30.5 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

Diresmikan Sekdako, Kelurahan Koto Tuo Punya Bank Sampah

Kelurahan Koto Tuo, Kecamatan Payakumbuh Selatan, punya bank sampah. Diberi nama Bank Sampah Sejahtera (BSS), peresmiannya dilakukan Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Ir. H. Benni Warlis, MM. bertempat di depan outlet pengolahan sampah BSS Koto Tuo, Selasa (17/9).

Dalam upaya menunjang keberadaan bank sampah tersebut, sebanyak 125 KK yang menempati 125 rumah, telah dilengkapi dengan komposer sebagai sarana penyimpanan sampah organik. Komposer adalah alat pengolahan sampah organik rumah tangga melalui pengomposan atau pupuk cair, dengan memanfaatkan tong sebagai sarana penyimpanan sampah organik.

Dalam sambutannya Sekdako Benni Warlis, berharap agar seluruh KK di Koto Tuo punya tambahan penghasilan keluarga dari mengolah sampah. Keberadaan Bank sampah di kelurahan berpenduduk 493 jiwa ini, harus menjadi solusi dalam penguatan pendapatan masyarakat.

Dikatakan, keberadaan bank sampah selain upaya menciptakan kebersihan dan kesehatan lingkungan, pelaksanaan bank sampah sesungguhnya mengandung potensi ekonomi kerakyatan yang cukup tinggi. “Sampah yang disimpan dalam media komposer tadi dapat dimanfaatkan warga sebagai pupuk organik bagi tanaman keluarga. Jika kuantitasnya meningkat, juga dapat dijual sebagai upaya menambah pendapatan keluarga.

Sementara itu, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Prima Yanuarita, SH, M.Si, menjelaskan penganggaran bank sampah ini berasal dari DAK Lingkungan Hidup Tahun 2013 serta dari APBD Kota Payakumbuh. Dijelaskan oleh Prima Yanuarita, sudah saatnya kita memandang sampah sebagai sesuatu yang punya nilai guna dan manfaat sehingga sudah tidak layak lagi jika sampah terbuang dengan percuma.

Warga Koto Tuo selain memiliki bank sampah, juga telah punya usaha daur ulang limbah plastik, anorganik menjadi barang jadi. Usaha daur ulang sampah plastik ini telah berlangsung semenjak tahun lalu, bahkan untuk menggiatkan usaha ini, tahun lalu juga telah dilaksanakan pelatihan dengan narasumbernya berasal dari salah satu pengusaha daur ulang limbah plastik ternama di Kota Pekanbaru.

Disela-sela peresmian bank sampah tersebut juga diserahkan bantuan mesin jahit dan timbangan sampah kepada Direktur Bank Sampah Sejahtera dan juga kepada Direktur Bank Sampah Peduli Kota Payakumbuh. Kegiatan peresmian bank sampah sejahtera ini diikuti dihadiri Kabid Kebersihan Agusrubino dan Camat Payakumbuh Selatan Dra. Elfriza Zaharman, Lurah dan LPM se Kecamatan Payakumbuh Selatan serta sejumlah undangan lainnya.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pesanan Randang Dijemput PT Muhibbah Mulia Wisata Ke Payakumbuh, Dipasarkan Online

Payakumbuh --- PT Muhibbah Mulia Wisata datang untuk menjemput pesanan tahap pertama dari sebanyak 5000 sachet Randang mereka ke Koperasi Sentra Randang...

Rival Pribadi Yakin, Darma Tani Kandidat Terkuat

Tanah Datar,- Rival Pribadi yang didapuk menjadi ketua tim pemenagan darma tani meyakini jika pertahana saat ini masih terkuat dari paslon lain...

Penderita Kanker Darah Ini Terima Bantuan Dari Pimpinan Klinik Puti

Padang Pariaman,- dr.Zunirman kembali mengunjungi penderita Penyakit Kanker Darah (Leukemia) Sri Handayani warga Korong Pasa Kandang,Nagari Balah Hilie,Kecamatan Lubuk Alung,Kabupaten Padang Pariaman,...

30 Orang Terjaring Razia Prokes Di Kawasan Batang Agam

Payakumbuh --- 30 orang harus memilih diberikan sanksi kerja sosial di Kawasan batang Agam. Warga yang terkejut kedatangan Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -