24 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Disaksikan KPK, Pemkab Pasbar Tekan MoU dengan BPN dan DJP
D

Pasaman Barat,BeritaSumbar.com,-Dalam hal untuk optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) dan Akuntabilitas Aset Daerah, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Sumatera Barat (Sumbar) yang diwakili Sekretaris Daerah, Yudesri, SIP. M.Si hadiri kegiatan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU)/Nota kesepahaman antara Pemerintah Daerah se Sumatera Barat Dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan (BPN) Sumbar dan Kanwil Direktorat jenderal Pajak (DJP) Sumbar yang bertempat di Aula Gubernur Sumbar, Kamis (18/07/19).

Kegiatan tersebut di fasilitasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI), Pada kesempatan tersebut Terlihat hadir Komisioner KPK RI Saut Situmorang.

Optimalisasi pendapatan daerah Diharapkan dapat dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh stake holder terkait termasuk dengan Dirjen Pajak.

Lingkup kerjasama ini meliputi pemberian data dan informasi potensi Pajak daerah serta retribusi daerah dan piutang daerah lainnya.

KPK-RI mendorong Pemda untuk meningkatkan optimalisasi dalam pengelolaan pendapatan asli daerah sehingga dana pembangunan bisa lebih leluasa digunakan di setiap daerah.

Terkait dengan aset daerah, Pimpinan KPK-RI yang diwakili oleh Saut Situmorang menyampaikan dorongan agar setiap daerah dapat memprioritaskan penyelesaian permasalahan terutama masalah tanah yang cukup menjamur di Sumbar. Untuk itu dibutuhkan bantuan dan kerjasama BPN dalam percepatan penyelesaian sertifikat tanah Pemda, sehingga setiap tanah milik Pemda dapat memiliki landasan hukum yang kuat.

Kedepannya, MoU ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama antara OPD pengelola aset dan pendapatan daerah dengan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota dan Kantor Pelayanan Pajak yang ada di daerah masing-masing.

Usai melakukan penandatangan MoU, Sekretaris Daerah Pasaman Barat Yudesri menyampaikan kepada seluruh OPD Pasbar yang terkait, agar segera menindaklanjuti dan melaksanakan pembenahan aset sesuai dengan petunjuk serta arahan pimpinan KPK-RI sehingga diharapkan segala permasalahan aset yang terdapat di Pasbar dapat cepat diselesaikan.

“Kepada OPD terkait mari kita segerakan tindaklanjut dari MoU ini di Pasbar, undang seluruh stake holder terkait. Semoga dengan adanya bimbingan dan arahan KPK-RI ini dapat mempercepat proses penyelesaian aset daerah di Kabupaten Pasaman Barat,” Ujar

Dalam penanda tanganan MoU tersebut, Turut hadir Inspektur Harisman, Plt. Kepala BAPD Afri Hendra, Kadis Perkim Adhiarsyah dan Kabag Humas Yosmar Difia. (Joni harahap)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.
- Advertisement -

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
- Advertisement -

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...
- Advertisement -