dilaksanakan Dirumah Dulu
D

Kategori -

Kota Pariaman— Dalam rangka percepatan penanganan wabah covid 19 di Kota Pariaman, terutama untuk penyelenggaraan pengaturan ibadah berjamaah di Masjid, Syamsuhardi.Z Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kota Pariaman mengundang Ketua MUI Kota Pariaman Syofyan Jamal, Ketua Dewan Masjid Indonesia untuk Kota Pariaman Maswar, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman Miswan, untuk menjadi Narasumber dalam Video Conference (Vidcon) yang dilaksanakan pada hari  Jumat (8/5) di Ruang Rapat Walikota Pariaman.
Dalam vidcon tersebut diikuti oleh seluruh desa yang ada di Kota Pariaman dan juga Camat yang ada di empat kecamatan yang ada di kota pariaman, serta pengurus masjid yang ada di kota pariaman.
Dalam Vidcon antara MUI, DMI, dan Kakanmenag Kota Pariaman, telah bersepakat untuk terus melanjutkan perpanjangan PSBB di tempat-tempat ibadah, dengan cara menghentikan sementara kegiatan keagamaan, seperti shalat jumat, shalat tarawih, dan ceramah, kecuali untuk mengumandangkan adzan di masjid atau mushalla pertanda masuknya waktu sholat.
Syofyan Jamal Ketua MUI Kota Pariaman menyatakan bahwa, untuk sementara semua kegiatan ibadah yang biasanya di lakukan di masjid dialihkan kerumah, itulah sebabnya Ketua Dewan Masjid Indonesia untuk Kota Pariaman bertanggung jawab menegaskan hal ini pada masyarakat melalui vidcon yang dilakukan hari ini, untuk disampaikan lagi oleh desa dan kelurahan masing-masing di wilayahnya.
“Didalam keadaan wabah berlaku hukum darurat di dalam islam yaitu, kalau biasanya kita meramaikan dan memakmurkan masjid dalam beribadah, maka dalam keadaan sekarang dialihkan sementara ibadah kita dirumah masing-masing tanpa mengurangi nilai-nilai manfaat, nilai pahala yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita”, ujar Syofyan Jamal.
Hal ini sudah kita lakukan selama PSBB tahap pertama, dan sekarang sudah masuk ke PSBB tahap kedua, kita jangan terpengaruh dengan anggapan bahwa nol pasien covid 19 di kota pariaman ini dijadikan alasan untuk kembali ke masjid secara bersama-sama, akan tetapi kita harus mengingat bahwa posisi daerah kita ada ditengah-tengah daerah yang sedang ditimpa wabah ini, maka untuk ke hati-hatian pemerintah kita dan ulama kita dan telah bersepakat bersama DMI, Kakanmenag, untuk mengantisipasi wabah itu agar tidak terjadi di daerah kita, salah satu caranya adalah dengan mempertahankan sementara ibadah di rumah untuk sementara waktu agar wabah ini ccepat berakhir, jelas Ketua MUI Kota Pariaman ini.
Jadi ini bukanlah masalah yang main-main, dalam kondisi darurat ini lebih baik ibadah kita lakukan dirumah masing-masing , sekaligus kita bisa lebih mendekatkan hubungan kita dengan keluarga kita masing-masing dan melaksanakan ibadah bersama mereka, karena selama ini mungkin hal tersebut jarang kita lakukan atau bahkan tidak pernah kita lakukan.
Syofyan Jamal selaku Ketua MUI Kota Pariaman, mewakili DMI, Kakanmenag Kota Pariaman, meminta kepada masyarakat Kota Pariaman, untuk mau mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dengan tujuan untuk menjaga keselamatan masyarakatnya.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.
- Advertisement -

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.

Tidak mau tinggal diam, JPP Covid -19 ikut bagikan Masker da Hand sainitizer

Jurnalis Pesisir Selatan Peduli Covid -19 ( JPP - Covid -19) di Kabupaten Pesisir Selatan menggelar aksi solidaritas, dengan turun kejalan membagikan masker dan hand sanitizer pada warga, pedagang, tukang ojek dan pengendara. Didepan pasar Inpres Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (28/1)
- Advertisement -

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...
- Advertisement -