27 C
Padang
Sabtu, Agustus 13, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Diresmikan Sekdako, Kelurahan Koto Tuo Punya Bank Sampah
D

Kategori -
- Advertisement -

Kelurahan Koto Tuo, Kecamatan Payakumbuh Selatan, punya bank sampah. Diberi nama Bank Sampah Sejahtera (BSS), peresmiannya dilakukan Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Ir. H. Benni Warlis, MM. bertempat di depan outlet pengolahan sampah BSS Koto Tuo, Selasa (17/9).

Dalam upaya menunjang keberadaan bank sampah tersebut, sebanyak 125 KK yang menempati 125 rumah, telah dilengkapi dengan komposer sebagai sarana penyimpanan sampah organik. Komposer adalah alat pengolahan sampah organik rumah tangga melalui pengomposan atau pupuk cair, dengan memanfaatkan tong sebagai sarana penyimpanan sampah organik.

Dalam sambutannya Sekdako Benni Warlis, berharap agar seluruh KK di Koto Tuo punya tambahan penghasilan keluarga dari mengolah sampah. Keberadaan Bank sampah di kelurahan berpenduduk 493 jiwa ini, harus menjadi solusi dalam penguatan pendapatan masyarakat.

Dikatakan, keberadaan bank sampah selain upaya menciptakan kebersihan dan kesehatan lingkungan, pelaksanaan bank sampah sesungguhnya mengandung potensi ekonomi kerakyatan yang cukup tinggi. “Sampah yang disimpan dalam media komposer tadi dapat dimanfaatkan warga sebagai pupuk organik bagi tanaman keluarga. Jika kuantitasnya meningkat, juga dapat dijual sebagai upaya menambah pendapatan keluarga.

Sementara itu, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Prima Yanuarita, SH, M.Si, menjelaskan penganggaran bank sampah ini berasal dari DAK Lingkungan Hidup Tahun 2013 serta dari APBD Kota Payakumbuh. Dijelaskan oleh Prima Yanuarita, sudah saatnya kita memandang sampah sebagai sesuatu yang punya nilai guna dan manfaat sehingga sudah tidak layak lagi jika sampah terbuang dengan percuma.

Warga Koto Tuo selain memiliki bank sampah, juga telah punya usaha daur ulang limbah plastik, anorganik menjadi barang jadi. Usaha daur ulang sampah plastik ini telah berlangsung semenjak tahun lalu, bahkan untuk menggiatkan usaha ini, tahun lalu juga telah dilaksanakan pelatihan dengan narasumbernya berasal dari salah satu pengusaha daur ulang limbah plastik ternama di Kota Pekanbaru.

Disela-sela peresmian bank sampah tersebut juga diserahkan bantuan mesin jahit dan timbangan sampah kepada Direktur Bank Sampah Sejahtera dan juga kepada Direktur Bank Sampah Peduli Kota Payakumbuh. Kegiatan peresmian bank sampah sejahtera ini diikuti dihadiri Kabid Kebersihan Agusrubino dan Camat Payakumbuh Selatan Dra. Elfriza Zaharman, Lurah dan LPM se Kecamatan Payakumbuh Selatan serta sejumlah undangan lainnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img