26 C
Padang
Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dipandang Sebelah Mata Namun Menyimpan Segudang Manfaat
D

Kategori -
- Advertisement -

BeritaSumbar.com,- Rumput teki atau rerumputan kacang yang bernama latin Cyperus Rotundus pada umumnya dikenal sebagai Rumput coco, Rerumputan Jawa, Rerumputan kacang merah, dan Alang kacang ungu. Rumput Ini merupakan tumbuhan tahunan yang berasal dari Afrika, Eropa Selatan dan Tengah, serta Asia Selatan.

Rumput teki disebut sebagai salah satu gulma di bidang pertanian yang tersebar luas di daerah tropis dan subtropis, tumbuh hampir di semua jenis tanah, ketinggian, kelembaban, kelembaban tanah dan pH, namun tidak di tanah dengan kadar garam tinggi. Tanaman ini diketahui bisa bertahan pada suhu tertinggi dalam bidang pertanian. Di Amerika Serikat, rumput teki ini biasanya tumbuh pada ladang, area limbah, pinggir jalan, padang rumput, dan daerah yang merupakan ekosistem alami. Tanaman ini termasuk kedalam tanaman liar yang sulit dibasmi karena menghasilkan umbi yang membuat tanaman ini sangat cepat beregenerasi. Produksi umbi dan rimpang merupakan faktor penting pada spesies ini sebagai gulma. Umbi menawarkan mekanisme reproduksi aseksual dan merupakan unit penyebaran utama yang bisa bertahan dalam kondisi ekstrim. Umbi membuat tanaman sulit dikendalikan, karena hanya herbisida translokasi yang berpotensi efektif dalam membasmi tanaman spesies ini.

Rimpang dari rumput teki awalnya berwarna putih dan berdaging kemudian menjadi berserat, dan berubah menjadi warna coklat tua seiring bertambahnya usia tanaman. Rimpang berkembang ke atas dan mencapai permukaan tanah membentuk struktur berdiameter 2-25 mm yang menghasilkan tunas. Umbi tanaman ini berwarna coklat gelap saat matang, memiliki ketebalan sekitar 12 mm, dan panjang bervariasi dari 10- 35 mm.

Ternyata, bagian umbi pada jenis rumput ini merupakan salah satu bagian yang kaya manfaat. Sebab dalam umbi rumput ini terkandung zat yang baik yang dapat digunakan sebagai obat herbal. Walaupun merupakan tanaman liar, siapa sangka ternyata rumput ini memiliki banyak sekali manfaat, khususnya bagi kesehatan. Beberapa negara di Asia sudah banyak yang menggunakan rumput ini untuk mengobati berbagai penyakit. Pada rumput teki terdapat kandungan senyawa flavonoid, alkaloid, seskuiterpenoid, tanin, saponin pada bagian umbi dan daun. Bahan nabati pada rumput teki dapat digunakan sebagai senyawa penolak serangga, antifungus, anti mikroba, toksin dan menjadi pertahanan bagi tumbuhan terhadap hewan pemangsa.

Sebelum dilakukan berbagai penelitian tentang kandungan pada rumput teki, ternyata masyarakat telah sering menggunakan rumput teki untuk pengobatan penyakit, Beberapa penggunaan rumput teki sebagai obat antara lain adalah :

a. Dapat mengobati kencing batu

Umbi dari rumput teki ini apabila direbus dan diolah dengan tepat dapat membantu menyembuhkan kencing batu.

b. Dapat memperbaiki siklus menstruasi

Daun dari rumput teki ternyata juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki siklus menstruasi atau haid pada wanita.

c. Memperlancar buang air besar

Manfaat penting lainnya dari umbi rumput teki adalah untuk masalah pencernaan. Salah satu masalah pencernaan yang paling sering dialami adalah kesulitan buang air besar, dan buang air besar terasa keras dan tidak lancar, serta sering mengalami sakit perut. Umbi rumput teki dapat menjadi salah satu obat herbal untuk mengatasi kondisi tersebut.

d. Mempercepat proses pembekuan darah

Manfaat penting lainnya dari rumput teki dan juga umbi rumput teki adalah dapat mempercepat proses pembekuan darah dan juga dapat membantu menyembuhkan luka yang baru.

e. Merangsang produksi ASI

Bagi seorang ibu yang sedang menyusui, rumput teki dan juga umbi rumput teki memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu merangsang produksi ASI.

f. Menyembuhkan berbagai penyakit kulit

Manfaat lainnya yang sangat penting dari daun rumput teki ini adalah mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Penyakit kulit seperti eksim, panu, kutu air, ruam dan berbagai macam penyakit kulit lainnya

g. Mengobati keputihan

Manfaat rumput teki untuk kesuburan juga sangat penting bagi para wanita, karena rumput teki mampu untuk mencegah terjadinya keputihan. Adanya rumput teki, maka kondisi keputihan ini dapat teratasi dan dapat terhindar dari keputihan.

Penulis: Obel SP.MP
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img